Penerapan pembelajaran berbasis lagu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS SMA Taman Siswa (Taman Madya) Malang tahun ajaran 2015/2016 / Ni'matul Khoiriyah

Main Author: Khoiriyah, Ni'matul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54894/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKhoiriyahNimatul.PenerapanPembelajaranBerbasisLaguuntukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswapadaMataPelajaranSejarahKelasXIPSSMATamanSiswa(TamanMadya)MalangTahunAjaran2015/2016.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.YuliatiM.Hum(II)Drs.MarsudiM.Hum.KataKuncipembelajaranberbasislagumotivasibelajarpelajaransejarahBerdasarkanobservasipra-tindakanyangdilakukanolehpenelitidiketahuibahwapermasalahanyangterjadidikelasXIPSSMATamanSiswa(TamanMadya)Malangadalahrendahnyamotivasibelajarsiswapadamatapelajaransejarah.Haltersebutterlihatdarikurangnyaminatdanperhatiansiswaterhadappelajaransejarah.Gurulebihseringmenggunakanmodelpembelajarankonvensionalsehinggasiswamenjadipasifdankurangantusiaspadasaatpembelajaranberlangsung.Hasilobservasitersebutjugadiperkuatdenganhasilangketmotivasibelajarsiswapadasaatpra-tindakanyaitusebesar682%dengankategorirendah.Untukmengatasimasalahtersebutperluadanyaupayaperbaikanpembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswayaitudenganmenerapkanpembelajaranberbasislagu.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanpelaksanaankegiatanpembelajaranberbasislagudanmendeskripsikanpeningkatanmotivasibelajarsiswasetelahditerapkanpembelajarannberbasislagu.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).MotivasibelajarsiswadiukurdenganmenggunakanindikatormotivasidariAndersonC.R.danFaustG.W.ModelpenelitianyangdigunakanyaitumodeltindakandariKemmisdanTaggartyangdilakukandalam2siklus.Setiapsiklusterdiridari2kalipertemuandengan4tahapanpenelitianyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimeliputiobservasiangketcatatanlapanganwawancaradandokumentasi.DatayangdiperolehdianalisisdenganmenggunakananalisismodelinteraksiMilesdanHuberman.PenelitianinidilaksanakandikelasXIPSSMATamanSiswa(TamanMadya)MalangpadamateriIslamisasidansilangbudayadiNusantara.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)keterlaksanaanpembelajaranberbasislagumengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIyaitudarikategoricukupbaikmenjadibaikdenganpresentase608%menjadi743%.Penerapanpembelajaranberbasislagumembuatsuasanakelasmenjadilebihmenyenangkandantidakmembosankankarenasiswadapatbelajarsekaligusberkreasi.Siswajugamenjadilebihbersemangatdanantusiasdenganpelajaransejarah.(2)PresentasemotivasibelajarsiswakelasXIPSmengalamipeningkatandaripra-tindakankesiklusII.Penerapanpembelajaranberbasislagutelahmeningkatkanmotivasibelajarsiswasebesar129%yaitudari682%padasaatpra-tindakanmenjadi811%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitianterbuktibahwapenerapanpembelajaranberbasislagudapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasXIPSSMATamanSiswa(TamanMadya)Malangtahunajaran2015/2016.Melaluipenelitianiniguruhendaknyamenjadikanpembelajaranberbasislagusebagaivariasidalammengajarsejarahgunamenumbuhkanmotivasisiswadanmenjadikanpembelajaransejarahmenjadilebihmenarik.Gurudiharapkanlebihkreatifdalammenyajikanmaterisejarah.Pemilihancarapenyajianmaterisejarahyangtepatolehgurudansesuaimateriyangakandisampaikanmerupakansalahsatubentukusahaguruagarsiswadapatmencapaitujuanpembelajarandenganmaksimal.