Pengembangan media pembelajaran sejarah menggunakan aplikasi powtoon berbasis video kelas X TGB di SMKN 1 Singosari / Conita Zuraida

Main Author: Zuraida, Conita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54965/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKZuraidaConita.2017.PengembanganMediaPembelajaranSejarahMenggunakanAplikasiPowtoonBerbasisVideountukKelasXTGB2diSMKN1Singosari.Skripsi.ProgramStudiPendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IsmailLutfiM.A(II)Drs.MarsudiM.Hum.KataKunciRDMediaPembelajaranAplikasiPowtoonMotivasiBelajarPelajaransejarahdianggapsebagaipelajaranyangmembosankanmenghafaldanmembuatmengantuk.SepertihalnyapembelajaransejarahyangadadiSMKN1SingosarikelasXTGB2yangmempunyaijampelajaransejarahterakhiryaknijamke9-10(13.45-15.15WIB).SebagianbesarpesertadidikdikelasXTGB2merasabosandanmengantukkarenagurucenderungberceritaselamajampelajaransejarah.Halyangdiceritakanpuntidakterfokuskemateritapimenyangkutkehallainnyayanglebihkompleks.GurujugapernahmenggunakanmediapembelajaransepertipowerpointvideodanfilmnamunhaltersebutbelummampumembuatsebagianbesarpesertadidikXTGB2menjadifokusdantetapdirasamembosankanolehpesertadidikXTGB2.Mediapembelajaranyangdigunakanguruterkesanmonotondangurutetapsebagianbesarmenggunakanmetodeceramahmeskipuntelahmenggunakanmediapembelajaran.Tujuanpenelitiandanpengembanganadalahmenghasilkansebuahprodukberupamediapembelajarnkarenaprosesbelajarmengajardapatdicapaidenganbaikbiladitunjangolehbeberapafaktorantaralainmediapembelajaranyangmampumembuatpesertadidikmemahamimateripelajaran.MakadariitupenelitimembuatmediapembelajaranyanginovatifdenganmenggunakanaplikasiPowtoonyangmemilikikeunggulandibidanganimasinya.TampilanslidedanberbagaifituryangdisediakanmembuatPowtoonpantasdijadikansebagaisalahsatumediapembelajarandisekolah.PengembanganmediapembelajaranberbasisvideodenganAplikasiPowtooniniuntukmeningkatkanminatbelajarpesertadidikkelasXTGB2terhadappelajaransejarahkarenapelajaransejarahdilaksanakandijamterkahirdanmelengkapimediapembelajaransejarahyangpernahdigunakanolehguru.MetodeyangdigunakanpenelitiadalahmengutipdariRDSugiyononamunhanyasampailangkahke-9sajayaitu(1)potensidanmasalah(2)mengumpulkaninformasi(3)desainproduk(4)validasidesain(5)perbaikandesain(6)ujicobaproduk(7)revisiproduk(8)ujicobapemakaian(9)revisiproduk.HasilpenelitianberupamediapembelajaransejarahmenggunakanaplikasiPowtooniniterbuktimampumemotivasibelajarpesertadidikkelasXTGB2mengalamipeningkatan33%.Penilaianhasilmotivasiterdiridaribeberapaindikatormotivasiyangmeliputikeaktifansemangatdanminat.Hasilvalidasimediadanvalidasimaterimemperolehpresentasesebanyak100%dan90%.HalinidapatdisimpulkanbahwamediapembelajaranmenggunakanaplikasiPowtoonsangatefektifdanvalid.DiharapkandengandibuatdandikembangkannyamediapembelajaranmenggunakanAplikasiPowtooninidapatmemberikaninspirasipadaparapenelitilainuntukmengembangkanmediapembelajaraniniagarlebihinovatifdanvariatif.