Perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran photo story dengan gambar ilustrasi pada mata pelajaran sejarah / Putri Nur Ekasari

Main Author: Ekasari, Putri Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54855/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKEkasariPutriNur.2016.PerbedaanHasilBelajarAntaraSiswayangMenggunakanMediaPembelajaranPhotoStorydenganGambarIlustrasipadaMataPelajaranSejarah.SkripsiJurusanSejarahProgramStudiS1PendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)AdityaNugrohoWidiadiS.Pd.M.Pd(II)Drs.IsmailLutfiM.A.KataKunciphotostoryhasilbelajargambarilustrasimatapelajaransejarahMediapembelajaranmenjadisalahsatuhalpentingdalampembelajaransejarahyaitusebagaisaranauntukmelukiskanmasalampau.Pemilihanmediapembelajaranyangtepatakanmemudahkansiswauntukmerasadekatdenganapayangmerekapelajari.Mediapembelajaranyangdapatdigunakandiantaranyaadalahphotostorydangambarilustrasi.Perbedaandiantarakeduanyaadalahberkaitandengankualitasgambaryangdihasilkan.Jikaphotostorymenggunakanfotohasilpomotretanobjekaslisedangkangambarilustrasimerupakangambarhasillukisantangan.Seharusnyasemakinbaikkualitasgambaryangdihasilkanmakaakandiikutidenganhasilbelajaryangbaikpula.Untukitulahperludilakukanpengukuranperbedaanhasilbelajarsiswasehinggadiketahuimanayanglebihbaikdiantarakeduanya.Masalahyangdirumuskanpadapenelitianiniadalahpertamabagaimanahasilbelajarsiswayangmenggunakanmediapembelajaranphotostory.Keduabagaimanahasilbelajarsiswayangmenggunakanmediapembelajarangambarilustrasi.Ketigabagaimanaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangmenggunakanmediapembelajaranphotostorydengangambarilustrasi.PenelitianinidilakukandiSMANegeri1Kedungwarupadawaktusemestergenaptahun2015/2016.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianeksperimendenganmodelquasiexperimentaldesign.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasX.Sampeldiperolehberdasarkannilairata-ratakelashasilUASsemesterganjiltahun2015/2016.Nilaikeduakelastersebutharussetara.SehinggadiperolehkelasX10sebagaikelompokeksperimendankelasX8sebagaikelompokkontrol.InstrumenyangdigunakanadalahinstrumenperlakuanberupasilabusdanRPPsedangkaninstrumenpegukuranberupatesthasilbelajar(pretestdanposttest).Analisisstatistikyangdigunakanadalahuji-t.Hasilpenelitianyangpertamaadalahterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarasebelummenggunakanmediapembelajaranphotostorydengansesudahmenggunakanmediapembelajaranphotostory.Keduaterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarasebelummenggunakanmediapembelajarangambarilustrasidengansesudahmenggunakanmediapembelajarangambarilustrasi.Ketigaterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarasiswayangmenggunakanmediapembelajaranphotostorydengangambarilustrasipadamatapelajaransejarah.Perbedaanhasilbelajarjugadapatdilihatmelaluinilairata-ratagainscorekelompokeksperimen5964dan3931untukkelompokkontrol.Sehinggadapatdisimpulkanbahwahasilbelajarsiswayangmenggunakanmediapembelajaranphotostorylebihtinggidibandingkandengansiswayangmenggunakanmediapembelajarangambarilustrasi.