Kompetensi profesional guru mata pelajaran sejarah pasca sertifikasi (studi kasus tiga guru mata pelajaran sejarah SMA Negeri di Kabupaten Trenggalek) / Ferika Artanto
Main Author: | Artanto, Ferika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54676/ |
Daftar Isi:
- ArtantoFerika.2013.KompetensiProfesionalGuruMataPelajaranSejarahPascaSertifikasi(StudiKasusTigaGuruMataPelajaranSejarahSMANegeridiKabupatenTrnggalek).SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.HariyonoM.Pd(II)Drs.MashuriM.Hum.KataKuncisertifikasigurukompetensiprofesionalgurugurumatapelajaransejarahSertifikasiguruyangbertujuanmeningkatkankualitasgurudiharapkanbukanhanyamenjadicarayangdilakukanolehguruuntukmeningkatkankesejahteraandenganmengesampingkanpeningkatankompetensiprofesionalmerekadalammengajar.Guruharusbisamembuktikanbahwadenganadanyasertifikasigurumenjadilebihbaiklagiterlebihlagiguruyangtersertifikasisekarangmenjadisorotandimasyarakatdenganpeningkatankesejahteraanmereka.Berdasarkanlatarbelakangmasalahyangdibahasdalampenelitianiniyaitu(1)kompetensiprofesionaltigagurumatapelajaransejarahSMANpascasertifikasidiKabupatenTrenggalek(2)hambatanyangdihadapiolehtigagurumatapelajaransejarahSMANtersertifikasidalammembangunkompetensiprofesionalgurusejarahSMAdiKabupatenTrenggalek(3)pemanfaatantunjangansertifikasiyangditerimaolehtigagurumatapelajaransejarahSMANdiKabupatenTrenggalek.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianyangdigunakanadalahjenispenelitianstudikasus.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikwawancaradanobservasi.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataberupainstrumenmanusiayaitupenelitisendiri.AdapunsubyekpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahIrwantoS.PdbeliaugurusejarahSMAN1TrenggalekMaryonoS.PdM.PdbeliaumerupakangurusejarahSMAN2TrenggalekMuthiatullailiyahS.PdbeliaugurusejarahSMAN1Karangan.Kegiatananalisisuntukdatakualitatifdianalisisdenganmenggunakanjawabandarisubyekpenelitianyaituguru.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehkesimpulansebagaiberikut.Komepetensiprofesionalgurumatapelajaransejarahpascasertifikasiadalahsebagaiberikutdalampenguasaanmaterigurusudahbaikpemanfaatanbukurujukanyangrelevansangatpentingdalampenguasaanmateritidakhanyadibatasidariketersediaanbukudarisekolahataupunbukupenunjangyangada.Tetapimemanfaatkanjugadaribuku-bukulainyangrelevandenganmateri.Penggunaanmetodepembelajarandidalamkelasgurumenggunakanmetodepembelajaranyangbervariasi.HalinididukungolehRPPdanpengamatanlapangansertaangketsiswa.PendayagunaanmediabelajarcukupberagamuntukmenunjangprosesbelajarmengajarbisamenggunakansaranaperpustakaansekolahfasilitasinhternetsekolahyangbisamemanfaatkanwifiataupunlaboratoriumkomputerdanpemanfaatanLCDdalammemperlancarKBMdikelas.KegiatanrefleksiyangdilakukanberupakegiatanMGMPSejarahyangdilaksanakansetiaphariJumatdiSMAN1Trenggalek.Untukkegiatanlainberupaworkshopseminarataupunpelatihan.HambatanyangdialamiolehgurudalammembangunkompetensiprofesionalguruterletakpadakegiatanseminaryangmerupakansaranapenambahwawasangurutempatpenyelenggaraannyajauhdariTrenggalek.Pemanfaatandanatunjangansertifikasigurumembelialatyangdapatdigunakanuntukmembantuprosesbelajarmengajar.Sepertihalnyalaptopyangbisadigunakanuntukmengajardidalamkelasjugadapatjugadigunakanuntukmencarirujukanyangrelevanmelaluiinternet.Berdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandenganjuduldisarankanuntukpenelitiselanjutnyamelakukanpenelitianpadakompetensiguruyanglainsepertikompetensipedagogikkompetensikepribadiandankompetensisosialsertadengansubyekpenelitianyanglebihbanyaksehinggadapatdiketahuidampaksecaraluasdarisertifikasiguruterhadapstandarkompetensiprofesionalgurumatapelajaransejarah.