Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelompok satu di kelas X-C pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ponggok / Ary Cahyo Nugroho
Main Author: | Ary Cahyo Nugroho |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54440/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkanperanfungsidankegunaannyasemestinyapelajaransejarahmerupakanpelajaranyangpentinguntukdipelajarimenarikdanmenyenangkantetapikenyataandisekolah-sekolahtidakdemikian.Seringkalisiswamemandangpelajaransejarahsebagaipelajaranyangmembosankankarenapenuhdenganhafalanfaktakeringtahundanperistiwa-peristiwabelakahaltersebutmenyebabkansiswamenjadisubyekyangpasifdanpadaakhirnyahasilbelajarsiswamenjadikurangmaksimal.BerdasarkanwawancarapenelitidengangurupembinamatapelajaransejarahkelasXdiSMAN1PonggokditemukanpermasalahanutamadalamprosesbelajarmengajaryaitusebagianbesarsiswakelompoksatudikelasX-Ccenderungmempunyaimotivasibelajarsejarahyangmasihrendah.BerdasarkankeadaantersebutpenelitimengusulkanditerapkannyasuatumodelpembelajaranyangsecarateoritisbisameningkatkanmotivasibelajarsiswadanmodelpembelajaranyangdimaksudadalahmodelpembelajaranberbasismasalahatauProblemBasedLearning.Pembelajaranberbasismasalahadalahsuatumodelpembelajaranyangdapatmembuatsiswabisabelajarberpikirkritiskreatifdantrampildalammemecahkanmasalah.Rumusanmasalahyangakandibahasdalampenelitianiniadalah(1)bagaimanakahpenerapanpembelajaranberbasismasalahpadamatapelajaransejarahterhadapsiswakelasX-CdiSMANegeri1Ponggok(2)bagaimanakahmotivasibelajarsejarahsiswakelompoksatudikelasX-Csebelumdansetelahditerapkanmodelpembelajaranberbasismasalah(3)apakahpenerapanmodelpembelajaranberbasismasalahdikelasX-CdapatmeningkatkanmotivasibelajarsejarahsiswakelompoksatuPenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwamotivasibelajarsejarahsemuasiswakelompoksatusetelahditerapkannyamodelpembelajaranberbasismasalahmengalamipeningkatanadapunpeningkatantersebutdiukurberdasarkanlimaindikatormotivasiyaituperhatianwaktubelajarusahairamaperasaandanpenampilan.Peningkatanmotivasibelajarsejarahsiswakelompoksatutersebutdibuktikandenganadanyapeningkatanmasing-masingindikatormotivasidiataspadatiap-tiapsiswakelompoksatu.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagargurusejarahsebaiknyatidakhanyamenggunakanmetodeceramahataukonvensionalsebagaisatu-satunyametodedalammenyampaikanmaterisejarah.Modelpembelajaranyangdigunakansebaiknyadisesuaikandenganmateridankarakteristikpelajaransejarah.