Penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis autoplay untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 4 Malang / Mega Rafita Sari

Main Author: Sari, Mega Rafita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54908/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSariMegaRafita.2016.PenggunaanMediaPembelajaranMultimediaInteraktifBerbasisAutoplayUntukMeningkatkanMinatBelajarSiswaPadaMataPelajaranSejarahDiSMKNegeri4Malang.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.IWayanLegawaM.Si(2)Drs.DewaAgungGedeAgungM.Hum.KataKunciPembelajaranSejarahMediapembelajaranMultimediaInteraktifberbasisAutoplayMinatBelajarSiswaSMKNegeri4MalangPembelajaransejarahmerupakansalahsatupelajaranyangdianggapmembosankanbagisiswa.BerdasarkanobservasiyangdilakukandikelasXRPL-BSMKNegeri4Malangpadasaatpelajaransejarahadabeberapasiswayangmasihbelumsiapmengikutipelajaranbahkanadasiswayangmengantukmelamunberbicaradengantemanbermain-main.Penelitimenyimpulkandarihasilobservasiawalbahwaminatbelajarsiswadikelasinitermasukrendahsehinggadibutuhkanmediapembelajaranyangberupamultimediainteraktifberbasisautoplaykarenapenggunaanyamudahdioperasikandenganbaikolehsiapapunsehinggabisadijadikanalternatifpemilihanmediapembelajaranolehgurumaupunsiswa.Penelitimenemukanduarumusanmasalahdidalampenelitianyangdilakukannya.RumusanmasalahyangpertamatentangpenggunaanmediapembelajaranmultimediainteraktifberbasisautoplayuntuksiswapadamatapelajaransejarahdiSMKNegeri4MalangdanrumusanmasalahyangkeduatentangpenggunaanmediapembelajaranmultimediainteraktifberbasisautoplaydapatmeningkatkanminatbelajarsiswapadamatapelajaransejarahdiSMKNegeri4Malang.TujuandaripenelitiantindakankelasiniyaitumendeskrispikandanmenganalisispenggunaanmediapembelajaranmultimediainteraktifberbasisautoplayuntukmeningkatkanminatbelajarsiswapadamatapelajaransejarahdiSMKNegeri4Malang.PenelitimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)denganrincianprosedurpenelitianyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianiniterdiridariduasiklus.SiklusIdilaksanakanduakalipertemuanyangmembahastentangPenjajahanPemerintahHindiaBelandadansiklusIIdilaksanakansatukalipertemuanyangmembahastentangPerangMelawanPenjajahanKolonialisme.BerdasarkanpenelitiantindakankelasinidiketahuibahwapenggunaanmultimediainteraktifberbasisautoplayberhasilmenciptakansuasanapembelajaranyangmenyenangkanbagisiswakelasXRPL-Bsehinggasiswacepatmemahamisejarahmelaluiceritasejarahdandidalampelaksanaannyasiswamenjadilebihbersemangatperhatiandanaktifdalambelajarsejarah.DanpresentasetingkatminatsiswaberdasarkanhasillembarobservasiminatsiswayaitupadasiklusIsebesar61.68%dansiklusIIsebesar82.38%yangmeningkatsebesar10.70%denganrincianaspekkesukaan19.77%ketertarikan23.67%perhatian15.19%danketerlibatan23.86%.Danrata-ratakeseluruhantingkatminatbelajarsiswaberdasarkanhasilskorangketyangdiberikankepadasiswayaitupadasiklusIdenganrata-ratasebesar1.68yangdikategorikanBdengankriteriaberminatdansiklusIIdenganrata-ratasebesar2.54yangdikategorikanAdengankriteriasanganberminat.MelaluiduasiklustersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenggunaanmediapembelajaranmultimediainteraktifberbasisautoplayuntukmeningkatkanminatbelajarsiswakelasXRpl-BdiSMKNegeri4Malangmengalamipeningkatanmelaluiaspekpenilaianlembarobservasiminatbelajarsiswadanangketsiswa.