Perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran photo story dengan gambar ilustrasi pada mata pelajaran sejarah / Putri Nur Ekasari
Main Author: | Ekasari, Putri Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54855/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKEkasariPutriNur.2016.PerbedaanHasilBelajarAntaraSiswayangMenggunakanMediaPembelajaranPhotoStorydenganGambarIlustrasipadaMataPelajaranSejarah.SkripsiJurusanSejarahProgramStudiS1PendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)AdityaNugrohoWidiadiS.Pd.M.Pd(II)Drs.IsmailLutfiM.A.KataKunciphotostoryhasilbelajargambarilustrasimatapelajaransejarahMediapembelajaranmenjadisalahsatuhalpentingdalampembelajaransejarahyaitusebagaisaranauntukmelukiskanmasalampau.Pemilihanmediapembelajaranyangtepatakanmemudahkansiswauntukmerasadekatdenganapayangmerekapelajari.Mediapembelajaranyangdapatdigunakandiantaranyaadalahphotostorydangambarilustrasi.Perbedaandiantarakeduanyaadalahberkaitandengankualitasgambaryangdihasilkan.Jikaphotostorymenggunakanfotohasilpomotretanobjekaslisedangkangambarilustrasimerupakangambarhasillukisantangan.Seharusnyasemakinbaikkualitasgambaryangdihasilkanmakaakandiikutidenganhasilbelajaryangbaikpula.Untukitulahperludilakukanpengukuranperbedaanhasilbelajarsiswasehinggadiketahuimanayanglebihbaikdiantarakeduanya.Masalahyangdirumuskanpadapenelitianiniadalahpertamabagaimanahasilbelajarsiswayangmenggunakanmediapembelajaranphotostory.Keduabagaimanahasilbelajarsiswayangmenggunakanmediapembelajarangambarilustrasi.Ketigabagaimanaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangmenggunakanmediapembelajaranphotostorydengangambarilustrasi.PenelitianinidilakukandiSMANegeri1Kedungwarupadawaktusemestergenaptahun2015/2016.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianeksperimendenganmodelquasiexperimentaldesign.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasX.Sampeldiperolehberdasarkannilairata-ratakelashasilUASsemesterganjiltahun2015/2016.Nilaikeduakelastersebutharussetara.SehinggadiperolehkelasX10sebagaikelompokeksperimendankelasX8sebagaikelompokkontrol.InstrumenyangdigunakanadalahinstrumenperlakuanberupasilabusdanRPPsedangkaninstrumenpegukuranberupatesthasilbelajar(pretestdanposttest).Analisisstatistikyangdigunakanadalahuji-t.Hasilpenelitianyangpertamaadalahterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarasebelummenggunakanmediapembelajaranphotostorydengansesudahmenggunakanmediapembelajaranphotostory.Keduaterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarasebelummenggunakanmediapembelajarangambarilustrasidengansesudahmenggunakanmediapembelajarangambarilustrasi.Ketigaterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarasiswayangmenggunakanmediapembelajaranphotostorydengangambarilustrasipadamatapelajaransejarah.Perbedaanhasilbelajarjugadapatdilihatmelaluinilairata-ratagainscorekelompokeksperimen5964dan3931untukkelompokkontrol.Sehinggadapatdisimpulkanbahwahasilbelajarsiswayangmenggunakanmediapembelajaranphotostorylebihtinggidibandingkandengansiswayangmenggunakanmediapembelajarangambarilustrasi.