Penerapan model pembelajaran course review horay pada mata pelajaran sejarah Indonesia untuk meningkatkan pemahaman materi kerajaan Islam di kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kepanjen / Inestia Margareta

Main Author: Margareta, Inestia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54947/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMargaretaInestia.2017.PenerapanModelPembelajaranCourseReviewHorayPadaMataPelajaranSejarahIndonesiaUntukMeningkatkanPemahamanMateriKerajaanIslamDiKelasXIIS2SMANegeri1Kepanjen.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.JokoSayonoM.PdM.Hum(2)Drs.KasimanuddinIsmainM.Pd.KataKunciPembelajaranSejarahModelPembelajaranCourseReviewHorayPemahamanMateriKerajaanIslamPengajaransejarahselamainiseringdilakukankurangoptimal.Pelajaransejarahdianggapsangatmudahdandigampangkan.BerdasarkanobservasiyangdilakukandikelasXIIS2SMANegeri1Kepanjenpadasaatpembelajarancenderungmonotondanhanyaterpusatpadagurukarenamasihmenggunakanmodelpembelajaranyangtradisional.HalinidibuktikandenganhasilulanganmengenaipemehamanmaterikerajaanIslamdikelasXIIS2SMANegeri1Kepanjenmasihbanyaksiswayangbelumtuntas.PenelitimenyimpulkanbahwapemahamanmaterikerajaanIslamdikelasinimasihrendah.PenelitimemberikansolusidenganmenggunakanmodelpembelajaranCourseReviewHoray.ModelCourseReviewHoraymerupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifdalamrangkapengujianterhadappemahamanmaterisiswa.Rumusanmasalahdaripenelitianiniadalah(1)BagaimanapelaksanaanpembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranCourseReviewHorayuntuksiswakelasXIIS2padamatapelajaransejarahIndonesiadiSMANegeri1Kepanjen(2)ApakahpenggunaanmodelpembelajaranCourseReviewHoraydapatmeningkatkanpemahamanmateripadamatapelajaranSejarahIndonesiakelasXIIS2SMANegeri1KepanjenMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiantindakankelasdenganrincianprosedurpenelitianyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.PenelitianiniterdiriatasduasiklussiklusIdenganduapertemuandenganmateriKerajaanPalembangdanKerajaanDemakdansiklusIIdenganduakalipertemuandenganmateriKerajaanMataramIslamdanKerajaanBanten.BerdasarkanhasilpenelitiantindakankelasinisiklusImenunjukkanketuntasanklasikalsebesar47%Rata-ratanilaipemahamanmaterisiswakelasXIIS2sebanyak69.2%.danpadasiklusIImenunjukkanpeningkatanklasikalsebesar882%Rata-ratanilaipemahamanmaterikerajaanIslamsiswakelasXIIS2sebanyak80%.MelaluiduasiklustersebutmakadapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranCourseReviewHoraymampumeningkatkanpemahamanmaterisiswakelasXIIS2SMANegeri1Kepanjen.PeningkataniniditunjukkandenganpresentasinilaipemahamansiswapadasiklusIsebesar47%danmeningkatmenjadi882%padasiklusII.ABSTRACTMargaretaInesstia.2017.AssemblingofCourseReviewHorayslearningModelinIndonesiansHistorySubjectToIncreaseMattersComprehensionofIslamsKingdomin10thGrade2ndSosialSMAN1Kepanjen.ThesisHistoryDepartementFakultyofSosialStateUniversityofMalang.Supervisors(1)Dr.JokoSayonoM.PdM.Hum(2)Drs.KasimanuddinIsmainM.Pd.KeyWordHistoricalLearningCourseReviewHorayLearningModelMattersComprehensionofIslamsKingdomHistoricallearningoftenbeheldnotoptimal.Historicallearningignoredveryeasy.BasedonobservationbeheldintheclassofXIIS2SMAN1Kepanjenatthehistoryslessonheldinmonotonousandjustteachercenterbecausestillusetraditionalslearningmodel.ThatshowfromexamsresultofmatterscomprehensionofIslamskingdominclasXIIS2SMAN1Kepanjenstillmanystudentthatcompleteyet.ResearcherconcludethatmatterscomprehensionofIslamskingdominthisclasbelongtolow.Researchergivesolutionwithuselearningmodellikecoursereviewhoray.Coursereviewhorayisoneofkindlearningcooperativemodelforexaminatestudentofmattersscomprehension.Problemofthisresearchare(1)HowtoheldthehistorylearningusingCourseReviewHoraylearningmodelforstudentatclas10thIIS2inIndonesiashistorymatterinSMAN1Kepanjen(2)WhichusedCourseReviewHoraycanbeincreasematterscomprehensioninIndonesianshistorymatteratclass10thIIS2SMAN1KepanjenofMalang.Thisresearchuseresearchofclassactionapproachmentwithdetailsofresearchprosedureareplanactionobservereflection.Thisresearchhastwocycle1stcyclewithtwomeetingandthematterarePalembangsKingdomandDemakskingdomand2ndwithtwomeetingandthematterareMataramskingdomandBantenskingdom.Basedonthisresearchofclassaction1stcycleshowthatclasicalcompleteis47%.Averagescoreofstudentsmatterscomprehension10thgradeIIS2ias692%andin2ndcycleis882%.AverageofstudentsmatterscomprehensionofIslamskingdomin10thgradeIIS2is80%.FromtwocycleconcludethatCourseReviewHorayslearningmodelcanincreasematterscomprehensionofIslamskingdomin10thgradeIIS2SMAN1KepanjenofMalang.Thisincreaseshowfrompersentagelearningmotivationat1stcycleis692%increasebecome80%at2ndcycle.