Penerapan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS) untuk peningkatan keaktifan siswa kelas VII pada pelajaran sejarah di SD-SMP Negeri satu atap bendosari Pujon-Malang / Dewita Harthanti
Main Author: | Harthanti, Dewita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54451/ |
Daftar Isi:
- Keberhasilankegiatanpembelajaransangatmenentukanprestasidankeberhasilansiswa.Keberhasilanpembelajarandipengaruhiolehbeberapafaktordiantaranyaperangurudansiswapenerapanmetodedanmediapembelajaran.Keaktifanpesertadidikdalammenjalanikegiatanpembelajaranmerupakansalahsatukuncikeberhasilanpencapaiantujuanpendidikan.Aktivitasmerupakanasasyangterpentingdariasas-asasdidaktikkerenabelajarsendirimerupakansuatukegiatandantanpaadanyakegiatantidakmungkinseseorangbelajar.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmengaktifkansiswadanberangkatdariasasbahwaindividumerupakanmanusiayangbelajaraktifdanselaluingintahuadalahpembelajarankooperatifmodelTPS.TPSadalahsuatustrategidiskusikooperatifyangmemberikankepadasiswawaktuuntukberfikirdanmeresponsertasalingbantusatusamalainnya.Modelinimemperkenalkanidewaktuberfikiratauwaktutungguyangbanyakmenjadifaktorkuatdalammeningkatkankemampuansiswameresponpertanyaan.KeunggulanlaindariteknikiniadalahoptimalisasipartisipasisiswaDenganpembelajaranTPSsiswamenjadiarifdaninteraktifdikelas.KarenapadadasarnyatujuanpembelajarankooperatifmodelTPSadalahmengembangkanpartisipasisiswadalamkelasmelaluidiskusibaikdenganpasanganmaupunkelas.Melaluimodelpembelajaraninisiswadapatmengembangkankemampuanberfikirnyaagardapatmenghasilkanide-ideyangberkualitas.Penelitianinibertujuanuntukmenjawabpertanyaan(1)BagaimanapenerapanmetodepembelajarankooperatifmodelTPSpadamatapelajaransejarahkelasVIIdiSD-SMPNegeriSatuAtapBendosariPujon-Malang(2)BagaimanakeaktifansiswakelasVIISD-SMPNegeriSatuAtapBendosariPujon-MalangpadamatapelajaransejarahsetelahpenerapanmodelpembelajaranTPSSubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIISD-SMPNegeriSatuAtapBendosariPujon-Malangtahunajaran2007-2008denganjumlah34siswa.Jenispenelitianyangdipergunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.TeknikanalisisdatayangdipergunakanadalahteknikanalisisdatadariMilesdanHubermanyangterdiridaritahapreduksidatapenyajiandatadantahappenerikankesimpulan.Penelitianinimemfokuskan/menilaiketerlaksanaanpembelajarankooperatifmodelTPSolehgurukegiatan/aktivitassiswadalampelaksanaantahapan-tahapanpembelajarankooperatifmodelTPSdanpeningkatankeaktifansiswakelasVIImempergunakanpersentase.SedangkaniinstrumenpengumpulandatayangdipergunakanadalahformatobservasiuntukketerlaksanaanpembelajarankooperatifmodelTPSolehguruformatobservasikegiatan/aktivitassiswadalampelaksanaantahapan-tahapanpembelajarankooperatifmodelTPSformatobservasipeningkatankeaktifansiswawawancaradancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarankooperatifmodelTPSdapatmeningkatkankeaktifansiswayangditunjukkanolehpeningkatanpersentaseseluruhaspekkeaktifansiswayangdiamatiyaitudari53.1%padasiklusIyangjikadiklasifikasikankedalampersentasekeberhasilantindakantermasukdalamkategoricukupmenjadi64%padasiklusIIdanjikadiklasifikasikankedalampersentasekeberhasilantermasukdalamkategoribaik.Jadipersentasekeaktifanmengalamipeningkatansebesar10.9%.SedangkanuntukketerlaksanaanpembelajarankooperatifmodelTPSolehgurujugamengalamipeningkatandarisiklusIkesikluskeIIyaitudari69.7%menjadi90.8%denganpeningkatansebesar21.1%.halinimengindikasikanbahwagurusudahdapatmelaksanakanpembelajaransejarahdenganmenggunakanmodelTPSdenganbaik.Danuntukpelaksanaantahapan-tahapanpembelajarankooperatifmodelTPSolehsiswamengalamipeningkatansebesar11.9%.Daripersentasesebesar66.7%padasiklusImenjadi78.6%padasiklusII.Halinimengindikasikanbahwasiswatelahmemahamidandapatmelaksanakantahapan-tahapanpembelajarankooperatifmodelTPSdenganbaik.Adapunsaranyangdapatdiberikanpenelitisebagaiberikut(1)BagigurumodelpembelajaraninibaruditerapkanpadamateriperkembanganmasyarakatkebudayaandanpemerintahanpadamasaIslamdankolonialEropajadiperlujugaditerapkanpadamateriyanglainnya.Danyangtakkalahpentingnyahasildaripekerjaansiswabaikdalamtahapthinkmaupunpairharusdinilaidandikembalikanpadasiswa.Halinidilakukanagarsiswadapatmengukurkemampuandirinyadanmerasapekerjaannyadihargai.(2)BagisiswasiswaharuslebihkooperatifdengangurudalampelaksanaanpembelajarandenganmemahamidanmelaksanakanaturandalamsetiaptahapanpembelajarankooperatifmodelTPS(3)BagipenelitianselanjutnyapenelitiselanjutnyadapatmenerapkanmetodepembelajarankooperatifmodelTPSpadasubjekpenelitianlainnyauntukmengatasipermasalahandanmeningkatkankualitaspembelajarandikelaspenelitidapatmelakukaneksperimendenganmembandingkanefektifitasantarapembelajaranmodelTPSdenganmodelpembelajaranlainnya.sertadapatmenetapkankriteriapenilaianagardapatdiketahuisetiapkualitasdarikegiatan/keaktifansiswaselamamengikutikegiatanpembelajarankooperatifmodelTPSdikelas.