Eksistensi Wayang Topeng Panji Asmorobangun di Dusun Kedungmonggo Desa Karangpandan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang tahun 1992-2014 dan nilai-nilai pendidikannya / Shofitri Handayani

Main Author: Handayani, Shofitri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54848/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHandayaniShofitri.2016.EksistensiWayangTopengPanjiAsmorobangundiDusunKedungmonggoDesaKarangpandanKecamatanPakisajiKabupatenMalangTahun1992-2014danNilai-nilaiPendidikannya.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.DosenPembimbing(I)Drs.DewaAgungGedeAgungM.Hum(II)Dra.YuliatiM.Hum.KataKuncieksistensiwayangtopengPanjiAsmorobangun.KeberagamanyangdimilikiIndonesiadapatdilihatdarisegalasegimisalnyareligisukurasmaupunkebudayaannya.Keberagamantersebutyangmenjadialasanmunculnyacirikhasyangdimilikidisetiapdaerahberupamusiktariansenipahatlukisandanukiran.BerdasarkandaripenelitianyangtelahdilakukanpenelitimengambiltemawayangtopengMalangansebagaiobjek.PertunjukantradisionalinimenggambarkanbetapakayanyakebudayaanyangadadiIndonesiakhususnyawilayahKabupatenMalang.WayangtopengMalanganmerupakanpertunjukantradisionalyangdapatdibilangkompleksdapatditunjukkandarimusikiringandantaribergerakdalamsaturitmeyangbersatuuntukmenunjukkanceritayangdibawakansenirupayangditunjukkandariseniukirdanlukisyangdapatdilihatdaripembuatantopengMalangan.Masalahklasikyangseringdialamiolehpertunjukkantradisionaladalahmengenaieksistensi.Banyakpertunjukantradisionalyangmulaiterpinggirkanbahkanbanyakpulayangsudahterlupakan.PenelitianwayangtopengMalanganinimembahastentangbagaimanakeseniantradisionaltersebutmasihdapatbertahan.Rumusanmasalahyangdiambildalampenelitianiniadalah(1)bagaimanasejarahperkembangansenipertunjukanwayangtopengPanjiAsmorobangun.(2)bagaimanaupayaeksistensisenipertunjukanwayangtopengPanjiAsmorobangunsertanilaipendidikannyaPenelitianinimenggunakanmetodehistorisdenganbeberapatahapanyaitupemilihantopikberdasarkankedekatanemosionaldankedekatanintelektual.Keduaheuristikmencarisumberdatabaikdataprimermaupundatasekunder.KetigaKritiksumberagardatayangdikelolabersifatobjektifdanvalid.Keempatinterpretasiyaknimenerapkandatayangtelahdiperoleh.Kelimahistoriografipenulisankajiansejarah.TerdapatduakesimpulanyangdapatdiambildaripenelitianwayangtopengMalangandiDusunKedungmonggoKabupatenMalangyakni(1).SejarahperkembangansenipertunjukanwayangtopengdiKedungmonggodimulaidenganadanyapaguyubanwayangtopengpadamasaSerun(1915-1930)danKiman(1930-1950)yangbernamaPendowoLimo.Setelahtahun1950-ansampaisekarangtahun2015berubahnamanyamenjadiPanjiAsmorobangundibawahbinaanKarimunyangdibantuolehanaknyaTaslanpadatahun1950anhingga2010.Tahun2010-2014wayangtopengAsmorobanguntelahdibinaolehcucudariKarimunyangbernamaHandoyo.(2).UpayaeksistensisenipertunjukanwayangtopengPanjiAsmorobangunditunjukkanyangpertamadengancaramemberikanpromosisepertimenggunakanbannersertamediamassa.Bentukeksistensiyangkeduadengancaramemberikanlatihantaridangamelansecaracuma-cumakepadaanak-anakdisekitarDusunKedungmonggo.KetigadengancaramemberikanpertunjukanrutinyangdilaksanakanpadasetiapmalamSeninLegi.Keempatdengancaramengikutiberbagaifestivalbudaya.KelimaukirtopengMalanganuntukgantungankuncisouvenirmaupuntopenguntukpertunjukan.KeenammenajemenkeuanganmerupakanhalyangpentingpengelolaankeuanganyangbaikmenjadikanPadepokanAsmorobanguntetapeksisdalamduniakeseniantradisional.Ketujuhregenerasiparapemainwayangtopengbaikpanjaksertapenarinya.Daribentukregenerasitersebutmemberikangambaranpendidikanyangtelahdiperolehdarilatihanyangdiberikanolehpendidiknya.TerdapatlimakarakterpendidikanyangdidapatdariwayangtopengMalanganyangpertamamenumbuhkankreativitasanak.Keduamemupukrasasemangatkebangsaankarenarasamemilikibudayabangsa.Ketigamenghargaiprestasidanusahadalammenjunjungtinggibudayabangsa.Keempatkomunikatifdanmudahbergauldilingkungansekitar.Kelimamenumbuhkanrasapeduliterhadapsesamadanmasyarakat.