Pengaruh penggunaan media pembelajaran film dokumenter pada mata pelajaran IPS Sejarah terhadap minat belajar siswa kelas 8 SMPN 13 Malang / Varida Triana Sari

Main Author: Sari, Varida Triana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54596/
Daftar Isi:
  • KataKunciMediaPembelajaranFilmDokumenterMinatbelajar.Mediapembelajaranmerupakanbagianpentingdalamsuatuprosespembelajaran.Denganmediapembelajaranyanginovatifkreatifdanmenyenangkanpastiakanmampumenumbuhkanminatbelajarsiswa.Sebaliknyajikamediayangdipakaidalamsuatuprosespembelajarankurangmenarikpastisiswaakanmerasajenuhbosandantidakbersemangatdalammengikutiprosespembelajaran.Gurusebagaiujungtombakdalamsuatuprosespembelajarandituntutuntukmampumenciptakansuasanabelajaryangmenyenangkanmelaluimediapembelajaranyangaktifkreatifdaninovatif.TujuanpenelitianiniuntukmengetahuibagaimanaminatbelajarsiswadiSMPN13MalangterhadapmatapelajaranIPSSejarahdanbagaimanapengaruhpenggunaanmediapembelajaranberupafilmdokumenterpadamatapelajaranIPSSejarahdiSMPN13Malangsebagaitempatpenelitian.RancanganpenelitianyangdigunakanmixedMethodsdengandesainEksploratoryjenisExploratoryDesignInstrumentDevelopmentModel(QUANEmphasized).Sampeldalampenelitianiniadalahsiswakelas8Bdan8DsemesterduaSMPN13Malangberjumlah76siswayangdiambildenganteknikPurposiveRandomSampling.penelitianinidiawalidenganmelakukanpendekatankualitatifmelaluiobservasilapangankemudianmelakukanpengembanganinstrumendenganmembuatfilmdokumenterdilanjutkanpenelitianmelaluipenyebaranangketminatbelajardanmemperolehdatakuantitatifyangakandianalisisdenganmetodePosttest-OnlyControlDesaignuntukmengetahuiperbedaanyangsignifikanantarakelompokeksperimenyaknipembelajarandenganmediafilmdokumenterdankelompokkontrolpembelajarantanpamenggunakanmediafilmdokumenter.Berdasarkanpenelitiandiatasdiperolehduahasilpenelitianyaknisebagaiberikut.Pertama.MinatbelajarsiswaterhadapmatapelajaranIPSsejarahmasihtergolongrendah.Halinidapatdiketahuimelaluihasilwawancaradengan18siswadanseoranggurudiSMPN13Malang.Dari18siswahanya4siswayangmenyukaipelajaranIPSsejarah.Dalamprosespembelajarandikelashanya65%siswayangberkonsentrasipadapelajaran.Keduaterdapatperbedaanminatbelajarsiswaantarakelaseksperimendankelaskontroldarihasiluji-tyangdilakukandiperolehthitungsebesar3481danttabelsebesar1666.thitunglebihbesardarittabelsehinggaHoditolakdanHaditerimamakaadaperbedaanyangsignifikanantaraminatbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmediafilmdokumenterdantidakmenggunakanmediafilmdokumenterpadapembelajaranIPSSejarah.DengandemikiandisarankandiadakanpenelitiansejenisdenganpemanfaatanmediafilmdokumenteryanglebihkreatifinovatifuntukmenumbuhkanminatbelajarIPSsejarahpadasiswa.