Penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah kelas XI IPS 3 di SMA Panjura Malang / Bernardinus Realino Tisna F.T
Main Author: | Tisna F.T., Bernardinus Realino |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54929/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRealinoTFTBernardinus.2016.PenerapanModelPembelajaranPBL(ProblemBasedLearning)untukMeningkatkanHasilBelajarSejarahKelasXIIPS3diSMAPanjuraMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanSejarahJurusanSejarahFakultasFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MarsudiM.Hum(II)Drs.IsmailLutfiM.A.KataKunciProblemBasedLearninghasilbelajar.HasilbelajarpesertadidikdiSMAPanjuraMalangmasihsangatrendahkhususnyadimatapelajaransejarah.BeberapamodelpembelajaranyangdigunakansepertiJigsawRolePlayingdanMindMappingbelummampumeningkatkanhasilbelajarpesertadidik.Kendalautamanyaadalahkurangnyapemahamanpesertadidikterhadapmasalahdanmetodebelajarnyayangcenderungmenghafalsertacaramengajarguruyangcenderungteachercentered.Kurikulum2013memilikimodelpendekatankonstruktivismeyanglebihberpusatpadapesertadidikuntukmenciptakanmemahamidanmenemukanpermasalahan.Salahsatumodelpembelajarankurikulum2013adalahProblemBasedLearning(PBL)yangdigunakanpenelitiuntukmeningkatkanhasilbelajarpesertadidikSMApanjurakhususnyakelasXIIPS3yangmendapatkannilaipalingrendahpadamatapelajaransejarah.PenelitimemilihmodelpembelajaranPBLdiSMAPanjurakarenapesertadidikseringmengunakanmetodemenghafaldalampelajaransejarahsehinggatidakmampumenganalisisdanmenjelaskanpokokpermasalahandalampembelajarankemampuanmenghafalpesertadidiksangatterbatasdanresikountuklupasangattinggi.Tujuanpenerapanmodelpembelajaraniniadalahagarpesertadidikdapatberfikirrasionaluntukmemahamipermasalahandanmemudahkanmemahamipertanyaandanmenjawabsoal.PenelitiandilakukandalamduaSiklusdalammateriRevolusiBesarDuniapadaSiklus1banyakpoinpentingdalammodelPBLyangtidakdilaksanakansehinggapesertadidikkebingungandanhasilnyakurangmaksimal.PadaSiklus2pesertadidikmengalamipeningkatandalamkeaktifandiskusidanmencaripermasalahansehingganilaipostesterakhirmeningkatpesat.HasildariSiklus1danSiklusduamenunjukkanbahwamodelpembelajaranPBLdapatmenigkatkanhasilbelajarsejarahpesertadidikkelasXIIPS3SMAPanjuraMalang.