Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan multikultural pokok bahasan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa reformasi untuk siswa kelas XII Program IPS SMA Negeri 3 Singkawang Kalimantan Barat / Ika Rahmatika Chalimi

Main Author: Chalimi, Ika Rahmatika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54551/
Daftar Isi:
  • KataKuncipengembanganbahanajarpendekatanmultikulturalpokokbahasanperkembanganmasyarakatIndonesiapadamasareformasiDalamkontekspendidikanbahwapersoalansosialdalammasyarakatakandapatdiperbaikimelaluiprosespendidikan.Dalamprosespembelajarandibutuhkansumberbelajaryangdapatmendukungpembelajaranberbasismultikultural.Salahsatucaranyayaitudimulaidaripenyusunanbahanajaryanglebihmengarahpadaupayamenghargaiperbedaandiantarasesamamanusiasehinggaterwujudketenangandanketentramantatanankehidupanmasyarakat.Makadariitudilakukanpenelitianpengembanganbahanajaryangdidasarkanpadarealitasmultikulturaldalammasyarakat.PenelitianinidilakukandiSMANegeri3Singkawangatasdasarkarenamemilikikeanekaragamandariberbagaiaspekjugarendahnyaminatsiswaterhadappelajaransejarah.Rumusanmasalahdalampenelitianpengembanganiniyaitu(1)bagaimanaprosespengembanganbahanajardenganpendekatanmultikulturaluntuksiswakelasXIIProgramIPSSMANegeri3Singkawang(2)bagaimanapenerapanbahanajarsejarahdenganpendekatanmultikulturaluntuksiswakelasXIIProgramIPSSMANegeri3Singkawang(3)apakahbahanajardenganpendekatanmultikulturaluntuksiswakelasXIIProgramIPSSMANegeri3Singkawangyangdikembangkanmemghasilkanprodukyanglayakdigunakansehinggadapatmenanamkannilai-nilaimultikulturalismedalamdirisiswa.Pengembanganbahanajardenganpendekatanmultikulturalinimengikutitahapanpengembangansebagaiberikut(1)Analisisstudipustakadansurveilapangan(2)mempelajariSKdanKDbidangkajian(3)Memilihataumenetapkantemapemersatu(4)Membuatpetakonsep(5)Membuatisibahanajar(6)tesdanrevisibahanajar(7)produksibahanajar.Desainpenelitianyangdigunakanadalahpretestposttestcontrolgroupdesign.Alatpengumpulandatayangdigunakanyaituangketwawancaradansoalpretestdanpostest.Subjekujicobadalampengembanganbahanajariniada3yaituahlibahanajarahlimateridansiswadenganmenggunakaninstrumenangket.SasaranprodukialahsiswaKelasXIIprogramIPSdanguruSMANegeri3Singkawang.Hasilbelajardanpenanamannilaimultikulturaldidapatdenganmenggunakaninstrumensoalpretestdanpostestdanwawancaradengansiswadanguru.Datahasilbelajarsiswayangdiperolehdianalisisdenganujiprasyaratanalisisberupaujinormalitasujihomogenitasdanujit-hitung.Alokasipembelajaranyangdiberikanadalah4x45menit.Setiaptatapmuka2x45menitdigunakansecaramaksimaluntukmempelajarimateridantugas-tugasyangadadalammodul.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwabahanajarinisecarakeseluruhanmendapatkanpenilaian9048(valid)dariahlibahanajar8102(valid)dariahli