Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI Program IPS 1 SMAN 7 Kediri / Elisa Vibriana Sari

Main Author: Sari, Elisa Vibriana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54835/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSariElisaVibriana.2015.PenerapanPembelajaranKooperatifModelTGT(TeamsGamesTournament)untukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswapadaMatapelajaranSejarahKelasXIProgramIPS1SMAN7Kediri.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MashuriM.Hum.(II)Drs.SlametSujudPurnawanJatiM.Hum.KataKuncipembelajarankooperatifTGTsejarahmotivasi.SMAN7KedirimerupakansalahsatusekolahfavoritdiKotaKedirinamundalamkegiatanpembelajarannyalebihbanyakmenggunakanmetodeklasikyaituceramahkhususnyapadamatapelajaransejarah.Gurucenderungmenjadipusatpembelajaransedangkansiswadudukdiammendengarkanmateriyangdisampaikanguru.Siswamenjaditidakaktifdalambelajardankesulitanmenjawabpertanyaanyangdiberikangurukarenaselamakegiatanbelajartidakmengikutidenganbaik.Halinimenjadikansiswamerasajenuhdalammengikutikegiatanbelajarpadamatapelajaransejarahsehinggasiswamemilihuntuktidurataumelakukankegiatansendiridikelas.Olehkarenaituperluadanyaalternatifmodelpembelajaranyangditerapkandikelas.BerkaitandenganitumakadiperlukanpembahasanmengenaipembelajarankooperatifmodelTGT(TeamsGamesTournament)untukmeningkatkanmotivasisiswapadamatapelajaransejarah.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipelaksanaanpembelajarankooperatifmodelTGTdanuntukmengetahuimotivasisiswasetelahditerapkannyapembelajarankooperatifmodelTGTpadamatapelajaransejarahdikelasXIIPS1SMAN7Kediri.JenispenelitianyangdigunakanadalahjenisPenelitianTindakanKelas.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadiperolehdarilembarobservasicatatanlapanganwawancaradanangket.PenelitiandilaksanakandikelasXIIPS1SMAN7Kediridenganjumlah38siswapadamateriRevolusiPerancisAmerikadanRusia.Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehduakesimpulansebagaiberikut.PertamapelaksanaanpembelajarankooperatifmodelTGTpadapenelitianiniterdiridariduasiklus.Padasiklus1pembelajarandikelasdapatdikatakanlancarmeskipunadakendalasepertisiswagaduhdankurangtertib.Padasiklus2kondisikelassudahtertibdanlancartanpaadakendala.KeduapenerapanpembelajarankooperatifmodelTGTterbuktidapatmeningkatkanmotivasibelajarsejarahsiswakelasXIIPS1SMAN7Kediri.SebelumadanyatindakanTGTrata-rataskormotivasibelajarsiswasebesar735dengankategorikurang.Kemudiansetelahpelaksanaansiklus1menunjukkanrata-rataskormotivasisiswasebesar1188dengankategoribaik.Setelahpelaksanaansiklus2menunjukkanrata-rataskormotivasisiswa1248dengankategoribaik.Peningkatanrata-rataskormotivasibelajarsiswadarisebelumtindakanTGTkesiklus1sebesar453atau6163%sedangkandarisiklus1kesiklus2sebesar6atau505%.