Perkembangan kurikulum pendidikan Pondok Pesantren Wali Barokah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Burengan Kediri (1951-2011) / Nani Sri Hastuti

Main Author: Hastuti, Nani Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54612/
Daftar Isi:
  • KataKunciKurikulumPendidikanPondokPesantren.PondokPesantrenWaliBarokahadalahpondokpesantrentradisionalsekaligusmerupakanpondokpesantrenbesardariorganisasiLDII(LembagaDakwahIslamIndonesia)terletakdisebagianKelurahanBurengandansebagiandiKelurahanBanjaranKotaKediri.KehadiranPesantrenWaliBarokahtelahmampumencetakparadai/mubalighyangdibutuhkanmasyarakatdalammeningkatkanketaqwaannyapadaAllohSWT.DengandibangunnyamenaraAsmaulHusnayangtingginya99meterdengankubahberlapisemasseberat60kgsehinggakeberadaanPesantrenWaliBarokahjugamenjadiicontersendiribagiKotaKediri.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalyangmencakuppertumbuhandanperkembangankurikulumpendidikanPondokPesantrenWaliBarokahantarakurunwaktu1951-2011.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiansejarah(historicalresearch)bidangkajiansejarahpendidikan.Tahapankegiatanyangtercakupdalampenelitianiniyaitupemilihantopikheuristikkritikinterpretasidanhistoriografi.Pengumpulandatadilakukandenganwawancaraobservasidandokumentasi.Untukmenjagakevalidandatadilakukandengankegiatankritiksumberdanketekunanpengamatan.Kegiataninterpretasidilaksanakansaattelahmemperolehdata.Denganhistoriografiyangbersifatdeskriptifnaratifdananalisisdiharapkandapatmenghasilkanpenulisansejarahyanglebihnaratifdananalitis.Daripenelitianinidiperolehdiperolehlimakesimpulansebagaiberikut.PertamapendirianYayasanWaliBarokahdiawalipadatahun1950olehKH.NurhasanAlUbaidah.Padakurunwaktu1951-1972materipelajarannyadariAl-Qurandanhimpunankitab.Himpunankitabdiambildarinukilan/petikandariAl-QurandanAl-HadistantaralainKitabusSholah(kitabtentangshalat)KitabusSholatinNawafil(kitabtentangshalat-shalatsunnah)KitabulIlmi(kitabtentangwajibnyamencariilmu)danKitabudDaawat(kitabtentangdoa-doa).Keduatahun1972pondokpesantrendiserahkankepadaLembagaKaryawanIndonesia(Lemkari)namapondokpesantrenmenjadiPondokPesantrenLemkariBurenganBanjaranKediri.Padatahun1990LemkaribergantinamamenjadiLembagaDakwahIslamIndonesia(LDII)namapondokpesantrenmenjadiPondokPesantrenLembagaDakwahIslamBurenganBanjaranKediri.Akhirnyaditahun2010adapemandirianpondokpesantrendibawahnaunganYayasanWaliBarokahdengantetapbekerjasamadenganorganisasiLDIIdalamforumkomunikasiorganisasiLDII.KetigaSetelahpondokpesantrendikelolaolehorganisasiLemkariataupunLDIImateriyangdiajarkantidaklagipadamateriagamasaja(Al-QurandaniihimpunankitabAl-Hadist)tetapijugasudahdiajarkanilmupengetahuanumumyaituPedomanPenghayatandanPengamalanPancasila(P4)wawasankebangsaanolahragaakuntansimanajemenkomputerPKKdanpenambahanmateriilmualatsepertinahwushoroftingkatlanjutdanqiroatussabah.KeempatseiringdenganperkembanganjamanmaterihimpunanAl-HadistsebagaimateripembelajarandipondokpesantrensemakinbertambahantaralainKitabulAdab(kitabtentangbudipekerti)KitabusSifatiJannawaNar(kitabtentangkeadaansurgadanneraka)KitabulAhkam(kitabtentanghukum-hukumagamaIslam)KitabulJanaiz(kitabtentangjenazah)KitabulAdillah(kitabtentangdalil-dalil)KitabusShoum(kitabtentangpuasa)KitabulJihad(Kitabtentangcerita-ceritaperjuanganumatIslamjamannabi)KitabulHajji(kitabtentangdalil-dalilhaji)KitabulManasikilHajji(kitabtentangtatacarahaji)danKanzilUmal(kitabtentangkepemimpinandantatacaramembinaumatIslammenurutNabi).KeseluruhanhimpunankitabtersebutdipetikdariAl-QurandanKutubushitah.KelimakurikulumdiPondokPesantrenWaliBarokahadaempattahapanyaitu1)tahappersiapanmasukpadakelaspegondankelasbacaan2)tahappembekalantermasukpadakelasmaknalambatankelasmaknacepatandankelastambahan3)tahappelatihantermasukpadakelasujiandankelaspenerapan4)tahappeningkatankeahlian/keilmuanyaituhalaqohkhusushalaqohumumdanpemberianbeasiswadidalamnegeridanluarnegeri(bagiyangungguldanberprestasi)