Pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Sejarah kelas VII SMP Negeri 1 Malang semester gasal tahun ajaran 2011/2012 / Yeni Farida
Main Author: | Farida, Yeni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54592/ |
Daftar Isi:
- Katakuncimetodepembelajaranberbasisportofoliohasilbelajar.SMPNegeri1Malangmerupakansalahsaturintisansekolahbertarafinternasional(RSBI)diKotaMalangyangberusahamempersiapkansiswadalammenghadapipersaingandanperkembanganzaman.BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatapelajaranIPSSejarahkelasVIIdiSMPNegeri1Malangbahwadalamprosespembelajaranguruseringkalihanyamenggunakanmetodeceramahdanmengerjakansoal-soallatihansedangkanuntukpenilaianhasilbelajargurumenggunakanpenilaianberupatestulisdenganalasanlebihpraktisdanefisienkarenaguruyangbersangkutanmemilikijammengajarlebihdari10jam.HaltersebutmenyebabkansebagianbesarhasilbelajarsiswakelasVIIadalahdibawahKKM(KriteriaKetuntasanMinimal).Selamainigurubelumpernahmenerapkanmetodepembelajaranberbasisportofoliokarenagurumenilaibahwametodeportofoliodianggapterlalurumit.Padahaljikakitatelaahlebihjauhportofoliolebihbanyakkeunggulannyadibandingkandenganmetodeceramahdimanadenganportofolioakansecaralangsungmengaktifkansiswadalamprosesbelajarkarenadalampenerapannyamenuntutsiswauntukmengungkapkanhal-halbaruyangdiperolehselamaprosesbelajarnyaTujuandaripenelitianiniadalah(1)mendeskripsikanprosespelaksanaanmetodepembelajaranberbasisportofoliopadamatapelajaranIPSSejarahkelasVIIsemestergasaltahunajaran2011/2012SMPNegeri1Malang(2)mendeskripsikanhasilbelajarsiswadenganmetodepembelajaranberbasisportofoliopadamatapelajaranIPSSejarahkelasVIIsemestergasaltahunajaran2011/2012SMPNegeri1Malang(3)mendeskripsikanpengaruhmetodepembelajaranberbasisportofolioterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPSSejarahKelasVIIsemestergasaltahunajaran2011/2012SMPNegeri1Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkuantitatif.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNegeri1Malang.SubyekpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahadalahkelasVIIAdenganjumlahsiswa29anak.Instrumenpenelitianadalah(1)Instrumenperlakuanyangterdiridarisilabus/RPP(2)Instrumenpengukuranyangterdiridaripedomanobservasipedomanangketpedomanpenilaianportofoliodanteskognitif.Tesiniterdiridaripre-testuntukmengukurpengetahuanawalsiswadanpost-testuntukmengetahuihasilbelajarsiswa.HasildaripenelitianiniadalahpenerimaansiswakelasVIIAterhadappenerapanmetodepembelajaranberbasisportofoliocukupbaikmeskipunpadaawalpenerapansiswamengalamikesulitandalammenyusunportofolioterutamadalammenyusunbahan-bahanyangmenjadibuktikelengkapanportofolionamunpadapertemuanselanjutnyasiswasudahterbiasadanbisamengerjakanportofoliodenganhasilbaik.Berdasarkanhasiltesawal(pre-test)dapatdiketahuinilairata-ratasiswakelasVIIAdenganjumlahsiswasebanyak29siswaadalah6431danberdasarkanhasiltesakhir(post-test)nilairata-ratadarikelasVIIAadalah8362dimanaterdapat3siswayangbelumtuntasdan26siswayangtuntaspadamatapelajaranIPSSejarahmaterikehidupanpadamasapraaksara.BerdasarkanhasilbelajardiatasterjadipeningkatanhasilbelajarsiswadimanahalinimenunjukkanterdapatpengaruhpenerapanmetodepembelajaranberbasisportofolioterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPSSejarahkelasVIISMPNegeri1Malangpadapokokbahasanmemahamikehidupanpadamasapraaksara.Berdasarkantemuanpenelitiandiatassaranyangdiajukanadalahsebagaiberikut(1)gurumatapelajaranbidangstudiIPSSejarahhendaknyamenerapkanportofoliosebagaisatuvariasidarimodeldanpendekatandalampembelajaranyangdisesuaikandenganmateriyangakandisampaikanuntukmenunjangpelaksanaanprosespembelajarandikelas(2)bagipenelitiselanjutnyadiharapkanlebihmampumengembangkanhasilpenelitianinidenganmateriyangberbedadansebaiknyadilakukandenganwaktuyangcukupsehinggadiperolehhasilyangmaksimalsertapenelitianinidigunakansebagaiacuanlandasanatauliteraturuntukpenelitianlebihlanjut.