Efektivitas model problem based learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bidang studi sejarah di kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen / Genta Mardhika Wijaya

Main Author: Wijaya, Genta Mardhika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54472/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWijayaGentaMardhika.2009.EfektivitasModelProblemBasedLearningdalamMeningkatkanPrestasiBelajarSiswaPadaMataPelajaranIlmuPengetahuanSosial(IPS)BidangStudiSejarahDiKelasVIIISMPNegeri4Kepanjen.SkripsiJurusanPendidikanSejarahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.JokoSayonoM.PdM.Hum(II)Drs.DewaAgungGedeAgungM.Hum.KatakunciEfektifitasmodelProblemBasedLearningprestasibelajar.MatapelajaranIlmuPengetahuanSosial(IPS)khususnyamaterisejarahmerupakanpelajaranyangkurangdiminatiolehsiswakarenasaatinikebanyakanguruselalumenggunakanmetodeceramahuntukmenyampaikanmaterisehinggamembuatsuasanakelasmenjadimonoton.UntukitugurusebagaipengajarharuskreatifdalammenyampaikanmaterisalahsatunyaadalahdenganmenggunakanmodelpembelajaranlainsepertimodelProblemBasedLearning.ModelProblemBasedLearninginisejalandenganKurikulum2006yaituKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yangmenuntutgurumenciptakansuasanakelasyangmenyenangkanuntukitupenelitimelakukanpenelitiandiSMPNegeri4KepanjenuntukmengetahuikeefektifitasandariModelProblemBasedLearningterhadapprestasibelajarpadabidangstudisejarahsiswakelasVIII.DenganhipotesisModelProblemBasedLearningefektifuntukmeningkatkanprestasibelajarsejarah.Alasanpemilihanjudulinikarena(1)SMPNegeri4kepanjentelahmenerapkanKTSPdanmenjadirintisanSekolahbertarafinternasionaltetapimasihmenggunakanmetodeceramahdalammenyampaikanmateri(2)ModelPBLadalahmodelpembelajaraninkuiriyangberpusatpadapemecahanmasalaholehsiswatanpabantuandarigurusehinggasiswalebihmemahamiisimateriselainitupermasalahanyangdiberikandiambildaridaridunianyata.Rumusanmasalahdaripenelitianiniadalah(1)bagaimanakahhubunganmodelProblemBasedLearningdenganprestasibelajarsiswakelasVIIISMPNegeri4KepanjenpadamatapelajaranIPSbidangstudisejarah(2)bagaimanakahefektivitasmodelProblemBasedLearningdalammeningkatkanprestasibelajarsiswakelasVIIISMPNegeri4KepanjenpadamatapelajaranIPSbidangstudisejarahselainituhipotesisdaripenelitianiniadalahModelProbblemBasedLearningefektifuntukmeningkatkanprestasibelajardengankriteriapengujianH0diterimajikathitungttabeldantolakH0jikathitungmempunyainilai-nilailaindenganderajatkebebasann1n22danpeluang(1-a).ModelProblemBasedLearningadalahsuatupendekatanpembelajaranyangmenggunakanmasalahdunianyatasebagaisuatukonteksbagisiswauntukbelajartentangcaraberfikirkritisdanketerampilanpemecahanmasalahsertauntukmemperolehpengetahuandarikonsepyangesensialdarimateripelajaran.Daripengalamanmemecahakanmasalahsendiritanpabantuandarigurumengakibatkansiswatersebutlebihpahammakadapatmembawahasildenganprestasibelajar.PrestasibelajaradalahkeluaranatauoutputdarisiswasetelahmemperolehpengalamanbelajardariguruEfektifitasadalahberhasilgunaataumembawahasil.Sehinggakitadapatmengetahuiapakahmodelpembelajarantersebutefektifuntukmeningkatkanprestasibelajar.Penelitianiniadalahpenelitianeksperimenyaitupenelitimenggunakanduakelasyaitukelaskontroldankelaseksperimen.Padakeduakelasitudiberikanperlakuanyangberbeda.Setelahitudilakukanujireliabilitasdanvaliditasnormalitashomogenitasujikesamaanrata-ratakemampuanawaldanujihipotesisuntukmenentukankeefektifitasandarimodelProblemBasedLearning.HasildaripenelitianadalahModelProblemBasedLearningefektifuntukmeningkatkanprestasibelajarsejarahiniterbuktidenganhasilprestasibelajarsiswakelaseksperimendarirata-ratakemampuanawal4611menjadi8422danujihipotesisyangmenunjukkanperbedaanyangsignifikanantarakelaseksperimendengankelaskontrolyaituthitung4.86danttabel1.66.Selainitupadaprosespembelajaransiswajugasangataktifuntukmencarijawabandaripertanyaanyangdiberikan.BerdasarkandaripenelitianmakagurudapatmenggunakanmodelProblemBasedLearningsebagaialternatifmenyampaikanmateriselainceramah.SehinggakondisikelasnantinyatidakmonotondansesuaidenganKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yangmenginginkanpembelajaranyangaktifkreatifdanefektif.