Pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran IPS bahan kajian sejarah kelas VII di SMPN 3 Kepanjen tahun 2008/2009 / Fajar Setiyawan
Main Author: | Setiyawan, Fajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54492/ |
Daftar Isi:
- KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)merupakanprogrampengganti/perbaikandarikurikulum2004(KBK)yangdisusundandilaksanakanolehmasing-masingsatuanpendidikan.PelaksanaanKBKdiSMPN3Kepanjentahun2006yangbelummaksimaldilanjutkandenganpelaksanaanKTSPmulaitahun2007/2008sampaisekarang.DalampelaksanaannyasekolahmengadakanpembagiantugasmengajardenganmenyediakanduaorangguruIPSyangjumlahdandisiplinilmunyabelumsesuaidenganrekomendasipembelajaranterpadumatapelajaranIPS.Dengandemikianperludilakukanpenelitianmengenaibagaimana(1)kesiapangurudalampelaksanaanKTSPIPSpadabahankajiansejarah(2)pengembanganperangkatpembelajaranKTSPIPSpadabahankajiansejarah(3)pelaksanaanKTSPdalampembelajaranIPSbahankajiansejarahdan(4)faktorapasajayangpendukungdanpenghambatpelaksanaanKTSPdalampembelajaranIPSbahankajiansejarah.TujuanpenelitiansecaraumumadalahmendeskripsikanpelaksanaanKTSPpadamatapelajaranIPSbahankajiansejarah.Tujuankhususpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan(1)kesiapangurudalampelaksanaanKTSPIPSpadabahankajiansejarah(2)pengembanganperangkatpembelajaranKTSPIPSpadabahankajiansejarah(3)pelaksanaanKTSPdalampembelajaranIPSbahankajiansejarah(4)faktorpendukungdanpenghambatpelaksanaanKTSPdalampembelajaranIPSbahankajiansejarah.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangandeskriptifyangmenggunakanpendekatankualitatif.SubyekpenelitianadalahwakilkepalasekolahbagiankurikulumSMPN3KepanjengurumatapelajaranIPSkelasVIISMPN3KepanjensiswakelasVIISMPN3Kepanjen.Instrumendalampenelitianiniadalahpeneliti(humaninstrument)yangmelakukanobservasiwawancaradokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaguruyangkualifikasidandisiplinilmunyaS-1geografiIKIPMalangsiapmelaksanakanKTSPIPSdenganmengikutiberbagaipelatihanyangmendukungsepertiMGMPMGMPSseminardanworkshopyangberkaitandenganmatapelajaranIPS.GurumengembangkanperangkatpembelajaranyangtelahdisediakanolehtimpengembangkurikulumsekolahdenganmelakukanpemetaanKDanalisisalokasiwaktudenganmelihatkalenderakademikmenyusunpromesdanprotasilabusdanRPP.GurumelaksanaanKTSPdalampembelajaranIPSbahankajiandenganmenyampaikanmaterisesuaidenganSKdanKDsertamemperhatikaniikemungkinanyangakanterjadipadasiswasaatmenerimamateri.Sedangkanmetodeyangdipakaiadalahmetodeceramahdantanyajawabkarenakeduanyadianggapsalingmelengkapi.SedangkanmediayangdigunakanmulaidaribukuyangrelevanLKSdanpetasampaimediayangsudahdisediakansekolahsepertiTVDVDdanOHP.UntuksumberbelajardenganmenggunakanbukuyangrelevanLKSpeta.Penilaiannyaadalahdenganmenggunakantekniktestulisinstrumenberupatesuraiandanpilihangandayaitu4soaluraiandan18soalpilihanganda.FaktorpendukungpelaksanaanKTSPdalampembelajaranIPSbahankajiansejarahmeliputisosialisasiKTSPketersediaanperangkatpembelajaranadanyaBSEdanfasilitasinternet.SedangkanfaktorpenghambatnyameliputibelumadanyalembagapendidikanyangmengeluarkanprodukgurukhususuntukmatapelajaranIPSketidaksesuaianantarakualifikasiakademikdandisiplinilmudenganbahankajianyangdiajarkan.BerdasarkanhasilpenelitianhendaknyagurusiapmelaksanakanKTSPwalaupununtukdisiplinilmuyangdimilikinyabelumsesuaidenganrekomendasipembelajaranterpadupadamatapelajaranIPSyaitudenganmengikutiberbagaipelatihanyangmendukungpelaksanaanKTSPsepertiMGMPMGMPSseminardanworkshop.Denganberbagaipelatihanitupulagurudiharapkansecaramandiribelajarmengembangkanperangkatpembelajarantanpaharusmenggantungkanpertangkatpembelajaranyangdisediakanolehsekolah.HaltersebutperludiperhatikanuntukmemperlancarpelaksanaandaripadaKTSPIPSbahankajiansejarah.