Pemanfaatan situs Candi Singosari sebagai sumber belajar sejarah Indonesia oleh kelas X SMA Negeri 1 Singosari / Wahyu Indah Retnanti

Main Author: Retnanti, Wahyu Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54919/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRetnantiWahyuIndah.2016.PemanfaatanSitusCandiSingosarisebagaiSumberBelajarSejarahIndonesiaolehKelasXSMANegeri1Singosari.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SlametSujudP.JM.Hum.(II)AdityaNugrohoWidiadiS.Pd.M.Pd.KataKuncisitusCandiSingosarisumberbelajarsejarahIndonesiaCandiSingosarimerupakanpenunjangsumberbelajarpadamatapelajaransejarah.MelaluiobservasiawalolehpenelitidiCandiSingosarisitusiniseringdigunakansebagaisumberbelajarsejarahsertadimanfaatkansebagaiobjekpariwisata.SMAN1SingosarimerupakansalahsatusekolahyangtelahmemanfaatkanCandiSingosarisebagaisumberbelajarsejarah.IbuMudawamahyangsenantiasaberusahamelaksanakanpembelajaransejarahsecaraefektifdanefisienberupayauntukmemanfaatkansumberbelajaryanglain.UntukituIbuMudawamahseringkalimemanfaatkansitussejarahyangadadiSingosarikhususnyakeCandiSingosari.CandiSingosarimerupakansitusyangpotensialuntukdigunakansebagaisumberbelajarbagisiswakelasXSMAN1Singosari.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)bagaimanakelayakandarisitusCandiSingosarisebagaisumberbelajarsejarahIndonesiaolehkelasXSMANegeri1Singosaridan(2)bagaimanapemanfaatansitusCandiSingosarisebagaisumberbelajarsejarahIndonesiaolehkelasXSMANegeri1Singosari.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Metodepengumpulandatadalampenelitianinidengancara(1)observasi(2)wawancaradan(3)dokumentasi.Sumberdatadalampenelitianinidiperolehdaricatatanlapanganmelaluiobservasihasilwawancaradenganinformandansumberdatapendukungberupadokumentasi.Pengolahandatamenggunakanpengumpulandatareduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)CandiSingosariyangmasihcukuputuhmempunyaipotensisebagaisumberbelajarsejarah.LokasiSitusCandiSingosaridekatdenganSMAN1SingosaridapatmenjadipilihansumberbelajaryaituekonomisadanyapemandudiCandiSingosaripraktissederhanafleksibelrelevandenganmaterikelasXSMAN1SingosaridanmemilikinilaipositifbagiprosespembelajaranyangdilaksanakandiCandiSingosari.Adanyaketerkaitanantaramateriyangdipelajarimengenaikerajaan-kerajaanHindu-BuddhadiIndonesiasehinggagurusejarahSMAN1SingosarimemanfaatkanCandiSingosarisebagaisumberbelajarsejarah.(2)PemanfaatansitusCandiSingosarisebagaisumberbelajarsejarahmempunyaiduametodeyangdigunakanolehgurusejarahSMAN1Singosariyaitumetodekaryawisatadanpenugasan.PadapenggunaanmetodekaryawisataDenganmenggunakankeduametodetersebutsiswadituntutlebihaktifbertanyamengenaibenda-bendapeninggalanKerajaanSinghasariyangadadikompleksCandiSingosarikepadapemanducandi.