Perbedaan prestasi belajar sejarah antara siswa yang belajar dengan menggunakan peta konsep dan yang menggunakan metode ceramah di kelas VIII SMP Negeri 20 Malang / Purwanti
Main Author: | Purwanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54433/ |
Daftar Isi:
- Perkembanganpengetahuanyangpesatmengharuskangurudapatmemilihstrategidanmetodeyangmemungkinkansiswaterlibatsecaraaktifdalampembelajaran.PenggunaanmetodeceramahdalampembelajaranSejarahmasihbanyakdigunakandanmasihdianggappalingefektif.NamunMelaluimetodeceramahsajamenjadikanSejarahdianggappelajarahhafalanpenuhdenganfaktafaktakeringberupaurutantahundanperistiwasajasehinggapelajaranSejarahmenjadimembosankankarenasiswatidakbelajardaripengalamannyasendiri.Kondisiinipadaakhirnyaakanmempengaruhiprestasibelajar.HalinidapatdimengertikarenapelajaranSejarahsebenarnyasyaratakankonsepkonsepyangmemerlukanpemahamandalammempelajarinyabukanhanyamembacadanmenghafalnya.Penguasaanterhadapkonsep-konsepsangatdiperlukanhinggafaktayangdiperolehtidakberdirisendiritetapidikaitkandalamhubunganyangbermakna.DiperlukanpengajaranSejarahyangmenjadikanbelajarbermaknadikelasyaitumelaluistrategipetakonsep.MelaluistrategipetakonsepdapatmenjadikansiswadapatmenguasaikonsepyangberkaitandenganmatapelajaranSejarahuntukmeningkatkankemampunsiswadalammemahamimateri(dalamhalinikonsepSejarah).Pemilihanstrategiinidapatberdampakmeningkatkanprestasibelajarsiswa.SelamainimetodepembelajaranyangseringdigunakandiSMPN20Malangadalahmetodeceramah.TernyatametodeceramahyangdigunakandiSMPNegeri20MalangkurangbisameningkatkanprestasibelajarSejarahkhususnyapadapokokbahasanTumbuhdanBerkembangnyaKesadaranNasionalUntukMencapaiIndonesiaMerdeka.Walaupundemikianpenerapanmetodeceramahyangsesuaidenganprinsip-prinsipceramahyangbaikharusnyabisamenumbuhkanminathasratsertaantusiaspadamateriyangdipelajari.Rumusanmasalahpadapenelitianiniadalah1.BagaimanaprestasibelajarSejarahsiswakelasVIIISMPN20Malangyangbelajardenganmenggunakanpetakonsep2.BagaimanaprestasibelajarSejarahsiswakelasVIIISMPN20Malangyangbelajardenganmenggunakanmetodeceramah3.BagaimanaperbedaanprestasibelajarSejarahsiswakelasVIIISMPN20MalangyangbelajardenganmenggunakanpetakonsepdanmetodeceramahPenelitianinibertujuanuntuk1.UntukmengetahuiprestasibelajarSejarahsiswakelasVIIISMPN20Malangyangbelajardenganmenggunakanpetakonsep2.UntukmengetahuiprestasibelajarSejarahsiswakelasVIIISMPN20Malangyangbelajardenganmenggunakanmetodeceramah3.UntukmengetahuiperbedaanprestasibelajarSejarahsiswakelasVIIISMPN20Malangyangbelajardenganmenggunakanpetakonsepdanmetodeceramah.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimendenganrancanganadanyakelompokkontroldankelompokeksperimen.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeri20Malangsemestergasaltahunpelajaran2007/2008.Subjekpenelitianadalah82orangsiswayaitukelasVIIIEsebagaikelaseksperimendankelasVIIIHsebagaikelaskontrol.Dalampelaksanaannyakelaseksperimendiajarmenggunakanpetakonsepdankelaskontrolmenggunakanmetodeceramah.Databerupaprestasibelajardikumpulkanmelaluitesprestasibelajarsebagaiinstrumentuntukpengumpulandata.Untukkeperluananalisisdatadigunakananalisisuji-t.Hasilpenelitianmenunjukanrata-ratanilaikelaseksperimenadalah7476sedangkankelaskontroladalah6671.Halinimenunjukankelasyangbelajarmenggunakanpetakonsepmempunyaiprestasibelajaryanglebihtinggidaripadakelasceramah.Hasilanalsisujitterhadapkelaseksperimendankelaskontrolyaitunilaitpadakelaseksperimenadalah17893danttabel199.Padakelaskontroldiperolehthitung11064danttabel199yangberartithitungttabelsehinggaHoditolakdanHiditerima.HasiltersebutsekaligusmenunjukanterdapatperbedaanprestasibelajarSejarahantarayangbelajarmenggunakanstrategipetakonsepdanmetodeceramah.BerdasarkanhasilpenelitianterlepasdariadanyakelebihandankekuranganinstrumendisarankanuntukmeneruskanmenggunakanstrategipetakonsepdalampembelajarankarenadalampenelitianmenunjukandapatmeningkatkanprestasibelajarSejarah.Penelitianserupadisarankanuntuklebihmengembangkaninstrumenprosedursertamengambilsampelyanglebihluas.DisampingitudisarankanstrategiyangsamadikembangkanbukanhanyadibandingkandenganmetodeceramahtetapidibandingkandenganmetodekooperatifsepertiSTADJigsawdansebagainyaagardapatlebihdiketahuiperbedaanprestasibelajarSejarahyangdiperoleh.