Pesan moral edukatif relief di Mandala Kadewaguruan pada situs Jawar di Ampel Gading, Malang masa Majapahit (abad XIV-XV Masehi) / Aang Pambudi Nugroho

Main Author: Nugroho, Aang Pambudi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54834/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNugrohoAangPambudi.2014.PesanMoralEdukatifReliefdiMa77517693alaKadewaguruanpadaSitusJawardiAmpelGadingMalangMasaMajapahit(AbadXIV-XVMasehi).SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SlametSujudPurnawanJatiM.Hum(II)Drs.DewaAgungGedeAgungM.Hum.KataKuncimoraledukatifreliefma77517693alakadewaguruanPenelitianinidilatariolehpermasalahanadanyagejala-gejaladegradasimoralsebagaidampaknegatifdarieraglobalisasi.Halitumerupakanpermasalahanbudayadankarakterbangsa.Olehkarenaitudiperlukanadanyapendidikanmoralyangbersumberpadanilai-nilaibudayasalahsatunyadarisebuahreliefyangterpahatdibangunanma77517693alakadewaguruanpadaSitusJawarsebagaitempatpendidikankeagamaanpadamasaJawaKuno.Permasalahanyangditelitiadalah(1)rekonstruksibentukdanfungsiSitusJawar(2)isiceritareliefyangterdapatpadabagiankakipendapaterasdiSitusJawardan(3)pesanmoraledukatifyangterdapatpadareliefdibagiankakipendapaterasdiSitusJawar.Tujuanpenelitianiniadalah(1)merekonstruksibentukdanfungsiSitusJawar(2)mendeskripsikanisiceritareliefyangterdapatpadabagiankakipendapaterasdiSitusJawardan(3)menjelaskanpesanmoraledukatifyangterdapatpadareliefdibagiankakipendapaterasdiSitusJawar.JenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptifdenganmenggunakanpendekatankualitatifuntukmemberikangambaranyangsistematisdanobjektiftentangSitusJawaryangditeliti.Pengumpulandatadilakukandengancaraobservasistudikepustakaandanwawancara.Sumberdataprimerdalampenelitianiniberupasumberdataartefaktualdantekstualsedangkansumberdatasekundernyaberupasumberdataekofaktual.Kegiatananalisisdataterdiridarianalisismorfologistilistikdankontekstual.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehtigabuahkesimpulansebagaiberikut.PertamaSitusJawarmerupakankomplekspercandianyangberadadilerengbukitberfungsisebagaitempatpendidikankeagamaandanpemujaan.KeduaisiceritareliefyangterdapatpadabagiankakibangunanpendapaterasSitusJawaryaitutentangceritabinatangsebagaivisualisasidariajarankesusilaan.ReliefceritabinatangyangterpahatkanantaralaintentangburungbangauyangmenipuikanKinnarayangsetiagagakdanularyanginginmembunuhseorangbrahmanaduaanjingyanglarimemangsakura-kurakerayangmerusaksarangburungmanyartokohPatihSerigalaSambadayangsukamengadudombaularhitamyangmenipurajakatakdanRajaAridarmayangpatuhkepadaajarangurunya.Selainitujugaadamotifbungaterataimekarsebagaisimbolkesuciandankesusilaansertamotifgulungikaldandaunsebagaiornamenhias.Ketigapesanmoraledukatifyangterdapatpadarelief-reliefdibagiankakipendapaterasSitusJawarlebihberhubungandenganajarankesusilaanmasaJawaKunoyangterdiridarisepuluhmacamataudisebutdenganajaranda347a347ilaterdiridariahi331s257(tidakmembunuhataumelakukankekerasan)brahmacarya(mempraktikkanajaransuci)sayta(setiatulusdanjujur)awyawah257rika(tidakikutcampurdalamperkara)astainya(tidakmencuri)akrodha(tidakmarah)guru347u347r3637779a(kepatuhanterhadapguru)347oca(kesucian)257h257ral257ghawa(tidakmenipu)apram257da(tidakmabuk).Sarandaripenulisadalahdiharapkanadanyapenelitian-penelitianlainyangberfokuspadanilai-nilaibudayayangterkandungpadasebuahtinggalanarkeologikhususnyamengenaipesanmoraledukatifyangselanjutnyadapatdikorelasikandengankurikulumpendidikan.Halinibertujuansebagaiupayadalammengatasidegradasimoraldieraglobalisasipadamasadewasaini.