Pengembangan media pembelajaran sejarah menggunakan aplikasi powtoon berbasis video kelas X TGB di SMKN 1 Singosari / Conita Zuraida
Main Author: | Zuraida, Conita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54965/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKZuraidaConita.2017.PengembanganMediaPembelajaranSejarahMenggunakanAplikasiPowtoonBerbasisVideountukKelasXTGB2diSMKN1Singosari.Skripsi.ProgramStudiPendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IsmailLutfiM.A(II)Drs.MarsudiM.Hum.KataKunciRDMediaPembelajaranAplikasiPowtoonMotivasiBelajarPelajaransejarahdianggapsebagaipelajaranyangmembosankanmenghafaldanmembuatmengantuk.SepertihalnyapembelajaransejarahyangadadiSMKN1SingosarikelasXTGB2yangmempunyaijampelajaransejarahterakhiryaknijamke9-10(13.45-15.15WIB).SebagianbesarpesertadidikdikelasXTGB2merasabosandanmengantukkarenagurucenderungberceritaselamajampelajaransejarah.Halyangdiceritakanpuntidakterfokuskemateritapimenyangkutkehallainnyayanglebihkompleks.GurujugapernahmenggunakanmediapembelajaransepertipowerpointvideodanfilmnamunhaltersebutbelummampumembuatsebagianbesarpesertadidikXTGB2menjadifokusdantetapdirasamembosankanolehpesertadidikXTGB2.Mediapembelajaranyangdigunakanguruterkesanmonotondangurutetapsebagianbesarmenggunakanmetodeceramahmeskipuntelahmenggunakanmediapembelajaran.Tujuanpenelitiandanpengembanganadalahmenghasilkansebuahprodukberupamediapembelajarnkarenaprosesbelajarmengajardapatdicapaidenganbaikbiladitunjangolehbeberapafaktorantaralainmediapembelajaranyangmampumembuatpesertadidikmemahamimateripelajaran.MakadariitupenelitimembuatmediapembelajaranyanginovatifdenganmenggunakanaplikasiPowtoonyangmemilikikeunggulandibidanganimasinya.TampilanslidedanberbagaifituryangdisediakanmembuatPowtoonpantasdijadikansebagaisalahsatumediapembelajarandisekolah.PengembanganmediapembelajaranberbasisvideodenganAplikasiPowtooniniuntukmeningkatkanminatbelajarpesertadidikkelasXTGB2terhadappelajaransejarahkarenapelajaransejarahdilaksanakandijamterkahirdanmelengkapimediapembelajaransejarahyangpernahdigunakanolehguru.MetodeyangdigunakanpenelitiadalahmengutipdariRDSugiyononamunhanyasampailangkahke-9sajayaitu(1)potensidanmasalah(2)mengumpulkaninformasi(3)desainproduk(4)validasidesain(5)perbaikandesain(6)ujicobaproduk(7)revisiproduk(8)ujicobapemakaian(9)revisiproduk.HasilpenelitianberupamediapembelajaransejarahmenggunakanaplikasiPowtooniniterbuktimampumemotivasibelajarpesertadidikkelasXTGB2mengalamipeningkatan33%.Penilaianhasilmotivasiterdiridaribeberapaindikatormotivasiyangmeliputikeaktifansemangatdanminat.Hasilvalidasimediadanvalidasimaterimemperolehpresentasesebanyak100%dan90%.HalinidapatdisimpulkanbahwamediapembelajaranmenggunakanaplikasiPowtoonsangatefektifdanvalid.DiharapkandengandibuatdandikembangkannyamediapembelajaranmenggunakanAplikasiPowtooninidapatmemberikaninspirasipadaparapenelitilainuntukmengembangkanmediapembelajaraniniagarlebihinovatifdanvariatif.