Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sejarah untuk meningkatkan profesionalisme guru SMA di Kota Batu / Ilham Mahmud
Main Author: | Mahmud, Ilham |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54618/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMGMPSejarahKegiatanMGMPProfesionalismeGuruMGMPsejarahKotaBatusudahadasejaktahun2002bersamaandenganberdirinyaKotaBatu.DalamperkembangannyaMGMPsejarahinimengalamipasangsurutdalammelakukanberbagaimacamkegiatan.BerbagaimacamalasanyangmenyebabkanMGMPkurangberjalansecaramaksimalmulaidarimasalahpendanaankarenatidakpernahmendapatdanaBlockGrantdariP4TKdanLPMPkesulitanmengaturjadwalpertemuandankurangnyadukungandariberbagaimacampihak.Permasalahandalampenelitianiniadalah1)BagaimanakahpenjadwalankegiatanyangditanganiolehMGMPsejarahKotaBatu2)KegiatanapasajayangdilakukanolehMGMPsejarahdalamupayameningkatkanprofesionalismeguruSMAdiKotaBatu3)BagaimanakahperandariDinasPendidikandalampengembanganMGMPsejarahKotaBatu.Tujuandaripenelitianiniadalah1)MendeskripsikanpenjadwalankegiatanyangditanganiolehMGMPsejarahKotaBatu2)Mendeskripsikankegiatan-kegiatanyangdilakukanolehMGMPsejarahdalamupayameningkatkanprofesionalismeguruSMAdiKotaBatu3)MendeskripsikanperandariDinasPendidikandalampengembanganMGMPsejarahKotaBatu.Metodepenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodepenelitiankualitatifyangbersifatdeskriptif.DaripenelitianmenunjukkanbahwaMGMPsejarahKotaBatutidakmampumengaturjadwalkegiatanyangefektifsehinggamengakibatkankegiatan-kegiatanMGMPselamainikurangberjalansecaramaksimal.JadwalkegiatanMGMPharusmenyesuaikanjadwaldarimasing-masingsekolah.Halinikurangbenarjadwalmasing-masingsekolahyangseharusnyamenyesuaikandenganjadwalMGMPbukanmalahkebalikannya.PenelitianinimenunjukkanbahwaMGMPsejarahKotaBatudalammelakukankegiatan-kegiatanmasihbelummaksimalkarena(1)Sejaktahun2002sampaisekarangkegiatannyamasihbelumrutinkadangaktiftapikadangjugakurangaktifmisalnyasajadalamduatahuniniterjadikevakumankegiatan(2)DalampelaksanaannyakegiatanMGMPtidakberjalansesuaidenganjadwalyangadasehinggapertemuannyamasihbersifatinsidental.KondisisepertiiniharussegeradiatasiagarMGMPsejarahaktifkembalisepertidulusehinggatujuandariMGMPyaknimeningkatkanprofesionalismegurusegeratercapai.DinaspendidikanselamainiterkesanmasihkurangberperandalampengembanganMGMPsejarahKotaBatu.DinasPendidikanseakan-akankurangmempedulikanMGMPsejarahselamainitidakpernahmengecekataupunmemintalaporanhasildarikegiatanMGMPyangpernahdilakukan.DiharapkanuntukkedepannyaantarapihakDinasPendidikandanMGMPsejarahterjadisalingkomunikasiyangberkelanjutanagarMGMPterusaktifdandapatmeningkatkanprofesionalismeguru.