Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelompok satu di kelas X-C pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ponggok / Ary Cahyo Nugroho

Main Author: Ary Cahyo Nugroho
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54440/
Daftar Isi:
  • Berdasarkanperanfungsidankegunaannyasemestinyapelajaransejarahmerupakanpelajaranyangpentinguntukdipelajarimenarikdanmenyenangkantetapikenyataandisekolah-sekolahtidakdemikian.Seringkalisiswamemandangpelajaransejarahsebagaipelajaranyangmembosankankarenapenuhdenganhafalanfaktakeringtahundanperistiwa-peristiwabelakahaltersebutmenyebabkansiswamenjadisubyekyangpasifdanpadaakhirnyahasilbelajarsiswamenjadikurangmaksimal.BerdasarkanwawancarapenelitidengangurupembinamatapelajaransejarahkelasXdiSMAN1PonggokditemukanpermasalahanutamadalamprosesbelajarmengajaryaitusebagianbesarsiswakelompoksatudikelasX-Ccenderungmempunyaimotivasibelajarsejarahyangmasihrendah.BerdasarkankeadaantersebutpenelitimengusulkanditerapkannyasuatumodelpembelajaranyangsecarateoritisbisameningkatkanmotivasibelajarsiswadanmodelpembelajaranyangdimaksudadalahmodelpembelajaranberbasismasalahatauProblemBasedLearning.Pembelajaranberbasismasalahadalahsuatumodelpembelajaranyangdapatmembuatsiswabisabelajarberpikirkritiskreatifdantrampildalammemecahkanmasalah.Rumusanmasalahyangakandibahasdalampenelitianiniadalah(1)bagaimanakahpenerapanpembelajaranberbasismasalahpadamatapelajaransejarahterhadapsiswakelasX-CdiSMANegeri1Ponggok(2)bagaimanakahmotivasibelajarsejarahsiswakelompoksatudikelasX-Csebelumdansetelahditerapkanmodelpembelajaranberbasismasalah(3)apakahpenerapanmodelpembelajaranberbasismasalahdikelasX-CdapatmeningkatkanmotivasibelajarsejarahsiswakelompoksatuPenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwamotivasibelajarsejarahsemuasiswakelompoksatusetelahditerapkannyamodelpembelajaranberbasismasalahmengalamipeningkatanadapunpeningkatantersebutdiukurberdasarkanlimaindikatormotivasiyaituperhatianwaktubelajarusahairamaperasaandanpenampilan.Peningkatanmotivasibelajarsejarahsiswakelompoksatutersebutdibuktikandenganadanyapeningkatanmasing-masingindikatormotivasidiataspadatiap-tiapsiswakelompoksatu.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagargurusejarahsebaiknyatidakhanyamenggunakanmetodeceramahataukonvensionalsebagaisatu-satunyametodedalammenyampaikanmaterisejarah.Modelpembelajaranyangdigunakansebaiknyadisesuaikandenganmateridankarakteristikpelajaransejarah.