Penerapan model Course Revie Horay (CRH) untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah peserta didik kelas X-IPS 2 MA Negeri Turen / Titik Wijayati

Main Author: Wijayati, Titik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54936/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWijayatiTitik.2016.PenerapanModelCourseReviewHoray(CRH)untukMeningkatkanMotivasiBelajarSejarahPesertaDidikKelasX-IPS2MANegeriTuren.Skripsi.JurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)AdityaNugrohoWidiadiS.Pd.M.Pd.(II)Drs.SlametSujudPurnawanJatiM.Hum.KatakuncicoursereviewhoraymotivasibelajarsejarahMANegeriTurenmerupakansalahsatusekolahdiKabupatenMalangyangpesertadidiknyamengalamipermasalahanterkaitdenganmotivasibelajarsejarah.BerdasarkanobservasidanwawancarapenelitimendapatinformasiterkaitdenganrendahnyamotivasibelajardikelasX-IPS2dalampembelajaransejarah.RendahnyamotivasipesertadidikdalampembelajaransejarahdikelasX-IPS2terlihatdarikurangantusiasnyapesertadidikdalampembelajarandiamataumelamunmengantuktidakmelakukankegiatanapa-apadanberbicaradengantemannya.Kondisisepertiinidisebabkanpenggunaanmodelekspositoriolehgurudalamprosespembelajaran.Permasalahantersebutdapatdiselesaikandenganmemperbaikikualitaspembelajarandenganpenerapanmodelpembelajaranyanginovatif.Penggunaanmodelpembelajaranyanginovatifakanmembantumeningkatkanmotivasidalampembelajaran.Penelitibersamagurumemberikansolusiuntukmengatasirendahnyamotivasibelajardenganpenerapanmodelyangmenarikdanmelibatkanpesertadidiksecaraaktifdidalamnya.ModelpembelajarantersebutadalahCourseReviewHoray.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasibelajarsejarahpesertadidikkelasX-IPS2denganpenerapanmodelCourseReviewHoray.PenelitianinimenggunakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitiantindakankelasmembantumeningkatkanketerampilangurudalamkegiatanpembelajaran.Penelitiantindakankelasadalahprosesperbaikankondisiyangadamencarikansolusidalammemecahkanmasalahyangdihadapidandalamrangkamenentukancara-carabaruyanglebihbaikdanlebihefektifuntukmencapaihasilyanglebihoptimal.TahappenelitianinimengadopsimodelKemmisdanTaggart.Siklusdimulaidaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitiandilakukandalamduasiklus.SiklusIdanIIdilakukanduakalipertemuan.HasilpenelitianinimenunjukkanadanyapeningkatanmotivasibelajarsejarahpesertadidikkelasX-IPS2.PenerapanmodelCourseReviewHoraydalampembelajaransejarahdikelasX-IPS2dapatmeningkatkanmotivasibelajarpesertadidik.Peningkatantersebutdapatdilihatdarihasilangketyangdisebarpra-siklussetelahsiklusIdansiklusII.Komponenmotivasibelajarpesertadidikyaituattention(perhatian)relevance(kesesuaian)confidence(kepercayaandiri)dansatisfaction(kepuasan).Indikatorattention(perhatian)mengalamipeningkatansebesar14%yaitudari64%menjadi78%indikatorrelevance(kesesuaian)mengalamipeningkatansebesar10%yaitudari70%menjadi80%indikatorconfidence(kepercayaandiri)meningkatsebesar12%yaitudari66%menjadi78%indikatorsatisfaction(kepuasan)mengalamipeningkatansebesar23%yaitudari62%menjadi85%.BerdasarkanpenelitianinihendaknyagurudapatmenggunakanmodelCourseReviewHoraysebagaisalahsatualternatifdalammeningkatkanmotivasibelajarpesertadididkdalampembelajaransejarahmaupunpembelajaranyanglain.Pesertadidikdiharapkandapatlebihaktifdanberpartisipasidalamsetiapprosespembelajaran.KepalaMadrasahhendaknyadapatmemberiksnhimbsusnkepadaguruuntukmenciptakanpembelajaranyangmenyenangkan.