Kinerja guru sejarah kelas VII SMP Negeri 14 Malang tentang penilaian berbasis kelas berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tahun ajaran 2010/2011 / Lisna Maria Siringo-ringo
Main Author: | Siringo-ringo, Lisna Maria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54567/ |
Daftar Isi:
- KatakunciKinerjagurupenilaianberbasiskelaskaidahpenulisansoalranahkognitifKTSPSalahsatuupayapeningkatanmutupendidikanadalahpenyempurnaankurikulum.Peningkatankurikulumdilakukanuntukmeningkatkanmutupendidikansecaranasional.MutupendidikanyangtinggidiperlukanuntukmenciptakankehidupanyangcerdasterbukademokratisdanmampubersaingsehinggadapatmeningkatkankesejahteraanWargaNegaraIndonesia.Kurikulumyangbaikmampumenyediakanpengalamanbelajaryangmencakupbaikkonsepmaupunprosesdimanaadakeseimbanganantarakemampuankonseptualdankemampuanprosedural.KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)merupakanpenyempurnaandariKBKagarlebihfamiliardengangurukarenagurubanyakdilibatkandiharapkanmemilikitanggungjawabyangmemadai.Dikarenakanberbagaifaktorsalahsatunyaadalahkurangnyaperhatianguruterhadaplangkah-langkahdalampenilaian.DisinilahperangurudalamkinerjanyamelakukanpenilaiankelasyangsesuaidenganKTSPmenjadimenarikuntukpenulisteliti.HaltersebutdiperkuatolehpendapatbahwaagargurudapatmenerapkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)dalamkegiatanpembelajaranmakaguruharusmemilikipemahamantentangKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)termasukdidalamsistempenilaiandalamkegiatanpembelajarandikelas.UntukitupenelitiinginmenelitisejauhmanakinerjaguruterhadapKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)terutamapemahamanguruIPSterhadappenilaiankelasyangdigunakanpadaKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)diSekolahMenengahPertama(SMP)Negeri14Malang.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikankinerjaGuruIPStentangPenilaianBerbasisKelasbertdasarkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)diSMPNegeri14MalangdanuntukmengetahuikendalaguruIPSdalammelaksanakanPenilaianBerbasisKelas(PBK)berdasarkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)diSMPNegeri14Malang.PenelitianinidisebutpenelitianDeskriptifkualitatifkarenapenilitianinibertujuanuntukmemperolehgambaransebarapabesarkinerjagurutentangpenilaianberbasiskelasditinjaudarikesesuainnyadenganKTSP.SedangkanjenispenelitianinidigolongkandalamanalisisinikarenadalampenelitianinidatayangdiperolehberasaldaridokumendalambentukRPPyangdibuatolehGurumatapelajaranSejarah.iiDarihasilpenelitiandiketahuibahwaKinerjaGuruSejarahdiSMPNegeri14malangsudahterlaksanadenganbaikdilihatdarisoal-soalyangdibuatsudahsesuaidengankaidahpenulisansoalpilihangandauntukbidamgstudiIlmuPengetahuanSosial.Walaupunadabeberapasosalyangtdahsesuaidengankaidahpenulisansoalpilihangandadari25soalyangadahanya8soalyangtidaksesuai.TerkaitdengansebaranranahkognitifyangsesuaidengankriteriakomposisiaspekyangdiungkapdalampedomanpenyusunanpenulisansoaluntukbidangstudiIlmuPengetahuanSosial.AdapunkendalayangdihadapidalampenerapanpenilaianberbasiskelasadalahkurangbervariasinyateknikpenilaianyangdigunakanolehGuruyangadadiSMPNegeri14malang.