Penerapan model pembelajaran make a match melalui media kartu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS Madrasah Aliyah Tarbiyatul Banin banat Jetak Montong Tuban / Saikhotun Ni'mah

Main Author: Ni'mah, Saikhotun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54921/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNimahSaikhotun.2016.PenerapanModelPembelajaranMakeaMatchMelaluiMediaKartuUntukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswaPadaMataPelajaranSejarahKelasXIIPSMadrasahAliyahTarbiyatulBaninBanatJetakMontongTuban.Skripsi.JurusanSejarahProdiPendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I).AdityaNugrohoWidiadiS.Pd.M.Pd.(II)Dra.YuliatiM.Hum.KataKuncimodelPembelajaranmakeamatchkartumotivasibelajarsiswasejarah.Prosespembelajaransejarahseringkalidihadapkanpadapermasalahanbelajardikelas.HalinijugaterjadipadaMadrasahAliyahTarbiyatulBaninBanatJetakMontongTubanterutamadikelasXIIPS.KelasXIIPSadalahkelasyangpalingbermasalahdiantarakelaslainnya(IPAdanAgama).Masalahtersebutmencakupbeberapahalsepertisiswamengantukseringtidakmasukkelasdantidakmemperhatikanpenjelasanguruketikapembelajaranberlangsung.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasXIIPSMadrasahAliyahTarbiyatulBaninBanatJetakTubanmelaluipenerapanmodelpembelajaranMakeaMatchdenganmediakartu.Penelitiinimenggunakanmetodepenelitiantindakankelas(PTK)modelKemmisdanTaggart.Pelaksanaantindakandilakukanselamaduasiklusyaitusiklus1dansiklus2dengantujuanpeningkatanmotivasibelajarsiswa.Datapeningkatanmotivasibelajarsiswadiukurmelaluiangketyangdiberikankepadasiswapadapratindakandansetelahtindakan.DataprosespembelajarandikelasdenganmenerapkanmodelpembelajaranMakeaMatchmelaluimediakartudiperolehdariobservasidokumentasidanwawancara.Analisisdatadilakukandenganmenggunakanteknikkualitatifdankuantitatifyaitustatistikdeskriptif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganmenerapkanmodelpembelajaranMakeaMatchmelaluimediakartudapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasXIIPS.Haliniditunjukkandenganmeningkatnyaprosentasemotivasibelajarsiswasebelumdansesudahdiberikantindakanpadasiklus1yaitusebesar688%menjadi7495%.Padasiklus2motivasibelajarsiswameningkatmenjadi814%dengankategoribaik.DarihasilpenelitianinimenunjukkanbahwadenganmenerapkanmodelpembelajaranMakeaMatchmelaluimediakartudapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.PenelitiberharapagarmodelpembelajaranMakeaMatchmelaluimediakartuinibisadipergunakandandisempurnakansehinggadapatmembuatprosespembelajaransejarahdikelasmenjadisemakinmenyenangkan.