Pengaruh penggunaan media pembelajaran film dokumenter pada mata pelajaran IPS Sejarah terhadap minat belajar siswa kelas 8 SMPN 13 Malang / Varida Triana Sari
Main Author: | Sari, Varida Triana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54596/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMediaPembelajaranFilmDokumenterMinatbelajar.Mediapembelajaranmerupakanbagianpentingdalamsuatuprosespembelajaran.Denganmediapembelajaranyanginovatifkreatifdanmenyenangkanpastiakanmampumenumbuhkanminatbelajarsiswa.Sebaliknyajikamediayangdipakaidalamsuatuprosespembelajarankurangmenarikpastisiswaakanmerasajenuhbosandantidakbersemangatdalammengikutiprosespembelajaran.Gurusebagaiujungtombakdalamsuatuprosespembelajarandituntutuntukmampumenciptakansuasanabelajaryangmenyenangkanmelaluimediapembelajaranyangaktifkreatifdaninovatif.TujuanpenelitianiniuntukmengetahuibagaimanaminatbelajarsiswadiSMPN13MalangterhadapmatapelajaranIPSSejarahdanbagaimanapengaruhpenggunaanmediapembelajaranberupafilmdokumenterpadamatapelajaranIPSSejarahdiSMPN13Malangsebagaitempatpenelitian.RancanganpenelitianyangdigunakanmixedMethodsdengandesainEksploratoryjenisExploratoryDesignInstrumentDevelopmentModel(QUANEmphasized).Sampeldalampenelitianiniadalahsiswakelas8Bdan8DsemesterduaSMPN13Malangberjumlah76siswayangdiambildenganteknikPurposiveRandomSampling.penelitianinidiawalidenganmelakukanpendekatankualitatifmelaluiobservasilapangankemudianmelakukanpengembanganinstrumendenganmembuatfilmdokumenterdilanjutkanpenelitianmelaluipenyebaranangketminatbelajardanmemperolehdatakuantitatifyangakandianalisisdenganmetodePosttest-OnlyControlDesaignuntukmengetahuiperbedaanyangsignifikanantarakelompokeksperimenyaknipembelajarandenganmediafilmdokumenterdankelompokkontrolpembelajarantanpamenggunakanmediafilmdokumenter.Berdasarkanpenelitiandiatasdiperolehduahasilpenelitianyaknisebagaiberikut.Pertama.MinatbelajarsiswaterhadapmatapelajaranIPSsejarahmasihtergolongrendah.Halinidapatdiketahuimelaluihasilwawancaradengan18siswadanseoranggurudiSMPN13Malang.Dari18siswahanya4siswayangmenyukaipelajaranIPSsejarah.Dalamprosespembelajarandikelashanya65%siswayangberkonsentrasipadapelajaran.Keduaterdapatperbedaanminatbelajarsiswaantarakelaseksperimendankelaskontroldarihasiluji-tyangdilakukandiperolehthitungsebesar3481danttabelsebesar1666.thitunglebihbesardarittabelsehinggaHoditolakdanHaditerimamakaadaperbedaanyangsignifikanantaraminatbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmediafilmdokumenterdantidakmenggunakanmediafilmdokumenterpadapembelajaranIPSSejarah.DengandemikiandisarankandiadakanpenelitiansejenisdenganpemanfaatanmediafilmdokumenteryanglebihkreatifinovatifuntukmenumbuhkanminatbelajarIPSsejarahpadasiswa.