Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 2 Sumberpucung Kabupaten Malang / Reddy Poerbowo
Main Author: | Poerbowo, Reddy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55018/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANPoerbowoReddy.2018.PenerapanModelPembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)untukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranSejarahKelasXIIPSSMAMuhammadiyah2SumberpucungKabupatenMalang.SkripsiJurusanPendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MashuriM.Hum(II)NajibJauhariS.Pd.M.HumKataKuncimodelpembelajarantwostaytwostrayhasilbelajarsiswa.Hasilbelajarmerupakansalahsatutolakukurkeberhasilansebuahpembelajaran.PembelajaranSejarahdikelasXIIPSSMAMuhammadiyah2Sumberpucungmemilikitingkatkeberhasilanyangrendahhaltersebutdapatdilihatpadaobservasiawalyangmenujukanbahwanilaihasilbelajarsiswarendah.Daridataobservasiawaldiketahuibahwapadapratindakanada12siswayangtidaktuntasdalamevaluasipembelajaranSejarah.Nilairata-ratasiswahanya73sedangkanKKMyangditetapkansekolahadalah75.Setelahdisebarkanangketdiketahuipenyebabnyaadalahmodelpembelajaranyangdigunakanolehgurutidakmenarikbagisiswa.Tujuandaripenelitianiniadalahmenyelesaikanmasalah-masalahyangadadikelasXIIPSSMAMuhammadiyah2SumberpucungyaituhasilbelajarSejarahsiswarendah.Upayapenyelesaianmasalahmenggunakanpenelitiantindakankelasdenganmenerapkanmodelpembelajarantwostaytwostray.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmerupakanjenispenelitiantindakankelas(PTK).SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIPSSMAMuhammadiyah2Sumberpucung.PenelitianinidilaksanakandalamIIsiklus.PadapenelitianiniditerapkanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray.ProsedurpengumpulandatayangdilakukanantaralainobeservasilapanganwawancaraangketsertaTes.Penelitiandilakukandidalamkelasdengansiswadangurusebagaiobjekpenelitian.Penelitiandilakukanselamaduasiklus.BerdasarkananalisisdatahasilbelajarsiswakelasXI-IPS1padasiklusIIterdapatpeningkatanhasilbelajardibandingkandengansiklusIpadasiklusInilairata-rataadalah7595.Siswayangmencapaikriteriatuntassejumlah15siswaatau7143%sedangkanyangbelumtuntasyaitu12siswaatau2857%.SedangkanpadasiklusIInilairata-ratasiswaadalah8119%.SiswayangmencapaiKKM21siswaatau100%.Sedangkanyangbelumtuntasyaitu0siswaatau000%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanduahalyaitupenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStraydikelasXIIPSterbuktidapatmenyelesaikanmasalah-masalahyangadadikelas.Modelpembelajarandapatditerapkandenganmudahtanpaadakendalayangberarti.Halinisesuaidenganhasilpenelitianyaituhasilbelajarsiswa.Sebelumdilakukantindakanketuntasanbelajarsiswahanyamencapai42%.SetelahsiklusIselesaipersentaseketuntasanmeningkatmenjadi7143%dansetelahsiklusIIselesaipersentaseketuntasanhasilbelajarmeningkatmenjadi100%.HasilbelajarsiswakelasXIIPSSMAMuhammadiyah2SumberpucungsetelahditerapkanmodelpembelajaranTwoiStayTwoStrayterbuktimeningkat.Halinidapatdibuktikandenganmeningkatnyanilairata-ratasiswadarisebelumtindakanyaitu7395padaakhirsiklusInaikmenjadi7595.SedangkanpadaakhirsiklusIInaikmenjadi8142.SaranyangdianjurkanuntukguruadalahpenelitianinidapatdijadikanacuanataureferensiuntukpembelajaranyanglebihbaikdenganmenggunakanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray.Saranuntuksiswaagarselalumemperhatikandanbelajardengansungguh-sungguh.Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmenjadireferensidanmemperbaikikekuranganyangadapadapenelitianini.ii