Penerapan model cooperative learning teknik make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli di SDN Lowokwaru 4 Malang / Niken Eka Yuliana

Main Author: Yuliana, Niken Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/545/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yuliana, Niken Eka. 2015. Penerapan Model Cooperative Learning Teknik Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Jual Beli di SDN Lowokwaru 4 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulthoni, M.Pd, (II) Saida Ulfa, S.T., M.Edu, Ph.D. Kata Kunci: Cooperative Learning, Make A Match, hasil belajar Berdasarkan observasi lapangan di SDN Lowokwaru 4 Malang, pembelajaran konvensional masih diterapkan pada mata pelajaran IPS yaitu berpusat pada guru (teacher centered). Guru masih jarang menggunakan variasi metode pembelajaran. Selain itu, penggunaan media pembelajaran juga masih kurang. Sehingga menyebabkan siswa bersifat pasif selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Pembelajaran teknik Make A Match merupakan teknik mencari pasangan, dimana siswa bekerjasama dengan siswa lain dalam menemukan kartu jawaban maupun kartu soal yang dipegang pasangannya dengan batas waktu tertentu secara cepat dan tepat. Salah satu keunggulan teknik Make A Match adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Oleh karena itu, perlu diterapkan model Cooperative Learning teknik Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Learning teknik Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan pengumpulan data menggunakan hasil observasi, tes hasil belajar, dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Cooperative Learning teknik Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas 3B di SDN Lowokwaru 4 Malang. Hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata pre test siswa sebesar 49,17 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 8,33%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73,13 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 62,5%. Kemudian pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 87,29 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Cooperative Learning teknik Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang dapat dikemukakan yaitu: (1) bagi sekolah disarankan untuk menjadi bahan pertimbangan diterapkannya pembelajaran teknik Make A Match sebagai upaya perbaikan peningkatan strategi pembelajaran di sekolah, (2) bagi guru disarankan untuk menerapkan pembelajaran teknik Make A Match dengan pembagian kelompok yang kecil agar menciptakan suasana kelas yang kondusif, (3) bagi siswa disarankan untuk mengikuti pembelajaran teknik Make A Match dengan baik agar lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru, (4) bagi peneliti lain disarankan untuk menerapkan pembelajaran teknik Make A Match di sekolah lain dengan perbaikan dari penelitian ini.