Pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran IPS bahan kajian sejarah kelas VII di SMPN 3 Kepanjen tahun 2008/2009 / Fajar Setiyawan

Main Author: Setiyawan, Fajar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54492/
Daftar Isi:
  • KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)merupakanprogrampengganti/perbaikandarikurikulum2004(KBK)yangdisusundandilaksanakanolehmasing-masingsatuanpendidikan.PelaksanaanKBKdiSMPN3Kepanjentahun2006yangbelummaksimaldilanjutkandenganpelaksanaanKTSPmulaitahun2007/2008sampaisekarang.DalampelaksanaannyasekolahmengadakanpembagiantugasmengajardenganmenyediakanduaorangguruIPSyangjumlahdandisiplinilmunyabelumsesuaidenganrekomendasipembelajaranterpadumatapelajaranIPS.Dengandemikianperludilakukanpenelitianmengenaibagaimana(1)kesiapangurudalampelaksanaanKTSPIPSpadabahankajiansejarah(2)pengembanganperangkatpembelajaranKTSPIPSpadabahankajiansejarah(3)pelaksanaanKTSPdalampembelajaranIPSbahankajiansejarahdan(4)faktorapasajayangpendukungdanpenghambatpelaksanaanKTSPdalampembelajaranIPSbahankajiansejarah.TujuanpenelitiansecaraumumadalahmendeskripsikanpelaksanaanKTSPpadamatapelajaranIPSbahankajiansejarah.Tujuankhususpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan(1)kesiapangurudalampelaksanaanKTSPIPSpadabahankajiansejarah(2)pengembanganperangkatpembelajaranKTSPIPSpadabahankajiansejarah(3)pelaksanaanKTSPdalampembelajaranIPSbahankajiansejarah(4)faktorpendukungdanpenghambatpelaksanaanKTSPdalampembelajaranIPSbahankajiansejarah.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangandeskriptifyangmenggunakanpendekatankualitatif.SubyekpenelitianadalahwakilkepalasekolahbagiankurikulumSMPN3KepanjengurumatapelajaranIPSkelasVIISMPN3KepanjensiswakelasVIISMPN3Kepanjen.Instrumendalampenelitianiniadalahpeneliti(humaninstrument)yangmelakukanobservasiwawancaradokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaguruyangkualifikasidandisiplinilmunyaS-1geografiIKIPMalangsiapmelaksanakanKTSPIPSdenganmengikutiberbagaipelatihanyangmendukungsepertiMGMPMGMPSseminardanworkshopyangberkaitandenganmatapelajaranIPS.GurumengembangkanperangkatpembelajaranyangtelahdisediakanolehtimpengembangkurikulumsekolahdenganmelakukanpemetaanKDanalisisalokasiwaktudenganmelihatkalenderakademikmenyusunpromesdanprotasilabusdanRPP.GurumelaksanaanKTSPdalampembelajaranIPSbahankajiandenganmenyampaikanmaterisesuaidenganSKdanKDsertamemperhatikaniikemungkinanyangakanterjadipadasiswasaatmenerimamateri.Sedangkanmetodeyangdipakaiadalahmetodeceramahdantanyajawabkarenakeduanyadianggapsalingmelengkapi.SedangkanmediayangdigunakanmulaidaribukuyangrelevanLKSdanpetasampaimediayangsudahdisediakansekolahsepertiTVDVDdanOHP.UntuksumberbelajardenganmenggunakanbukuyangrelevanLKSpeta.Penilaiannyaadalahdenganmenggunakantekniktestulisinstrumenberupatesuraiandanpilihangandayaitu4soaluraiandan18soalpilihanganda.FaktorpendukungpelaksanaanKTSPdalampembelajaranIPSbahankajiansejarahmeliputisosialisasiKTSPketersediaanperangkatpembelajaranadanyaBSEdanfasilitasinternet.SedangkanfaktorpenghambatnyameliputibelumadanyalembagapendidikanyangmengeluarkanprodukgurukhususuntukmatapelajaranIPSketidaksesuaianantarakualifikasiakademikdandisiplinilmudenganbahankajianyangdiajarkan.BerdasarkanhasilpenelitianhendaknyagurusiapmelaksanakanKTSPwalaupununtukdisiplinilmuyangdimilikinyabelumsesuaidenganrekomendasipembelajaranterpadupadamatapelajaranIPSyaitudenganmengikutiberbagaipelatihanyangmendukungpelaksanaanKTSPsepertiMGMPMGMPSseminardanworkshop.Denganberbagaipelatihanitupulagurudiharapkansecaramandiribelajarmengembangkanperangkatpembelajarantanpaharusmenggantungkanpertangkatpembelajaranyangdisediakanolehsekolah.HaltersebutperludiperhatikanuntukmemperlancarpelaksanaandaripadaKTSPIPSbahankajiansejarah.