Pengembangan media pembelajaran peta digital berbasis adobe director 11.5 untuk meningkatkan pemahaman materi proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bululawang / Ferdinan Bashofi

Main Author: Bashofi, Ferdinan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54556/
Daftar Isi:
  • KataKunciMediapembelajaransejarahpetadigitalpemahamanadobedirector.Mediapembelajaransangatpentingdalamprosespembelajarankarenamediadapatdigunakansebagaipenyalurpesandarigurukepadasiswadenganhasilyanglebihoptimal.Persoalanyangseringmunculdalampembelajaransejarahantaralainkejenuhansiswadalambelajarsehinggasiswakurangtertarikdenganmatapelajaransejarah.Permasalahan-permasalahandalampembelajaransejarahsetidaknyadapatdikurangidenganmengembangkanmediapembelajaransejarahyangdapatmenciptakanlingkunganyangmemberipeluangterjadinyaprosesbelajarmengajaryangmenuntutkeaktifansiswa.Dengancarainisiswaakanmampumemahamisejarahsecaralebihbenartidakhanyamenyebutkanfaktasejarahbelaka.RumusanMasalahdalampenelitianpengembanganiniadalah1)bagaimanamengembangkanmediapembelajaransejarahpetadigitalyangdapatmempersentasikanmateriprosesmasukdanberkembangnyaIslamdiIndonesiayangnantinyaakanditerapkandikelasXIIPSSMAN1Bululawang.2)bagaimanapengaruhpenggunaanmediapembelajaranpetadigitalterhadappeningkatanpemahamanmateriprosesmasukdanberkembangnyaIslamdiIndonesia.MediainidikembangkandenganmenggunakanprogrampresentasiAdobeDirector11.5yangdapatmenggabungkanantarateksgambarvideodansuaradalambentukanimasipresentasi.Rancanganpenelitianmenggunakanmodelpengembanganprosedural.Modelpengembanganproseduralinimeliputikegiatanidentifikasikompetensidasardanindikatoranalisisbahanajardesainmediaproduksieditingprototipemediavalidasiprodukujicobaprodukdanprodukakhir.Produkyangtelahdivalidasiakandiujicobakanuntukmengetahuitingkatpemahamansiswa.Datapenelitianbersifatkuantitatifdandiperolehdariujivalidasiprodukdariahlimediadanahlimaterisertadataujicobaprodukdisekolah.Datatersebutdianalisisdenganteknikdeskriptifkualitatifpersentase.Hasilujivalidasidiketahuibahwabahwamediainicukupvalid.Hasilvalidasiprodukdariahlimediadiperolehnilai75%dariahlimateridiperolehnilai80%sedangkanuntukujicobaprodukdiperolehnilai82.64%dengankriteriacukupvalid.Berdasarkanhasilujivalidasidanujicobatersebutdisimpulkanbahwaprodukcukupvaliddanlayakdigunakansebagaimediapembelajarandisekolah.Hasildatamengenaitingkatpemahamansiswasetelahmenggunakanprodukiniadalahrata-ratapeningkatanpemahamansiswasebesar37.22%.Pemahamansiswayangawalnya44.44%dengankategorirendahmenjadi81.66%dengankategoritinggi.