Perkembangan komunitas homeschooling sekolah dolan sebagai pendidikan alternatif di Kota Malang tahun 2006-2013 / Laras Indah Sari

Main Author: Sari, Laras Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54811/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSari.LarasIndah.2014.PerkembanganKomunitasHomeschoolingSekolahDolansebagaiPendidikanAlternatifdiKotaMalangTahun2006-2013.SkripsiProdiPendidikanSejarahJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing1).Drs.IWayanLegawaM.Si2).Drs.MarsudiM.HumKataKunciKomunitasHomeschoolingSekolahDolanPendidikanAlternatifKomunitashomeschoolingSekolahDolanmerupakankomunitashomeschoolingyangberadadiPerumVillaBukitTidarA2-156MerjosariMalang.KomunitashomeschoolingSekolahDolandidirikansebagaisalahsatualternatifpendidikanyangdapatdilakukanolehorangtuaagaranaknyatetapdapatmengenyampendidikanmeskipunbukandisekolahformalkarenaaktivitasyangdilakukandiluarkegiatanakademikselainitujugadikarenakanagaranak-anakyangmempunyaimasalahdengansekolahformaltetapdapatmelanjutkanpendidikannya.KotaMalangsebagaikotayangdianggapberkembangmenjadikotabesarmemilikimasalahyangsamadengankotalainyangmulaimelirikhomeschoolingsebagaialternatifpendidikanyangdapatdilakukanbagianak-anaknya.Adapunrumusanmasalahterkaitpenelitianiniyaitu(1)BagaimanakahlatarbelakangberdirinyaSekolahDolansebagaipendidikanalternatifberbasishomeschoolingdiKotaMalang(2)BagaimanakahperkembanganakademikpendidikanberbasishomeschoolingdiKomunitasHomeschoolingSekolahDolandiKotaMalangtahun2006-2013.PenelitianinidilakukanuntukmendeskripsikanlatarbelakangberidirinyakomunitashomeschoolingSekolahDolandanperkembanganakademikpendidikanberbasishomeschoolingKomunitasHomeschoolingSekolahDolandiKotaMalangTahun2006-2013.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitiandeskriptif.PenelitianinidilakukandengancaramelakukanobservasidiKomunitasHomeschoolingSekolahDolanwawancaraterhadapnarasumberyaituwargaSekolahDolanbaiksiswatutormastercampmaupunorangtuasiswadandokumentasimengenaikegiatanbelajaryangdilakukandiKomunitashomeschoolingSekolahDolansehinggadapatdiperolehtemuan-temuanpenelitian.Berdasarkanpenelitianyangtelahdilakukanmakadiperolehhasilberikut1)SekolahDolandibentukuntukmelayanikebutuhananak-anakyangmerasatidaknyamanbelajardisekolahformaldanmempunyaipermasalahanketikabelajardisekolahformalbaikdengansesamasiswaatauwargasekolahformallainnya.(2)SekolahDolanmelakukan3programpendampinganbelajarsebagaiprogramnyayaituhomevisitcommunityvisitdandistancelearning.SekolahDolanmenggunakankurikulumdiknassebagaiacuandalamkegiatanbelajarnya.MatapelajaranyangdiikutiolehhomeschoolerdisesuaikandengankurikulumdiknasbaikitusiswasetaraSDSMPmaupunSMA.SistempembelajaranyangbersifatklasikaltidakdipergunakandiSekolahDolan.SekolahDolanmenggunakansetidaknya2sistempendekatanbelajardalamkegiatanbelajarnya.TheMontessoriApproachdanUnitStudiesApproachmerupakanpendekatanyangdigunakandalamkegiatanbelajardiSekolahDolan.SekolahDolanadalahlembagayangdapatmengikutkansiswanyadalamujiankesetaraan.UjiankesetaraaninidapatdiikutiSekolahDolandenganbekerjasamadenganPKBMatauPLS.PenelitianmengenaiKomunitasHomeschoolingSekolahDolandiharapkandapatmenambahpengetahuanbagimasyarakatmengenaikeberadaankomunitashomeschoolingsebagaisalahsatubentukpendidikanalternatf.SekolahDolansebagaipendidikanalternatifdiharapkandapatmeningkatkankinerjanyasertamemperbaikikualitaspembelajaranyangdilaksanakan.