Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) pada pembelajaran sejarah kelas VII di SMP Negeri 1 Malang / Liesna Apriliani

Main Author: Apriliani, Liesna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54490/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAprilianiLiesna.2009.MeningkatkanMotivasidanPrestasiBelajarSiswaMelaluiPenerapanPendekatanCTL(ContextualTeachingandLearning)padaPembelajaranSejarahKelasVIIdiSMPNegeri1Malang.SkripsiJurusanSejarahProgramStudiPendidikanSejarahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanLegawaM.Si(II)Drs.MarsudiM.Hum.KataKunciPendekatanCTLMotivasidanPrestasiBelajar.Kualitaskehidupanbangsasangatditentukanolehfaktorpendidikan.Pendidikankitamasihdidominasiolehpandanganbahwapengetahuansebagaiseperangkatfakta-faktayangharusdihapalterutamabidangstudisejarah.Kelasterfokuspadagurusebagaisumberutamapengetahuandanceramahmenjadipilihanstrategibelajar.DiSMPNegeriIMalanggurusejarahmasihdominanmenggunakanmetodeceramahdanpenugasan.Namunternyatainimenimbulkanpermasalahanbaikbagigurumaupunsiswakarenaprestasibelajarsiswayangkurangoptimal.UntukmengatasipermasalahaninimakadipilihlahpendekatanCTL.DenganpendekatanCTLpelaksanaanpembelajaranjauhlebihmendalamdaripadamenggunakanceramah.MelaluipembelajaranCTLberbagaikemampuansiswasepertibelajarmandiribekerjasamadanberfikirkritisdapatdikembangkanuntukmemberikanbekalbagimereka.Dengankonsepinihasilpembelajarandiharapkandapatmeningkatdanlebihbermaknabagisiswasertadapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa.Rumusanmasalahdalampenelitianiniyaitu(1)bagaimanaprosespembelajaransejarahdenganpendekatanCTL(2)apakahpenerapanpendekatanCTLdapatmeningkatkanmotivasibelajar(3)danprestasibelajarsiswakelasVIIFSMPNegeri1Malang.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendiskripsikanprosespembelajaransejarahdenganpendekatanCTL(2)mendiskripsikanmotivasibelajarsiswa(3)danprestasibelajarsiswamelaluipenerapanpendekatanCTLpadapembelajaransejarahkelasVIIFSMPNegeri1Malang.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahkualitatifsedangkanjenispenelitiannyayaitutindakankelas(PTK).Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasicatatanlapangandokumentasidantes.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaransejarahdenganpendekatanCTLdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Siswayangtermotivasidalambelajarmenunjukkanminatkegairahanperhatiankeaktifandanketekunanyangtinggidalambelajar.Peningkatanmotivasibelajarjugadiikutidenganpeningkatanprestasibelajarsiswa.Halinidapatdilihatdarihasiltesnilairata-ratasiklusIadalah6931dansiklusIIadalah8620.SedangkanhasilpenilaianprosessiklusIadalah705dansiklusIIadalah823.Saranyangdapatdiberikanyaituguruhendaknyalebihselektifdalammemilihpendekatanpembelajarandankreatifdalammenentukanstrategidanmetodepembelajarangunameningkatkanmotivasibelajarsertamemperbaikikualitaspembelajaran.Bagipenelitilainyangtertarikuntukmemperbaikiataumelanjutkanpenelitianinidisarankanagarpenelititersebutmempunyaipersiapanyanglebihbaikdankreatif.