Dinamika seni tari Kiprah Glipang "Sanggar Andhika Jaya dan Sanggar Putra Andhika Jaya" Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo era 1980-2014 serta nilai-nilai edukasinya / Dwi Candra Wibawa

Main Author: Wibawa, Dwi Candra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54840/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWibawa.DwiCandra.2015.DinamikaSeniTariKiprahGlipangSanggarAndhikaJayadanSanggarPutraAndhikaJayaDesaPendilKecamatanBanyuanyarKabupatenProbolinggotahun1980-2014danNilai-nilaiEdukasinya.SkripsiJurusanPendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.YuliatiM.Hum(II)Dr.AbdulLatifBustamiM.SiKataKunciDinamikaSeniTariKiprahGlipangNilai-nilaiEdukasiMaknatariKiprahGlipangProbolinggomerupakansimbolismeperlawananterhadappemerintahBelanda.MaksuddariperlawanansimbolisiniyaitukarenapadawaktuitumasyarakatmasihbelummampumelawansecarafisikyangakhirnyamerekamembuatperkumpulandanmenciptakansebuahtarianyangmengekspresikanseorangprajuritketikasedangmenujumedanperanguntukmelawanpenjajahBelanda.AlasandipilihnyapenelitianiniadalahkedekatanemosionalpenelitiinginmenunjukkaneksistensikeseniantariKiprahGlipangpadamasyarakatDesaPendilKabupatenProbolinggosertauntukmengetahuilebihjauhtentangdinamikakeseniantariKiprahGlipangdalamsetiaptahunnya.PenelitianinibertujuanuntukmendiskripsikantentangdinamikayangterjadipadakeseniantariKiprahGlipangtahun1980-2014mendiskripsikanupayamasyarakatDesaPendildanPemerintahKabupatenProbolinggountukmelestarikankeseniantariKiprahGlipangsertamenjelaskantentangnilai-nilaiedukasinya.Pendekatanyangdigunakanadalahpendekatankualitatifdenganmetodehistoris(penelitiansejarah).Penelitiansejarahmerupakanpenelitianyangmencobauntukmendeskripsikansecarasistematisdanobjektifmelaluiberbagaitahap.Adapunlangkah-langkahdalampenelitiansejarahadalah(1)Pemilihantopik(2)Pengumpulansumber(heuristik)(3)Kritiksejarah/keabsahansumber(verifikasi)(4)(interpretasi)(5)Penulisansejarah(historiografi).Hasilpenelitiandiperolehsebagaiberikut(1)DinamikaSeniTariKiprahGlipangEra1980-1988inisangatpesatkesenianKiprahGlipangtampilpadaeventtingkatpropinsisampaitingkatnasionaldanpadaeratahuninijugaditemukanadanyadinamikaterlihatpadaaspeksenimankostumalatmusikgerakantaridandurasiwaktu(2)DinamikaSeniTariKiprahGlipangera1991-1999masihmewujudkaneksistensinyadalampementasannya.DinamikapadaeratahuniniterlihatdilembagapendidikansertakeseniantariKiprahGlipangmengalamidinamikapadaaspekpenambahankostumdiEra1999.(3)DinamikaSeniTariKiprahGlipangera2004-2014padaerainiperkembangankeseniantariKiprahGlipangmengalamikemajuanyangpesat.PemerintahKabupatenProbolinggoseringmengadakaneventuntukmelestarikankeseniantariKiprahGlipangini.DinamikayangterjadieratahuniniadanyanampakpadaaspekalatmusiknyaterjadiperubahankreasibentukalatmusikKentonganyangdiciptakanolehsenimanKiprahGlipang.(4)berbagaiupayayangtelahdilakukanolehmasyarakatDesaPendildanpemerintahKabupatenProbolinggountukmenjagadanmelestarikankeseniantariKiprahGlipang.NilaiedukasiyangterkandungdalamkeseniantariKiprahGlipanginisalahsatunyanilaipendidikanKaraktersepertikaraktercintaTuhandansegenapciptaan-Nyadansukamenolongdangotong-royongselainnilaipendidikankarakternilaimuatanlokaljugaterdapatdalamkeseniantariKiprahGlipangsepertisenibudaya.Berdasarkanpenelitianiniterdapatbeberapasarankepadaberbagaipihak1)BagipemerintahanKabupatenProbolinggodiharapkanagarlebihseriusdalammengesahkanhakpatententangkesenianKiprahGlipangsebagaikeseniankhasmasyarakatKabupatenProbolinggo2)BagimasyarakatDesaPendilagarkeikutsertaandalammenjagamelestarikanmemperkenalkankesenianTariKiprahGlipanginisebagaikeseniankhasMasyarakatKabupatenProbolinggo3)BagipenelitiselanjutnyaagarbisamengupastentangKonflikyangterjadiantaraKesenianKiprahGlipangKabupatenProbolinggodengankesenianGlipangLumajang.