Penerapan pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Head Together) untuk peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran sejarah kelas VIII E SMP Negeri 18 Malang / Supriyanto
Main Author: | Supriyanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54463/ |
Daftar Isi:
- KegiatanbelajarmengajaradalahintiprosespendidikanyangberlangsungdiTamanKanak-kanak.DalamhalinimanajemenkurikulumdanpembelajarandiTamanKanak-kanakdiarahkanpadaupayapenciptaansituasibelajaryangtertibdanteratur.Kepalasekolahbertanggungjawabterhadapmanajemenkurikulumdanpembelajaranyangbaikagarterciptaprosesbelajarmengajaryangdenganmudahdirencanakandiorganisasikandilaksanakandandievaluasi.DalampelaksanaankegiatanbelajarmengajardiTamanKanak-kanakpendekatanpembelajaranmemegangperananyangsangatpentingdalamupayamenyampaikanmateribahanajarpadaanakdidiksalahsatupendekatanpembelajaranyangbaruditerapkanadalahpendekatanpembelajaransentraatauBCCT(BeyondCentersandCircleTime)yaitukonsepbelajardimanagurumenghadirkandunianyatakedalamkelasdanmendoronganakdidikmembuathubunganantarapengetahuanyangdimilikidenganpenerapannyadalamkehidupanmerekasehari-hari(Depdiknas2005).FokuspenelitianiniadalahmanajemenkurikulumdanpembelajaransentradiTamanKanak-kanakdenganrinciansebagaiberikut(1)bagaimanakahperencanaanpembelajaransentradiTKNegeriPembinaBanjarbarudanTKFantashaBanjarbaru(2)bagaimanakahpengorganisasianpembelajaransentradiTKNegeriPembinaBanjarbarudanTKFantashaBanjarbaru(3)bagaimanakahpelaksanaanpembelajaransentradiTKNegeriPembinaBanjarbarudanTKFantashaBanjarbarudan(4)bagaimanakahpemantauanprogrampembelajaransentradiTKNegeriPembinaBanjarbarudanTKFantashaBanjarbaru.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganmultikasuskarenaduakasuspenelitiandenganlataryangberbeda.Teknikpengumpulandatanyadilakukandengantigacarayakni(1)wawancaramendalam(2)observasiberperansertapasif(3)studidokumentasi.Pemilihaninformanpenelitianinimenggunakantekniksnowballsampling.Datayangterkumpuldianalisissecaradeskriptifdenganalur(a)reduksidata(b)penyajiandata(c)penarikankesimpulan(d)analisisdatakasusindividu(e)analisisdatalintaskasus.Agarmemperolehkeabsahandatadilakukandengantigakriteria(1)kredibilitas(2)dependenitasdan(3)konfirmabilitas.DarihasilpenelitianditemukanbahwamanajemenkurikulumdanpembelajaransentradiTamanKanak-kanakmerupakanusahayangdilakukanolehsekolahdalamrangkaterciptanyaprosesbelajarmengajaryangefektifdanefesien.EfektivitasdanefesiensipembelajarantersebutdapatdilihatdaripelaksanaanmanajemenkurikulumdanpembelajaransentrasebagaiberikutPertamaperencanaanpembelajaransentraterdiriatas(1)pengembangankurikulumpengembanganharusperhatikantujuandaripendidikanTamanKanak-kanakKurikulumTK2004danKurikulumMuatanSekolah(2)timpengembangkurikulumdibentukpadatiapawalsetiapsemesteruntukmenyusunprogramsemesterdanprogramkegiatanmingguandan(3)penyusunanprogrampembelajaranterdiriataspenyusunanprogramsemesterprogramkegiatanmingguandanprogramkegiatanharian.Keduapengorganisasianpembelajaransentraterdiriatas(1)pembagiantugasguruterdiridarigurusentradanguruwalikelompok(2)pengaturanruangkelompokdiaturdengansistemruangsentraataumovingclassdan(3)penyusunanjadwalsentrasecarabergiliransehinggasetiapkelompokmendapatkanjadwalkegiatanbelajardisemuasentra.Ketigapelaksanaanpembelajaransentraterdiriatas(1)kegiatanbelajarmengajarterdiriataskegiatanpembukaankegiatanintidankegiatanpenutup(2)pijakandalamsentramerupakanaturanyaitupijakanlingkunganpijakansebelummainpijakansaatmaindanpijakansetelahmain(3)puncaktemadilaksanakansetiapsubtemaselesaidisampaikandanmelibatkanorangtuauntukmemberikandukungandana.Keempatpemantauanprogrampembelajaransentraterdiriatas(1)pelaksanaanobservasikelompokdilaksanakansecaraberkaladanterjadwalbaikformaldaninformal(2)tindaklanjuthasilobservasiyangbersifatindividualdankelompokdan(3)evaluasihasilbelajaranakdidikmerupakanpenilaianhasilbelajaranakdidikdilakukanolehgurusentradanguruwalikelompok.BerdasarkantemuanpenelitiantentangmanajemenkurikulumdanpembelajaransentraadabeberapasaranyangditujukankepadaPertamabagiDinasPendidikanKotaBanjarbaruhendaknyadapatmensosialisasikanpelaksanaanmanajemenkurikulumdanpembelajaransentrakepadaseluruhTamanKanak-kanakdiKotaBanjarbaruagarparakepalasekolahdangurumampudanbisamenerapkanpembelajaransentradenganbaik.KeduabagiGOPTKIKotaBanjarbarukiranyamemberikandukungankepadasekolahdalampenerapanpembelajaransentra.Berupapengadaansaranadanprasaranayangdibutuhkandalampembelajaransentra.KetigabagiIGTKIKotaBanjarbaruhendaknyadapatmengadakanpelatihanbagikepalasekolahdanguruTamanKanak-kanakmengenaipelaksanaanmanajemenkurikulumdanpembelajaransentradiTamankanak-kanak.Keempatbagikepalasekolahkiranyalebihmeningkatkanpelaksanaanpemantauanprogrampembelajaransentralebihintensifsehinggakelemahan-kelemahandalampembelajaransentradapatsegeradicarikansolusinya.KelimabagiparapenelitiselanjutnyakiranyadapatmelakukanpenelitianlebihlanjutmengenaipembelajaransentradiTamanKanak-kanakmisalnyamengenaikepemimpinandalampembelajaransentradiTamanKanak-kanak.