Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan kuis who wants to be a millionaire terhadap g=hasil belajar IPS dan motivasi siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang / Rahma Fitriana
Main Author: | Fitriana, Rahma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54857/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFitrianaRahma.2016.PenerapanModelPembelajaranTGT(TeamsGamesTournament)denganKuisWhoWantsTobeAMillionaireterhadapHasilBelajarIPSdanMotivasiSiswaSMPNegeri10Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SoetjiptoSHM.Pd.(2)Dr.INyomanRujaS.U.KatakuncimodelpembelajaranTGTkuisWhoWantsTobeAMillionairehasilbelajarIPSmotivasisiswa.Peningkatankualitaspendidikanselainmelaluiperbaikankurikulumyangdilakukanpemerintahjugamelaluiprosespembelajarandikelas.Prosespembelajarandalampenerapannyamengutamakanperansiswasalahsatunyadenganmodelpembelajarankooperatif.PenelitianinimengimplementasikanpembelajarankooperatifTGT(TeamsGamesTournament)karenadalampenerapannyaTGTmelibatkanaktivitasseluruhsiswamelaluidiskusikelompokdisertaiturnamenantartim.TurnamenantartimmenggunakankuisWhoWantsTobeAMillionaire.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarIPSdanmotivasisiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranTGTdengankuiswhowantstobeamillionairedibandingkandengansiswayangdibelajarkanpadakelaskontrol.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasiexperimentaldengannonequivalentcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIISMPNegeri10Malangtahunajaran2015/2016.PengambilansampeldilakukansecaraacakkarenaseluruhkelasVIImemilikirata-ratayanghampirsamadiperolehkelasVIIGsebagaikelaseksperimendankelasVIIEsebagaikelaskontrol.Metodepengumpulandatadalampenelitianinidilakukandengantesuntukhasilbelajarkognitifdanpenyebaranangketuntukmengetahuiperbedaanmotivasibelajarsiswa.Teknikanalisisdatadilakukandengananalisisstatistikdenganuji-tmenggunakanprogramSPSS16forwindowsdananalisisdeskriptif.HasilujiprasyaratdenganujiKolmogorovsmirnovdanlevenestestmenunjukkandatahasilbelajarIPSdanmotivasisiswaterdistribusinormaldankeduakelasmemilikivariansyangsama.Ujihipotesisdenganmenggunakananalisisuji-tdengantarafsignifikansi005menggunakandataskorpretespostesdanangketmotivasi.HasilpenelitianmenunjukkanadaperbedaanhasilbelajardanmotivasisiswaantarasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranTGTdengankuiswhowantstobeamillionaredibandingkanpembelajaranpadakelaskontrol.Hasilbelajarpadakelaseksperimenmemilikirata-ratalebihtinggiyaitu7589sertamotivasibelajar8628.sementarahasilbelajarpadakelaskontrolmemilikirata-rata7169danmotivasibelajar8284.PenelitiselanjutnyadisarankanmelakukanpenerapanmodelpembelajaranTGTterhadapranahyanglainsepertiranahafektifsertapsikomotorik.Penerapanturnamenyanglainjugaperludilakukansepertimonopoli.