Penerapan metode pembelajaran model permainan tembok kata untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS kajian sejarah siswa kelas VII D SMPN I Panggung Rejo Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2008/2009 / Tatang Kurniawan

Main Author: Kurniawan, Tatang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54493/
Daftar Isi:
  • PembelajaransejarahdiSMPmasihmenggunakanmetodekonvensionalyaituceramahdantanyajawabsertapusatpembelajaraandikelasmasihdipegangolehgurusecaramutlak(teachercentered).SejarahsebagaisalahsatucabangdariIlmuPengetahuanSosialpadasaatinimendapatberbagaihambatandalamprosespengajarannya.Hambatandalamprosespengajaranituberasaldariberbagaifaktorantaralaingurusebagaipengajarmetodeyangdigunakangurudalamprosespembelajaranmotivasisiswadalammengikutipembelajaransertasaranadanprasaranayangmendukungprosespembelajaranitu.Keadaanitusemakindiperburukdenganrendahnyaminatbacaanakdidikterhadapbukupelajaran.SMPNIPanggungRejosebagaisalahsatusekolahfavoritjugatidaklepasdarimasalahyangcukupmendasarini.SiswadikelasVIIDSMPNIPanggungRejomayoritasmemilikimotivasiyangkurangdalammengikutipelajaranIPSkhususnyaSejarah.HaliniditandaidengansikapsiswayangkurangseriusdalammengikutipelajaranIPSSejarahsepertitidaksemuasiswaantusiasdalammengikutikegiatanpembelajarantidaksemuasiswamemperhatikanketikagurusedangmenyampaikanmateripelajarandidepankelassebagianbesarsiswatidakmaumendengarkanpendapatdaritemannyasebagianbesarsiswaramaisendirisaatpelajaranberlangsungdalamkegiatanbelajarmengajardikelassiswalebihsukadudukmendengarkandanberbicarasendiridengantemannya.KeadaantersebutmembuatsiswakurangmampudalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajarnyaterutamauntukmatapelajaranIPSSejarah.BerdasarkanpermasalahandiataspenelitiberusahamemecahkanmasalahyangsedangdihadapiolehsiswakelasVIIDSMPNIPanggungRejodenganmenerapkanmetodepembelajaranmodelpermainantembokkata.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanmotivasidanhasilbelajarSejarahsiswakelasVIIDSMPNIPanggungRejoKabupatenBlitarmelaluipenerapanmetodepembelajaranmodelpermainantembokkata.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIIDSMPNIPanggungRejoKabupatenBlitaryangberjumlah40siswaorangsiswa.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiandanhasilbelajarsiswayangdiperolehmelaluitespadaakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodepembelajaranmodelpermainantembokkatadapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarSejarahsiswakelasVIIDSMPNIPanggungRejoKabupatenBlitar.Haliniterlihatdaripeningkatanmotivasibelajarsiswa.Padamasaobservasimotivasibelajarsiswasebesar4814%yangtermasukdalamkategorikurangmeningkatmenjadi6563%yangtermasukdalamkategoricukuppadasiklusI.KemudianpadasiklusIImengalamipeningkatanlagimenjadi7515%yangtermasukkedalamkategoribaik.Sedangkanrata-ratahasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatandari642padamasaobservasimeningkatmenjadi7125padasiklusIdanmenjadi805padasiklusII.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanuntukdilakukanpenelitianyanglebihlanjutdandisarankanagarpenelitiandilakukandikelasdanpokokbahasanyanglainsertagurudisarankanlebihbanyakmemberikanreinforcementataupenguatan(sepertimemberikanpujianataupenghargaan)kepadasiswasehinggasiswaakanlebihtermotivasidalammengikutiprosespembelajaran.