Pengaruh penggunaan modil sejarah terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kesamben Jombang semester gasal tahun ajaran 2011/2012 / Tyas Wahyu Ningsih
Main Author: | Ningsih, Tyas Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54588/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPenggunaanmodulsejarahPrestasiBelajarPemilihanbahanajaryangtepatolehgurumerupakansalahsatuupayadalammenciptakanpembelajaranyangefektif.Salahsatubahanajaryangdapatdigunakanolehgurudalampembelajaranialahmodul.Modulmerupakanpaketpengajaranmengenaisatuanbahasantertentuyangdisusunsecarasistematisoperasionalterarahdandigunakanolehsiswayangdisertaipetunjukataupedomanpenggunaannyabaikbagisiswamaupunbagiguru.PenggunaanmodulpadamatapelajaranIPS/Sejarahdiharapkandapatmembantusiswadalammeningkatkanprestasibelajar.Penelitianinimemilikirumusanmasalah(1)Bagaimanaprestasibelajarsiswayangtidakmendapatpembelajaranmenggunakanmodulsejarah(2)Bagaimanaprestasibelajarsiswayangmendapatpembelajaranmenggunakanmodulsejarah(3)Bagaimanakahpengaruhpenggunaanmodulsejarahdalampembelajaranterhadapprestasibelajarsiswa.Penelitianinibertujuan(1)Mendeskripsikanprestasibelajarsiswayangtidakmendapatpembelajaranmenggunakanmodulsejarah(2)Mendeskripsikanprestasibelajarsiswayangmendapatpembelajaranmenggunakanmodulsejarah(3)Menganalisispengaruhpenggunaanmodulsejarahdalampembelajaranterhadapprestasibelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianeksperimendengandesainpenelitianpre-test-post-testcontrolgroupdesign.Dalampenelitianiniyangmenjadivariabelbebas(X)adalahperlakuanyangdiberikanberupaimplementasimodulpembelajaransejarahsedangkanvariabelterikat(Y)adalahprestasibelajarsiswa.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIdiSMPNegeri1Kesamben.SedangkansampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIAdansiswakelasVIIIC.KelasVIIICsebagaikelascontrolsedangkankelasVIIIAsebagaikelaseksperimen.Pengambilansampelberdasarkanpadakelompokyangmemilikikemampuanyangrelatifsama.Rata-ratanilaiIPSTerpadukelasVIIICyaitu6800danrata-ratanilaiIPSTerpadu/SejarahkelasVIIIAyaitu6840.Instrumenperlakuandalampenelitianiniadalahmodulsejarah.Sedangkaninstrumenuntukmengukurprestasibelajarsiswaadalahtes.Analisisdalampenelitianinimenggunakananalisisdeskriptifujiprasyaratanalisisdanujihipotesis.SelanjutnyadatayangtelahterkumpuldiolahdandianalisisbantuankomputerSPSS18.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Prestasibelajarsiswayangmenggunakanmodulsejarahsudahbaikdenganrataratanilaikelasyaitu761(2)Prestasibelajarsiswayangtidakmenggunakanmodulsejarahcukupbaikdenganrataratanilaikelasyaitu704(3)TerdapatpengaruhyangpositifdansignifikanantarapenggunaanmodulsejarahdalampembelajaranterhadapviiprestasibelajarsiswamatapelajaranIPS/Sejarahdengannilaitpadaequalvarianceassumedsebesar-2758-1674(thitungttabel)dansignifikansi0008005jadiH0ditolakdanH1diterimayangberartibahwapenggunaanmodulsejarahdalampembelajaransejarahmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarsiswa.Sarandalampenelitianadalah(1)BagiKepalasekolahhasilpenelitianyangmenunjukkanbahwapembelajarandenganmenggunakanmoduldapatmeningkatkanprestasibelajarsiswadapatmenjadipertimbanganuntukmenerapkanmodelpembelajaranyangaktifefektifdanefisien(2)Bagiguruhendaknyamampumengembangkanberbagaimodelpembelajaransesuaidengankarakteristiksiswadankesesuaiandenganmateripelajaransehinggaprosespembelajarandapatberlangsungdenganefektifdanefisiensertadiharapkanmampumeningkatkanprestasibelajarsiswa(3)Bagipenelitilanjutanhendaknyamemperluaspenilaianprestasibelajarsiswapadaranahafektifdanpsikomotorikmengukurmotivasibelajarsiswasertamengembangkanmodulpembelajaransecaralebihkreatifdanlengkapagardihasilkanmodulyanglebihmenarik.