Pemanfaatan situs Candi Singosari sebagai sumber belajar sejarah Indonesia oleh kelas X SMA Negeri 1 Singosari / Wahyu Indah Retnanti
Main Author: | Retnanti, Wahyu Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54919/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRetnantiWahyuIndah.2016.PemanfaatanSitusCandiSingosarisebagaiSumberBelajarSejarahIndonesiaolehKelasXSMANegeri1Singosari.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SlametSujudP.JM.Hum.(II)AdityaNugrohoWidiadiS.Pd.M.Pd.KataKuncisitusCandiSingosarisumberbelajarsejarahIndonesiaCandiSingosarimerupakanpenunjangsumberbelajarpadamatapelajaransejarah.MelaluiobservasiawalolehpenelitidiCandiSingosarisitusiniseringdigunakansebagaisumberbelajarsejarahsertadimanfaatkansebagaiobjekpariwisata.SMAN1SingosarimerupakansalahsatusekolahyangtelahmemanfaatkanCandiSingosarisebagaisumberbelajarsejarah.IbuMudawamahyangsenantiasaberusahamelaksanakanpembelajaransejarahsecaraefektifdanefisienberupayauntukmemanfaatkansumberbelajaryanglain.UntukituIbuMudawamahseringkalimemanfaatkansitussejarahyangadadiSingosarikhususnyakeCandiSingosari.CandiSingosarimerupakansitusyangpotensialuntukdigunakansebagaisumberbelajarbagisiswakelasXSMAN1Singosari.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)bagaimanakelayakandarisitusCandiSingosarisebagaisumberbelajarsejarahIndonesiaolehkelasXSMANegeri1Singosaridan(2)bagaimanapemanfaatansitusCandiSingosarisebagaisumberbelajarsejarahIndonesiaolehkelasXSMANegeri1Singosari.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Metodepengumpulandatadalampenelitianinidengancara(1)observasi(2)wawancaradan(3)dokumentasi.Sumberdatadalampenelitianinidiperolehdaricatatanlapanganmelaluiobservasihasilwawancaradenganinformandansumberdatapendukungberupadokumentasi.Pengolahandatamenggunakanpengumpulandatareduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)CandiSingosariyangmasihcukuputuhmempunyaipotensisebagaisumberbelajarsejarah.LokasiSitusCandiSingosaridekatdenganSMAN1SingosaridapatmenjadipilihansumberbelajaryaituekonomisadanyapemandudiCandiSingosaripraktissederhanafleksibelrelevandenganmaterikelasXSMAN1SingosaridanmemilikinilaipositifbagiprosespembelajaranyangdilaksanakandiCandiSingosari.Adanyaketerkaitanantaramateriyangdipelajarimengenaikerajaan-kerajaanHindu-BuddhadiIndonesiasehinggagurusejarahSMAN1SingosarimemanfaatkanCandiSingosarisebagaisumberbelajarsejarah.(2)PemanfaatansitusCandiSingosarisebagaisumberbelajarsejarahmempunyaiduametodeyangdigunakanolehgurusejarahSMAN1Singosariyaitumetodekaryawisatadanpenugasan.PadapenggunaanmetodekaryawisataDenganmenggunakankeduametodetersebutsiswadituntutlebihaktifbertanyamengenaibenda-bendapeninggalanKerajaanSinghasariyangadadikompleksCandiSingosarikepadapemanducandi.