Strategi pendidikan Tjokroaminoto dalam rumah kost Soeharsikin Surabaya (1912-1922) / Rintahani Johan Pradana

Main Author: Pradana, Rintahani Johan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54698/
Daftar Isi:
  • PradanaRintahaniJohan.2014.StrategiPendidikanTjokroaminotodalamRumahKostSoeharsikindiSurabaya(1912-1922).SkripsiProgramStudiPendidikanSejarahJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AriSaptoM.Hum.(II)Dr.R.RezaHudiyantoM.Hum.KataKuncistrategipendidikankeluargarumahkostTjokroaminoto.12288122881228812288Pendidikanadalahprosesawaldarisebuahusahauntukmenumbuhkankesadaransosialpadasetiapmanusiasebagaipelakusejarah.Kesadaransosialhanyabisadicapaiapabilaseseorangmampumembacarealitasduniadisekitarnya.Tujuanyangingindicapaidalampendidikanadalahsebuahtatanankehidupanberbangsayangmengandungnilai-nilaikecerdasankepekaandankepeduliandapatdisinergikansertadibangundenganbaik.Keluargalembagaformaldanlembaganon-formalmerupakanpihak-pihakyangdiharapkanmampumenjalankanperannyasebagailembagapendidikandenganbaik.12288122881228812288Penelitianiniberusahamencarijawabanataspertanyaan(1)mengapakeluargaTjokroaminotomembukarumahnyamenjaditempatkost(2)bagaimanastrategipendidikanTjokroaminotountukmembangunkesadarankebangsaandalampemikirananakkost(3)bagaimanapengaruhdariprosespembangunankesadaranyangdilakukanolehTjokroaminototerhadappolapemikirandanaktivitasanakkost12288122881228812288TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuilatarbelakangTjokroaminotomembukarumahnyauntukdijadikantempatkost..TujuankeduaadalahuntukmengetahuistrategipendidikanTjokroaminotodalammembangunkesadarankebangsaandalampemikirananak-anakkost.TujuanketigaadalahuntukmengetahuipengaruhstrategipendidikanyangditerapkanolehTjokroaminototerhadappolapikirparaanakkost.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiansejarah.Berdasarpadametodepenelitiansejarahmakaterdapatbeberapalangkahdalamoperasionalnya.Langkah-langkahdalampenelitiansejarahsebagaiberikut(1)pemilihantopik(2)pengumpulansumber(3)verifikasi(4)interpretasidan(5)penulisan.12288122881228812288Hasilpenelitianiniadalah(1)TjokroaminotodanisterinyamembukarumahnyasebagaitempatkostuntukmenambahpemasukanrumahtanggamembantupelajardananggotaSarekatIslamdiSurabayadanmenggalangmassamelaluikegiatandiskusi.(2)Tjokroaminotomenerapkanstrategipendidikanbagianakkostnyadalambentuk(a)penanamankedisiplinan(b)penanamannilai-nilaireligi(c)penanamannilai-nilaiestetis(d)penanamankesadarankebangsaandan(e)penanamannilai-nilaietisdalamsosialisme.StrategiyangditerapkanolehTjokroaminotokemudianmempengaruhipemikirandanaktivitasanak-anakkostnyaseperti(a)pemahamantentangislam(b)kesadarankebangsaan(c)perasaansosial(d)aktifdalamorganisasipergerakan(e)aktifdalamduniapenulisandan(f)pidato.12288122881228812288Berdasarpenelitianinipenelitimemberisarankepadaorangtuadangurusebagaipendidikuntukmenjalankanperansebagaipemberitauladanmoraldanmenanamkannilai-nilaiuntukmemperkuatperannyadalammendidikseoranganak.KepadapenelitiselanjutnyakiranyadapatmemfokuskanpenelitianpadawacanayangberkembangdalamrumahkostTjokroaminoto.Buku-bukuyangmenjadibacaandalamrumahTjokroaminotodankemudianmempengaruhipolapemikirandantindakanparapelajarmenjadibahasanyangmenarikuntukdikaji.