Penggunaan Media WhatsApp untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI RPL SMKN 11 Malang Semester Genap Tahun 2017/2018 / Taufiqurrohman
Main Author: | Taufiqurrohman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54998/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTaufiqurrohman.2017.PenggunaanMediaWhatsAppuntukMeningkatkanMotivasiBelajarSejarahPesertaDidikKelasXIRPLSMKN11MalangSemesterGenapTahun2017/2018ProgramstudiPendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.IsmailLutfiM.A.(II)AdityaNugrohoWidiadiS.Pd.M.PdKataKunciMediaWhatsAppPembelajaranSejarahMotivasiBelajarPadaprosespembelajaransejarahseringditemukanpermasalahanterkaitrendahnyamotivasibelajarpesertadidik.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasXIRPLSMKN11Malangditemukanpermasalahanterkaitrendahnyamotivasibelajarpesertadidik.pesertadidikkelasXIRPLmemilikimotivasibelajarsejarahyangrendahdanadabeberapapesertadidikyangseringbermainponselketikapembelajaranberlangsung.penelitimenyimpulkanbahwarendahnyamotivasibelajarsejarahdikelasXIRPLdikarenakangurujarangmenggunakanmediainteraktifhalinidikarenakantidaktersedianyafasilitaspenunjanguntukpembelajaranseperticolokanlistrikdanLCDProyektoruntukmenampilkanmateri.MediaWhatsAppdipilihuntukmeningkatkanmotivasibelajarpesertadidikdanmenjadialternatifpenggantidaritidaktersedianyafasilitaspenunjangpembelajarandikelas.MediaWhatsAppmerupakanmediasosialyangmempunyaibanyakmanfaatbaiksebagaimediaberkomunikasiantarindividudankelompokmaupunsebagaimediadalampembelajaran.MediaWhatsAppdipilihsebagaimediapembelajaankarenabanyakfituryangtersediayangdapatdimanfaatkansebagaimediauntukmenyampaikanmaterisepertimengirimpesangambarvideofileMS.Officedanpesandalambentuksuara.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanmotivasibelajarsejarahpesertadidikdenganpenggunaanmediaWhatsAppdikelasXIRPLSMKN11MalangsemesterGenaptahun2017/2018.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).ModelpenelitianyangdigunakanadalahmodelpenelitianyangdikembangkanolehKemmisdanTaggartmeliputiempattahapanyaiturencanatindakanobservasidanrefleksi.Penelitiantindakankelasinidilaksanakandalamduasiklus.Masing-masingsiklusdilakukanduakalipertemuan.Teknikpengumpulandatadilakukandengancaraobservasiwawancarapemberianangketmotivasibelajarpra-tindakansiklusIdansiklusIIcatatanlapangansertadokumentasi.MateriyangdigunakanadalahSejarahIndonesiaMerdeka.Hasilpresentaseindikatormotivasibelajarmengalamipeningkatanmelaluipenyebaranangketyangdiberikanpesertadidikyaituperhatianwaktubelajarusahairamaperasaandanpenampilan.Peningkatanmasing-masingindikatorantaralainpresentaseperhatiandari4767%7089%menjadi8214%.Presentasewaktubelajardari4976%65%menjadi78%.Presentaseusahadari5125%6714%menjadi7214%.Presentaseiramaperasaandari5375%6971%menjadi9107%sedangkanpresentasepenampilandari5425%6964%menjadi8678%.BerdasarkanhasilpresentasedariindikatormotivasimakadapatdiperolehhasilkeseluruhanpresentasemotivasibelajarpesertadidikkelasXIRPLyaitupresentasepra-tindakanmencapai5091%kemudianmengalamiiipeningkatanmencapai6702%padasiklusIsementarapadasiklusIImencapai775%.BerdasarkanhasilpenelitiantindakandapatdisimpulkanbahwapenggunaanmediaWhatsAppdapatmeningkatkanmotivasibelajarsejarahpesertadidikkelasXIRPLSMKN11Malang.DiharapkandenganadanyapenelitiantindakaninigurudapatmenggunakanmediaWhatsAppsebagaisalahsatualternatifmediapembelajaranyanginteraktifpadamatapelajaransejarahmaupunpembelajaranlainnya.Pesertadidikjugadiharapkanuntuklebihtermotivasidanmemilikikeberanianmengemukakanpendapatatauidedalamprosespembelajaran.