Kinerja guru sejarah kelas VII SMP Negeri 14 Malang tentang penilaian berbasis kelas berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tahun ajaran 2010/2011 / Lisna Maria Siringo-ringo

Main Author: Siringo-ringo, Lisna Maria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54567/
Daftar Isi:
  • KatakunciKinerjagurupenilaianberbasiskelaskaidahpenulisansoalranahkognitifKTSPSalahsatuupayapeningkatanmutupendidikanadalahpenyempurnaankurikulum.Peningkatankurikulumdilakukanuntukmeningkatkanmutupendidikansecaranasional.MutupendidikanyangtinggidiperlukanuntukmenciptakankehidupanyangcerdasterbukademokratisdanmampubersaingsehinggadapatmeningkatkankesejahteraanWargaNegaraIndonesia.Kurikulumyangbaikmampumenyediakanpengalamanbelajaryangmencakupbaikkonsepmaupunprosesdimanaadakeseimbanganantarakemampuankonseptualdankemampuanprosedural.KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)merupakanpenyempurnaandariKBKagarlebihfamiliardengangurukarenagurubanyakdilibatkandiharapkanmemilikitanggungjawabyangmemadai.Dikarenakanberbagaifaktorsalahsatunyaadalahkurangnyaperhatianguruterhadaplangkah-langkahdalampenilaian.DisinilahperangurudalamkinerjanyamelakukanpenilaiankelasyangsesuaidenganKTSPmenjadimenarikuntukpenulisteliti.HaltersebutdiperkuatolehpendapatbahwaagargurudapatmenerapkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)dalamkegiatanpembelajaranmakaguruharusmemilikipemahamantentangKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)termasukdidalamsistempenilaiandalamkegiatanpembelajarandikelas.UntukitupenelitiinginmenelitisejauhmanakinerjaguruterhadapKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)terutamapemahamanguruIPSterhadappenilaiankelasyangdigunakanpadaKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)diSekolahMenengahPertama(SMP)Negeri14Malang.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikankinerjaGuruIPStentangPenilaianBerbasisKelasbertdasarkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)diSMPNegeri14MalangdanuntukmengetahuikendalaguruIPSdalammelaksanakanPenilaianBerbasisKelas(PBK)berdasarkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)diSMPNegeri14Malang.PenelitianinidisebutpenelitianDeskriptifkualitatifkarenapenilitianinibertujuanuntukmemperolehgambaransebarapabesarkinerjagurutentangpenilaianberbasiskelasditinjaudarikesesuainnyadenganKTSP.SedangkanjenispenelitianinidigolongkandalamanalisisinikarenadalampenelitianinidatayangdiperolehberasaldaridokumendalambentukRPPyangdibuatolehGurumatapelajaranSejarah.iiDarihasilpenelitiandiketahuibahwaKinerjaGuruSejarahdiSMPNegeri14malangsudahterlaksanadenganbaikdilihatdarisoal-soalyangdibuatsudahsesuaidengankaidahpenulisansoalpilihangandauntukbidamgstudiIlmuPengetahuanSosial.Walaupunadabeberapasosalyangtdahsesuaidengankaidahpenulisansoalpilihangandadari25soalyangadahanya8soalyangtidaksesuai.TerkaitdengansebaranranahkognitifyangsesuaidengankriteriakomposisiaspekyangdiungkapdalampedomanpenyusunanpenulisansoaluntukbidangstudiIlmuPengetahuanSosial.AdapunkendalayangdihadapidalampenerapanpenilaianberbasiskelasadalahkurangbervariasinyateknikpenilaianyangdigunakanolehGuruyangadadiSMPNegeri14malang.