Pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar sejarah terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI Program Studi IPS SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi / Minarti
Main Author: | Minarti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54543/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipemanfaataninternetsumberbelajarhasilbelajarPermasalahanrendahnyaminatsiswauntukmembelibukupenunjangsejarahmenjadilatarbelakangutamayangmendoronggurumatapelajaransejarahdiSMANegeri1Glagahmemanfaatkaninternetsebagaisumberbelajaralternatifuntukmendukungprosesbelajarsiswa.Melaluipenelitianinipenulisinginmengetahuibagaimanapemanfaataninternetsebagaisumberbelajardisekolahiniapakahmemberikanpengaruhterhadappeningkatanhasilbelajarsiswasehinggaterdapatperbedaanhasilbelajarsejarahsiswayangmenggunakaninternetsebagaisumberbelajardengansiswayangtidakmenggunakaninternetsebagaisumberbelajar(bukupenunjang).Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)BagaimanahasilbelajarsejarahsiswakelasXIprogramIPSSMANegeri1GlagahBanyuwangiyangdiajardengantidakmenggunakaninternetsebagaisumberbelajar.(2)BagaimanahasilbelajarsejarahsiswakelasXIprogramIPSSMANegeri1GlagahBanyuwangiyangdiajardenganmenggunakaninternetsebagaisumberbelajar.(3)BagaimanapengaruhpemanfaataninternetsebagaisumberbelajarSejarahterhadaphasilbelajarSejarahsiswakelasXIprogramIPSSMANegeri1GlagahBanyuwangiJenispenelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmenggunakanmetodeeksperimen.Desainpenelitianyangdigunakanadalahpretestposttestcontrolgroupdesign.Instrumenpenelitianyangakandigunakanterlebihdahuludiujidenganmenggunakanujivaliditasdataujireliabilitasujitingkatkesukaransoaldandayapembedasoal.Sumberdatadalampenelitianiniberupanilaipretestdanposttestyangdidapatdarikelaskontroldankelaseksperimen.Datatersebutkemudiandianalisisdenganujiprasyaratanalisisberupaujinormalitasdanujihomogenitas.Selainitujugadilakukanujihipotesisberupaujiregresiliniersederhana.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)HasilbelajarsejarahsiswakelasXIprogramIPSSMANegeri1GlagahBanyuwangiyangdiajardengantidakmenggunakaninternetsebagaisumberbelajarlebihbaikjikadibandingkandengansiswayangdiajardenganmenggunakaninternetsebagaisumberbelajar.Halinidapatdilihatdarirata-ratanilaisiswayaitusebesar7354yangtelahmemenuhiKKM(KriteriaKetuntasanMinimal)yangtelahditentukanolehsekolahsebesar70.Peningkatanhasilbelajarsiswapadakelaskontrolsebesar1494%.Peningkatanprestasibelajarsecarasignifikaninidimungkinkankarenadenganmenggunakanbukupenunjangsiswadapatlebihfokusdalammempelajarimateripelajaransehinggasiswalebihmudahdalammenyerapmateripelajarantersebut.Siswajugalebihmudahmenjawabsoal-soalyangdiberikanolehgurusehinggasiswamendapatkannilaiyangbaik.(2)HasilbelajarsejarahsiswakelasXIprogramIPSSMANegeri1GlagahBanyuwangisetelahdiajardenganmenggunakaninternetsebagaisumberbelajarmengalamikenaikansebesar1991%.Halinimenunjukkanbahwapengunaaninternetsebagaisumberbelajarmemberikanpengaruhterhadappeningkatanhasilbelajarsiswawalaupunmasihkurangmaksimal.Kurangmaksimalnyapemanfaataninternetsebagaisumberbelajarinidapatdilihatdarirata-ratanilaisiswayaitusebesar6862yangbelummemenuhiKKM(KriteriaKetuntasanMinimal).Tidakadanyaproteksiterhadapsisteminternetyangtersediamengakibatkanperhatiansiswaterpecahketikamenggunakaninternetdisekolahsehinggatidakterjadiperubahanyangbesardalamhasilbelajarsiswakhususnyauntukmatapelajaransejarah.(3)PemanfaataninternetsebagaisumberbelajarkhususnyabagisiswakelaseksperimenSMANegeri1GlagahBanyuwangiterbuktimampumemberikanpengaruhpositifyangsignifikanterhadaphasilbelajarsiswasebesar292%.Pengaruhpemanfaataninternetterhadaphasilbelajarsiswainimasihrendahkarenasebesar708%hasilbelajarsiswadipengaruhiolehfaktor-faktorlaindiluarpenelitianini.Pengaruhpemanfaataninternetsebagaisumberbelajarsiswaterhadappeningkatanhasilbelajarsiswainidapatditingkatkandengancaramemaksimalkanperangurusekolahdanorangtuadalammemotivasisiswaagarsiswamampumemanfaatkanpotensiinternetsebagaisumberinformasitakterbatassecaramaksimal.DarihasilpenelitianinidisimpulkanbahwapemanfaataninternetsebagaisumberbelajarsiswamemberikanpengaruhpositifterhadappeningkatanhasilbelajarsiswakelasXIprogramIPSSMANegeri1GlagahBanyuwangi.Pemanfaataninternetsebagaisumberbelajarsecaramaksimaldapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PembelajarandenganmenggunakaninternetsebagaisumberbelajardiSMANegeri1GlagahBanyuwangidisarankanuntuklebihdikembangkansehinggadapatmemberikanpengaruhyanglebihbesarterhadaphasilbelajarsiswa.