Pengaruh media pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang tahun ajaran 2018/2019 / Mutimmatus Sa'adah

Main Author: Sa'adah, Mutimmatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55025/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANSaadahMutimmatus.2019.PengaruhMediaPictorialRiddleTerhadapHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranSejarahKelasXIIPS1SMAN10MalangTahunAjaran2018/2019.Skripsi.JurusanSejarahProgramStudiPendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.JokoSayonoM.PdM.Hum.(2)Dr.R.RezaHudiyantoM.Hum.KataKuncimediapembelajaranPictorialRiddlehasilbelajarpembelajaransejarahPenelitianinidilatarbelakangiolehhasilbelajarsiswayangberadadibawahrata-rataKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yaitu75dansiswakurangaktifdalampelajaransejarah.Siswacenderunglebihcepatbosandankurangaktifdisebabkankarenakurangnyamediasehinggahasilbelajarsiswatidaksesuaidenganstandarkriteriaminimalnilai.MakapenelitibermaksudmenggunakanmediaPictorialRiddlesebagaiupayauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.TerdapatsaturumusanmasalahyangdiajukandalampenelitianiniyaitubagaimanapengaruhhasilbelajarsiswapadamatapelajaransejarahkelasXIIPS1SMAN10MalangyangsebelumdansesudahdiajarmenggunakanmediaPictorialRiddle.Modelpenelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganjenispenelitianone-groupexperimentdenganrancanganmodelone-grouppre-testandpost-testdesignmodelinihanyamenggunakansatukelompokkelassajatanpaadanyakelompokkontrol.PopulasidaripenelitianiniyaituseluruhkelasXIIPSSMAN10MalanguntuksampelyaitukelasXIIPS1SMAN10Malang.PemilihansampelberdasarkandenganteknikpursposivesamplingyaitudenganpertimbanganyangahlidibidangnyadimanaadalahgurusejarahSMAN10Malang.Datadaripenelitianiniyaituhasilbelajaryangdiperolehdarinilaipre-testdanpost-test.teknikanalisismenggunakanujit(pairedsamplet-test)denganbantuansoftwareSPSSforWindows16.0.BerdasarkananalisishasilbelajarsiswasebelumdansesudahmenggunakanmediaPictorialRiddleberpengaruhpositifyaitukarenamediainidapatmemvisualisasipembelajaransejarahdenganmenghadirkanfaktakonsepdannarasisejarahsehinggasiswalebihmemahamipembelajaransejarahyangberdampakjugadenganmeningkatnyahasilbelajarsiswa.Rata-ratapre-test5911meningkat2789padanilaipost-testyaitumenjadi8900.Thisisprovenbyhypothesistestingvaluetcountis21750whilettable1690withteresultthat21750(thitung)88051690(ttabel)dengannialisignifikasi0005.OlehkarenaitumakaH1diterimadanH0ditolak.Saranuntukpenelitianiniadalah(1)MediaPictorialRiddledapatdigunakanpadamaterisejarahlainnya.Selainitugurujugadapatmenggunakanmediatersebutsebagaiinovasiuntukmengajarkanmaterisejarahyanglainnyaagarviisiswalebihaktifdanmengembangkanpengetahuanbarunyasehinggasiswamenjadilebihbanyakmenggalimateriyangdipelajarinya(2)MediaPictorialRiddledapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranSejarahIndonesiakelasXIIPS1SMAN10Malang.OlehsebabitumediapembelajaraninibaikdanlayakuntukditerapkanpadapembelajaransejarahdiSMA/SMK/MA.