Pengembangan media slide pembelajaran sejarah dan quiz team pada materi pergerakan kebangsaan Indonesia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 21 Malang / Silviany Ayu Siti Fatimah
Main Author: | Fatimah, Silviany Ayu Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54606/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimediapembelajaranquizteamPowerPointmotivasihasilbelajarGuruprofesionalharusmemilikikemampuanmemanfaatkanteknologiun-tukmeningkatkankualitaspembelajaran.Salah-satunyadenganmenggunakanmediapembelajaranbeprogramPowerPoint.MenuruthasilobservasidiSMPN21MalangsaranadanprasaranauntukpembelajaransejarahmenggunakanPowerPointsudahmemadainamunsiswakelasVIIImemilikimotivasirendahdansebagianbesarmemperolehnilaidibawahSKM.SalahsatualasannyakarenaketerbatasanpengetahuangurusejarahdalammengembangkanmediapembelajaranberprogramPowerPoint.OlehkarenaitulahdilakukanpenelitiandanpengembanganmediapembelajaranberprogramPowerPointyanginovatifdaninteraktifgunameningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Rumusanmasalahdalampenelitiandanpengembanganiniyaitu1)bagaimanapengembanganprodukmediaslidepembelajaransejarahdanquizteamberprogramPowerPoint20102)bagaimanapenerapanpengembanganmediaslidepembelajaransejarahdanquizteamberprogramPowerPoint2010dan3)bagaimanamotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPN21MalangdenganmenggunakanmediaslidepembelajaransejarahdanquizteamberprogramPowerPoint2010padamateripergerakankebangsaanIndonesia.MetodeyangdigunakanadalahmetodepenelitiandanpengembanganyangdiadaptasidariSadimandanSukmadinatayaitustudipendahuluananalisiskebutuhanperumusantujuanperumusanmateriperumusanevaluasidesainmediaproduksipetunjukpenggunaanvalidasiprodukdanujicobaproduk.Validasiprodukdivalidasiolehahlimateridanahlimediasedangkanujicobaprodukterdiridariujicobaperseorangankelompokkecildanlapangan.Ketigasubjekujicobainidigunakanuntukmenilaimediadanmotivasimelaluiangketsertamengukurhasilbelajarmelaluipengujiansoalpretestdanposttest.Hasilpenelitianmenyatakanbahwamediapembelajaraninimendapatkanpersentase8893%(valid)dariahlimateridan7781%(cukupvalid)dariahlimediasedangkanpenilaiansiswaterhadapmediamendapatkanpersentase9379%(valid)darisiswaujicobakelompokkecildan91636%(valid)darisiswaujicobalapangan.Untukhasilmotivasimengalamipeningkatansebesar26412%yangpadaawalnya551%dengankategorisedangmenjadi81512%dengankategoritinggi.Mediapembelajaranterbuktimampumeningkatkanhasilbelajarsiswa.Padaujicobalapanganmenunjukkanbahwat(hitung)t(tabel)yaitu1508204.Saranbagipenelitiselanjutnyaadalahsupayamendesaintutorialpembuatanmediapembelajarankarenaakanmembantuparagurumaupunpemulauntukmembuatdanmengembangkanmediapembelajaranyanginovatif.