Dinamika seni tari Kiprah Glipang "Sanggar Andhika Jaya dan Sanggar Putra Andhika Jaya" Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo era 1980-2014 serta nilai-nilai edukasinya / Dwi Candra Wibawa
Main Author: | Wibawa, Dwi Candra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54840/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWibawa.DwiCandra.2015.DinamikaSeniTariKiprahGlipangSanggarAndhikaJayadanSanggarPutraAndhikaJayaDesaPendilKecamatanBanyuanyarKabupatenProbolinggotahun1980-2014danNilai-nilaiEdukasinya.SkripsiJurusanPendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.YuliatiM.Hum(II)Dr.AbdulLatifBustamiM.SiKataKunciDinamikaSeniTariKiprahGlipangNilai-nilaiEdukasiMaknatariKiprahGlipangProbolinggomerupakansimbolismeperlawananterhadappemerintahBelanda.MaksuddariperlawanansimbolisiniyaitukarenapadawaktuitumasyarakatmasihbelummampumelawansecarafisikyangakhirnyamerekamembuatperkumpulandanmenciptakansebuahtarianyangmengekspresikanseorangprajuritketikasedangmenujumedanperanguntukmelawanpenjajahBelanda.AlasandipilihnyapenelitianiniadalahkedekatanemosionalpenelitiinginmenunjukkaneksistensikeseniantariKiprahGlipangpadamasyarakatDesaPendilKabupatenProbolinggosertauntukmengetahuilebihjauhtentangdinamikakeseniantariKiprahGlipangdalamsetiaptahunnya.PenelitianinibertujuanuntukmendiskripsikantentangdinamikayangterjadipadakeseniantariKiprahGlipangtahun1980-2014mendiskripsikanupayamasyarakatDesaPendildanPemerintahKabupatenProbolinggountukmelestarikankeseniantariKiprahGlipangsertamenjelaskantentangnilai-nilaiedukasinya.Pendekatanyangdigunakanadalahpendekatankualitatifdenganmetodehistoris(penelitiansejarah).Penelitiansejarahmerupakanpenelitianyangmencobauntukmendeskripsikansecarasistematisdanobjektifmelaluiberbagaitahap.Adapunlangkah-langkahdalampenelitiansejarahadalah(1)Pemilihantopik(2)Pengumpulansumber(heuristik)(3)Kritiksejarah/keabsahansumber(verifikasi)(4)(interpretasi)(5)Penulisansejarah(historiografi).Hasilpenelitiandiperolehsebagaiberikut(1)DinamikaSeniTariKiprahGlipangEra1980-1988inisangatpesatkesenianKiprahGlipangtampilpadaeventtingkatpropinsisampaitingkatnasionaldanpadaeratahuninijugaditemukanadanyadinamikaterlihatpadaaspeksenimankostumalatmusikgerakantaridandurasiwaktu(2)DinamikaSeniTariKiprahGlipangera1991-1999masihmewujudkaneksistensinyadalampementasannya.DinamikapadaeratahuniniterlihatdilembagapendidikansertakeseniantariKiprahGlipangmengalamidinamikapadaaspekpenambahankostumdiEra1999.(3)DinamikaSeniTariKiprahGlipangera2004-2014padaerainiperkembangankeseniantariKiprahGlipangmengalamikemajuanyangpesat.PemerintahKabupatenProbolinggoseringmengadakaneventuntukmelestarikankeseniantariKiprahGlipangini.DinamikayangterjadieratahuniniadanyanampakpadaaspekalatmusiknyaterjadiperubahankreasibentukalatmusikKentonganyangdiciptakanolehsenimanKiprahGlipang.(4)berbagaiupayayangtelahdilakukanolehmasyarakatDesaPendildanpemerintahKabupatenProbolinggountukmenjagadanmelestarikankeseniantariKiprahGlipang.NilaiedukasiyangterkandungdalamkeseniantariKiprahGlipanginisalahsatunyanilaipendidikanKaraktersepertikaraktercintaTuhandansegenapciptaan-Nyadansukamenolongdangotong-royongselainnilaipendidikankarakternilaimuatanlokaljugaterdapatdalamkeseniantariKiprahGlipangsepertisenibudaya.Berdasarkanpenelitianiniterdapatbeberapasarankepadaberbagaipihak1)BagipemerintahanKabupatenProbolinggodiharapkanagarlebihseriusdalammengesahkanhakpatententangkesenianKiprahGlipangsebagaikeseniankhasmasyarakatKabupatenProbolinggo2)BagimasyarakatDesaPendilagarkeikutsertaandalammenjagamelestarikanmemperkenalkankesenianTariKiprahGlipanginisebagaikeseniankhasMasyarakatKabupatenProbolinggo3)BagipenelitiselanjutnyaagarbisamengupastentangKonflikyangterjadiantaraKesenianKiprahGlipangKabupatenProbolinggodengankesenianGlipangLumajang.