Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan multikultural pokok bahasan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa reformasi untuk siswa kelas XII Program IPS SMA Negeri 3 Singkawang Kalimantan Barat / Ika Rahmatika Chalimi
Main Author: | Chalimi, Ika Rahmatika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54551/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipengembanganbahanajarpendekatanmultikulturalpokokbahasanperkembanganmasyarakatIndonesiapadamasareformasiDalamkontekspendidikanbahwapersoalansosialdalammasyarakatakandapatdiperbaikimelaluiprosespendidikan.Dalamprosespembelajarandibutuhkansumberbelajaryangdapatmendukungpembelajaranberbasismultikultural.Salahsatucaranyayaitudimulaidaripenyusunanbahanajaryanglebihmengarahpadaupayamenghargaiperbedaandiantarasesamamanusiasehinggaterwujudketenangandanketentramantatanankehidupanmasyarakat.Makadariitudilakukanpenelitianpengembanganbahanajaryangdidasarkanpadarealitasmultikulturaldalammasyarakat.PenelitianinidilakukandiSMANegeri3Singkawangatasdasarkarenamemilikikeanekaragamandariberbagaiaspekjugarendahnyaminatsiswaterhadappelajaransejarah.Rumusanmasalahdalampenelitianpengembanganiniyaitu(1)bagaimanaprosespengembanganbahanajardenganpendekatanmultikulturaluntuksiswakelasXIIProgramIPSSMANegeri3Singkawang(2)bagaimanapenerapanbahanajarsejarahdenganpendekatanmultikulturaluntuksiswakelasXIIProgramIPSSMANegeri3Singkawang(3)apakahbahanajardenganpendekatanmultikulturaluntuksiswakelasXIIProgramIPSSMANegeri3Singkawangyangdikembangkanmemghasilkanprodukyanglayakdigunakansehinggadapatmenanamkannilai-nilaimultikulturalismedalamdirisiswa.Pengembanganbahanajardenganpendekatanmultikulturalinimengikutitahapanpengembangansebagaiberikut(1)Analisisstudipustakadansurveilapangan(2)mempelajariSKdanKDbidangkajian(3)Memilihataumenetapkantemapemersatu(4)Membuatpetakonsep(5)Membuatisibahanajar(6)tesdanrevisibahanajar(7)produksibahanajar.Desainpenelitianyangdigunakanadalahpretestposttestcontrolgroupdesign.Alatpengumpulandatayangdigunakanyaituangketwawancaradansoalpretestdanpostest.Subjekujicobadalampengembanganbahanajariniada3yaituahlibahanajarahlimateridansiswadenganmenggunakaninstrumenangket.SasaranprodukialahsiswaKelasXIIprogramIPSdanguruSMANegeri3Singkawang.Hasilbelajardanpenanamannilaimultikulturaldidapatdenganmenggunakaninstrumensoalpretestdanpostestdanwawancaradengansiswadanguru.Datahasilbelajarsiswayangdiperolehdianalisisdenganujiprasyaratanalisisberupaujinormalitasujihomogenitasdanujit-hitung.Alokasipembelajaranyangdiberikanadalah4x45menit.Setiaptatapmuka2x45menitdigunakansecaramaksimaluntukmempelajarimateridantugas-tugasyangadadalammodul.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwabahanajarinisecarakeseluruhanmendapatkanpenilaian9048(valid)dariahlibahanajar8102(valid)dariahli