Pengembangan bahan ajar sejarah berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan asal usul persebaran manusia di Indonesia untuk siswa kelas X SMAN 1 Kedungwaru, Tulungagung / Dwi Fitriawati
Main Author: | Fitriawati, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54532/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipengembanganbahanajarsejarahmultimediainteraktifpemahamanObservasidilapanganmenunjukkankecenderunganbahwaguruhanyaterpakupadabahanajaryangdisajikandalambentukcetakyaitubukuteksdanLKS.Selainitubahanajaryangterdapatdisekolahjugamasihterbatas.Siswamenganggapbahanajaryangberupabukucetakkurangmenarikterlalubanyakteorisertakurangdekatdengansiswa.Padaakhirnyahaltersebutakanmembuatsiswamengalamibanyakkesulitandalammemahamimateriyangdisajikandidalamnyasehinggadapatmempengaruhihasilbelajarsiswa.AlasantersebutmendorongpenelitiuntukmelakukanpengembanganbahanajarsejarahyangberbasismultimediainteraktifpadapokokbahasanAsal-UsuldanPersebaranManusiadiKepulauanIndonesia.Berdasarkanpaparanpadabagianlatarbelakangtersebutmakatujuanumumpenelitianiniadalahmengembangkanbahanajarsejarahberbasismulti-mediainteraktifpadapokokbahasanasal-usuldanpersebaranmanusiadikepulauanIndonesiauntukkelasX.Adapunfokuspenelitianiniadalah(1)me-ngembangkanbahanajarsejarahberbasismultimediainteraktifyangmemenuhistandarisidanpenyajianuntuksiswaSMAkelasX(2)mengetahuitingkatpemahamansiswaterhadapbahanajarsejarahberbasismultimediainteraktifuntuksiswaSMAkelasX.UntukmencapaitujuanpenelitiandiatasdigunakanrancanganpenelitianyangdiadaptasidarimodeldesainpengembanganberbasismediaolehSadimantahun2008.Berdasarkanmodeltersebutdalampenelitianiniada8tahappengembanganyangdilakukanyakni(1)identifikasikebutuhan(2)perumusantujuan(3)pengembanganmateripembelajaran(4)perumusanalatukurkeber-hasilan(5)penulisannaskahbahanajar(6)produksi(7)ujicoba(8)revisi.UjicobakelayakanprodukdilakukanmelaluivalidasiahlimateriahlimediadanujicobasiswakelompokbesardiSMANegeri1Kedungwaru.Darihasilujibahanajardenganahlimaterimenghasilkanrata-ratakelaya-kansebesar86%ahlimedia91%dansiswa87%.Hasilvalidasidenganahlimaterimenunjukkanbahwabahanajarharusdirevisikarenadari24aspekyangdiujikanterdapat3aspekyangbelumlayaksedangkanmenurutahlimediapro-duktergolonglayakdandapatdiimplementasikandalampembelajarandandarisiswamenunjukkanbahanajartergolonglayaksehinggasiapdiimplementasikan.Hasilujicobalapanganmenunjukkanterjadinyapeningkatanpersentasehasilbelajarsiswayaitudari52%menjadi80%.Daripeningkatanhasilbelajarsiswadapatdisimpulkanbahwabahanajardapatmeningkatkanpemahamansiswa.Simpulanpenelitianpengembanganiniadalah(1)darisegimateridanpenyajianbahanajarsejarahberbasismultimediainteraktiftergolonglayaksehinggadapatdiimplementasikan(2)bahanajarsejarahberbasismultimediainteraktifdapatmeningkatkanpemahamansiswaterhadapmateri.Hasilpengembanganprodukbahanajarsejarahinidapatdibacadipelajaridandimanfaatkanolehsemuapihakyangmembutuhkan.Siswadapatmemanfaat-kanbahanajarinisecaramandirimaupundenganbimbinganguru.Gurujugadiharapkanmampumenguasaiteknikpembuatanmediainteraktifsehinggamampuuntukmemproduksisendiribahanajaryangberbasismultimediainterak-tif.Bagisekolahbahanajarinidapatdijadikanpertimbangansebagaibahanajaralternatifsertamemfasilitasiguruuntukbelajarmembuatbahanajaryangberbasismultimediainteraktif.BahanajarinidapatdisebarluaskanmelaluijurnaldanMGMP.Bagipenelitilaindisarankanuntukmelakukanpengembanganbahanajarsejarahyangberbasismultimediainteraktifuntukmaterilain.