Aspek pendidikan dalam dinamika sosial budaya masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang / Ryan Singgih Prabowo

Main Author: Prabowo, Ryan Singgih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54535/
Daftar Isi:
  • KatakuncipendidikandinamikasosialbudayamasyarakatTengger.ProsesdinamikasosialbudayadiIndonesiakhususnyadipedesaantelahmenyebabkanperubahanwujud-wujudkebudayaantradisional.PenelitimemilihaspekpendidikandalamdinamikasosialbudayamasyarakatTenggerdiDesaRanuPanikarenaadayangberubahdarisebelumnyasebagaipengaruhdarimodernisasidalamsegalaaspekkehidupanterutamamodernisasidibidangpendidikan.AkantetapidinamikasosialbudayapadamasyarakatTenggerdiDesaRanuPanisaatinicenderungmengarahkeperilakuyangnegatif.HaltersebutdilatarbelakangiolehkurangmaksimalnyaperanpendidikanformaldalammenjagadanmelestarikanadatdanbudayaTengger.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)BagaimanakondisipendidikantradisionalmasyarakatTenggerdiDesaRanuPanisebelummasuknyapendidikanformaltahun1982(2)BagaimanadinamikasosialbudayamasyarakatTenggerdiDesaRanuPanisetelahmasuknyapendidikanformal(3)BagaimanamodelkonstruksipendidikanyangrelevandengandinamikasosialbudayamasyarakatTenggerdiDesaRanuPaniPenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmenganalisistentangdinamikasosialbudayamasyarakatTenggerdenganrincian(1)kondisipendidikantradisionalmasyarakatTenggerdiDesaRanuPanisebelummasuknyapendidikanformaltahun1982(2)PaparantentangdinamikasosialbudayamasyarakatTenggerdiDesaRanuPanisetelahmasuknyapendidikanformalserta(3)PaparanmodelkonstruksipendidikanyangrelevandengandinamikasosialbudayamasyarakatTenggerdiDesaRanuPani.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdanjenispenelitiandeskriptif.Datapenelitiandiperolehmelaluitahapobservasipartisipatorisdenganpenelitisebagaiinstrumenutamawawancaramendalamdenganberbagaiinformandandokumentasiberupafoto.Instrumenlainberupapedomanobservasipedomanwawancarataperecorderkameradanbukucatatanlapangan.Analisisdatadilakukandenganmenggunakanmodelanalisisinteraktifyangdidalamnyamencakuptigahalyaitureduksidatapenyajiandatapenarikankesimpulan.HasildaripenelitianinimenunjukkanbahwadinamikasosialbudayapadamasyarakatTenggerdiDesaRanuPanidisebabkanolehpembangunandanmodernisasiyangdilakukanpemerintah.AkibatdarikurangberhasilnyamodernisasidalambidangpendidikanmenyebabkanwargaRanuPanitidaksiapmenghadapiarusmodernisasidieraglobalisasiini.KondisitersebutmembuatmasyarakatTenggerdiDesaRanuPaniseolahtercerabutdariakarbudayanya.