Motivasi santri baru tahun ajaran 2014/2015 memilih Madrasah Diniyah Salafiyah Mamba'ul Hikam di Kelurahan Botoran Kabupaten Tulungagung sebagai tempat pembelajaran agama Islam / Maria Ulfa Fitriani
Main Author: | Fitriani, Maria Ulfa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54804/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFitrianiMariaUlfa.2015.MotivasiSantriBaruTahunAjaran2014/2015MemilihMadrasahDiniyahSalafiyahMambaulHikamDiKelurahanBotoranKabupatenTulungagungSebagaiTempatPembelajaranAgamaIslam.Skripsi.JurusanSejarah.FakultasIlmuSosial.FakultasIlmuSosial.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SitiMalikhahTowafMA.Ph.D(2)Dra.YuliatiM.Hum.KataKunciMotivasiSantriMemilihMadrasahDiniyahMambaulHikamBotoranSeiringdenganpekembanganpendidikanagamaIslambanyaklembagapemerintahmaupunswastamembukapengajaranagamaIslamsekaligusdenganpelajaranumumdidalamnya.Halinidianggaplebihefisiensehinggasiswatelahmendapatkanbekalagamadisekolahformal.AkantetapiMadrasahMMHtetapkonsistendengankonsepMadrasahDiniyahyanghanyamengajarkankitabklasikagamaIslamsejaktahun1960danmasihmendapatkankepercayaanolehmasyarakatKabupatenTulungagung.Terlebihlagimadrasahinimerupakansatu-satunyamadrasahdiniyahpercontohanse-KabupatenTulungagung.TingginyamotivasisantriyangmenginginkanbelajarpadaMadrasahMMHdapatdilihatdarijumlahsantrinyayaitusebanyak1242santri.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)mendeskripsikansejarahperkembanganMadrasahDiniyahSalafiyahMambaulHikamdiKelurahanBotoranTulungagung(2)mendeskripsikanpelaksanaanpendidikanpadaMadrasahDiniyahSalafiyahMambaulHikamBotoranTulungagung(3)mendeskripsikanmotivasisantrimenjadimuridpadaMadrasahDiniyahSalafiyahMambaulHikamBotoranTulungagung.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Pengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaradankajiandokumen.ObjekpenelitianadalahsantriMadrasahDiniyahSalafiyahMambaulHikamkelas1AWusthosampai1DWusthotahunajaran2014/2015.Teknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahanalisisdatasebelumdilapangandananalisisselamadilapanganyangterdiridarireduksidatapenyajiandata(displaydata)dankesimpulanatauverifikasi.BerdasarkanhasilpenelitiandiperolehbahwaMadrasahDiniyahSalafiyahMambaulHikamdidirikanpadatahun1960.Kurikulumyangdigunakanadalahkurikulumlokaldengansistemklasikal.Sistemevaluasiyangditerapkansecarakeseluruhanmelalui2tahapyaituteshariandantessemesteryangdilaporkandalambentukrapot.MadrasahdiniyahinijugamenyelenggarakanwisudabagisantriyangtelahselesaimenempuhpendidikanagamaIslam.Padasetiapharinyasantrihanyamempelajari1matapelajaranyangdimulaipadapukul16.00-17.00untuksantriulladanpukul19.00-20.00untuksantriwusthodanulya.MotivasisantrimemilihMadrasahDiniyahSalafiyahMambaulHikamdigolongkanmenjadi2yangpertamadipengaruhiolehfaktorintrinsikyaituinginmendalamiilmuagamaIslamkarenakebutuhandirisendiridankerenaadanyaperubahansifatsetelahbelajaragamaIslam.KeduadipengaruhifaktorekstrinsikyaitudekatdenganrumahmutupendidikandorongandariorangtuaajakandaritemansarandarigurusarandarisaudarasebagaipendampingpendidikanagamaIslamdisekolahumum.Kendalayangdihadapiadalahkondisikelasyangtidakkondusifkesulitanmemahamipelajarancuacayangtidakmenentujauhnyajarakrumahdenganmadrasahkarenasulitmembagiwaktu.SaranuntukpenelitianselanjutnyadapatmengembangkanpenulisandanmengkajilebihdalammengenaiMadrasahDiniyahSalafiyahMambaulHikamdengantemayangberbedasepertisejarahperkembanganmadrasahsecaralebihmendalamperanmadrasahdalamkontribusinyamengajarkanpendidikanagamaIslamdiDesaBotorandanlainnya.