Pengembangan media pembelajaran peta digital sejarah interaktif berbasis adobe flash CS 3 professional dalam pembelajaran Sejarah Indonesia kelas XI Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan / Kurniasih

Main Author: Kurniasih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54909/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKurniasih.2016.PengembanganMediaPembelajaranPetaDigitalSejarahInteraktifBerbasisAdobeFlashCS3ProfessionaldalamPembelajaranSejarahIndonesiaKelasXISekolahMenengahAtas/SekolahMenengahKejuruan.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)AdityaNugrohoWidiadiS.Pd.M.Pd.(2)Drs.DewaAgungGedeAgungM.Hum.KataKuncimediapembelajaranpetadigitalinteraktifSejarahIndonesia.Perkembanganilmupengetahuandanteknologiyangsemakinpesatmendorongupayapembaharuandalammemanfaatkanhasilteknologiuntukprosespembelajaran.Teknologiyangberkembangdapatdigunakansebagaisalahsatucarauntukmengembangkanmediapembelajaransejarah.PenyampaianmaterisejarahIndonesiadilakukandenganmetodeceramahbervariasiolehgurunamunsiswalebihantusiasdalampembelajaranketikaditampilkanmediayangbervariasi.MediapembelajaranpetadigitalsejarahinteraktifberbasisAdobeFlashCS3Professionalmerupakansalahsatubentukpemanfaatanteknologiyangdigunakansebagaialternatifpembelajaranuntukmenarikperhatiansiswa.PenelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranpetadigitalsejarahinteraktifyangmemenuhikriteriasebagaimediapembelajaransejarahIndonesiauntuksiswakelasXISMA/SMK.MediapembelajaranyangdikembangkaninimenggunakanmodelyangdikemukakanolehSadimanyangdiantaranya(1)penyusunanrancangan(2)penulisannaskah(3)produksimediadan(4)evaluasiprogrammedia.Ujicobadilakukanpadatigasubyekyaituahlimateriahlimediadansiswa.Ujicobauntuksiswaterdiridariujicobakelompokkecildanujicobakelompokbesar.Datayangdiperolehdariujicobatersebutkemudiandianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisdataangketuntukmengukurvaliditasmediadalampembelajaran.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaskorpenilaianahlimateriyaitusebesar90%.Hasilvalidasiahlimateritersebutmenunjukkanbahwamateriyangdisajikandalammediayangdikembangkaninitermasukdalamkriteriavaliddanlayakdigunakan.Skorpenilaianahlimediayaitusebesar75%.Hasilvalidasiahlimediamenunjukkanbahwamediayangdikembangkaninitermasukdalamkriteriacukupvaliddanlayakdigunakandenganadanyaperbaikan.Skorpenilaianujicobakelompokkecilyaitu8614%sedangkanskorpenilaianujicobakelompokbesaryaitu8345%.Hasilpenilaiantanggapansiswamenunjukkanbahwamediayangdikembangkantermasukdalamkriteriasangatvaliddanlayakdigunakan.Penelitimenyimpulkanbahwamediapembelajaranmemberikanpenguatanpositifterhadappemahamansiswa.Berdasarkanhasilpretestdanposttestterdapatperubahannilairata-ratadarirata-rata4830menjadirata-rata9471.SaranuntukpenelitiselanjutnyayaituagarmengembangkanmediapembelajaranyanglebihinovatifdankreatifsertamemberikankontribusipadapembelajaranSejarah.Selainituterbukapeluanguntukmelakukanujicobapemakaianyangmewakiliseluruhkarakteristiksiswadanuntukpembelajaranyanglebihluas.