Perbedaan prestasi belajar sejarah antara siswa yang belajar dengan menggunakan peta konsep dan yang menggunakan metode ceramah di kelas VIII SMP Negeri 20 Malang / Purwanti

Main Author: Purwanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/54433/
Daftar Isi:
  • Perkembanganpengetahuanyangpesatmengharuskangurudapatmemilihstrategidanmetodeyangmemungkinkansiswaterlibatsecaraaktifdalampembelajaran.PenggunaanmetodeceramahdalampembelajaranSejarahmasihbanyakdigunakandanmasihdianggappalingefektif.NamunMelaluimetodeceramahsajamenjadikanSejarahdianggappelajarahhafalanpenuhdenganfaktafaktakeringberupaurutantahundanperistiwasajasehinggapelajaranSejarahmenjadimembosankankarenasiswatidakbelajardaripengalamannyasendiri.Kondisiinipadaakhirnyaakanmempengaruhiprestasibelajar.HalinidapatdimengertikarenapelajaranSejarahsebenarnyasyaratakankonsepkonsepyangmemerlukanpemahamandalammempelajarinyabukanhanyamembacadanmenghafalnya.Penguasaanterhadapkonsep-konsepsangatdiperlukanhinggafaktayangdiperolehtidakberdirisendiritetapidikaitkandalamhubunganyangbermakna.DiperlukanpengajaranSejarahyangmenjadikanbelajarbermaknadikelasyaitumelaluistrategipetakonsep.MelaluistrategipetakonsepdapatmenjadikansiswadapatmenguasaikonsepyangberkaitandenganmatapelajaranSejarahuntukmeningkatkankemampunsiswadalammemahamimateri(dalamhalinikonsepSejarah).Pemilihanstrategiinidapatberdampakmeningkatkanprestasibelajarsiswa.SelamainimetodepembelajaranyangseringdigunakandiSMPN20Malangadalahmetodeceramah.TernyatametodeceramahyangdigunakandiSMPNegeri20MalangkurangbisameningkatkanprestasibelajarSejarahkhususnyapadapokokbahasanTumbuhdanBerkembangnyaKesadaranNasionalUntukMencapaiIndonesiaMerdeka.Walaupundemikianpenerapanmetodeceramahyangsesuaidenganprinsip-prinsipceramahyangbaikharusnyabisamenumbuhkanminathasratsertaantusiaspadamateriyangdipelajari.Rumusanmasalahpadapenelitianiniadalah1.BagaimanaprestasibelajarSejarahsiswakelasVIIISMPN20Malangyangbelajardenganmenggunakanpetakonsep2.BagaimanaprestasibelajarSejarahsiswakelasVIIISMPN20Malangyangbelajardenganmenggunakanmetodeceramah3.BagaimanaperbedaanprestasibelajarSejarahsiswakelasVIIISMPN20MalangyangbelajardenganmenggunakanpetakonsepdanmetodeceramahPenelitianinibertujuanuntuk1.UntukmengetahuiprestasibelajarSejarahsiswakelasVIIISMPN20Malangyangbelajardenganmenggunakanpetakonsep2.UntukmengetahuiprestasibelajarSejarahsiswakelasVIIISMPN20Malangyangbelajardenganmenggunakanmetodeceramah3.UntukmengetahuiperbedaanprestasibelajarSejarahsiswakelasVIIISMPN20Malangyangbelajardenganmenggunakanpetakonsepdanmetodeceramah.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimendenganrancanganadanyakelompokkontroldankelompokeksperimen.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeri20Malangsemestergasaltahunpelajaran2007/2008.Subjekpenelitianadalah82orangsiswayaitukelasVIIIEsebagaikelaseksperimendankelasVIIIHsebagaikelaskontrol.Dalampelaksanaannyakelaseksperimendiajarmenggunakanpetakonsepdankelaskontrolmenggunakanmetodeceramah.Databerupaprestasibelajardikumpulkanmelaluitesprestasibelajarsebagaiinstrumentuntukpengumpulandata.Untukkeperluananalisisdatadigunakananalisisuji-t.Hasilpenelitianmenunjukanrata-ratanilaikelaseksperimenadalah7476sedangkankelaskontroladalah6671.Halinimenunjukankelasyangbelajarmenggunakanpetakonsepmempunyaiprestasibelajaryanglebihtinggidaripadakelasceramah.Hasilanalsisujitterhadapkelaseksperimendankelaskontrolyaitunilaitpadakelaseksperimenadalah17893danttabel199.Padakelaskontroldiperolehthitung11064danttabel199yangberartithitungttabelsehinggaHoditolakdanHiditerima.HasiltersebutsekaligusmenunjukanterdapatperbedaanprestasibelajarSejarahantarayangbelajarmenggunakanstrategipetakonsepdanmetodeceramah.BerdasarkanhasilpenelitianterlepasdariadanyakelebihandankekuranganinstrumendisarankanuntukmeneruskanmenggunakanstrategipetakonsepdalampembelajarankarenadalampenelitianmenunjukandapatmeningkatkanprestasibelajarSejarah.Penelitianserupadisarankanuntuklebihmengembangkaninstrumenprosedursertamengambilsampelyanglebihluas.DisampingitudisarankanstrategiyangsamadikembangkanbukanhanyadibandingkandenganmetodeceramahtetapidibandingkandenganmetodekooperatifsepertiSTADJigsawdansebagainyaagardapatlebihdiketahuiperbedaanprestasibelajarSejarahyangdiperoleh.