Sarkub pada makan Sayyid Sulaiman Desa Mancilan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang / Endah Kurniawati
Main Author: | Endah Kurniawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/54430/ |
Daftar Isi:
- SebagianbesarmasyarakatJawamasihmelakukanberbagaimacamjeniskegiatanspiritual(lelaku)demisebuahpencapaianmaknahidupyangsesungguhnyadanuntukkeselamatanhidupdiduniadandiakhiratkelak.Gambarankehidupanyangsepertiitutidakterlepasdarisebuahkarakteristikmasyarakatyangmasihmempertahankantradisikehidupankejawen.SegalaperilakuorangJawaselaluterikatpadasuatuaspekkepercayaanpadahal-haltertentuyangmenjadikanperilakuhiduporangJawadidominasiolehsistemberpikirmistis.SistemberpikirmasyarakatJawayangmistisjugatidakterlepasdarikeyakinanyangkuatterhadapmitosyangsangatkuat.Merekakemudiantidaksegan-seganuntukmenyatakansuatuobjekbersifatkeramatdandiyakinimembawaberkah.Salahsatudaritempatkeramattersebutadalahsebuahmakamkuburanataupesareanterutamamakamparawalitokohagamamaupuntokohkharismatikyanglain.DalammenjalankankehidupandiduniamanusiaselaluberusahauntukmemenuhikebutuhanhidupnyauntukmencapaikebahagiaannamunjikasemuakebutuhanhiduptersebutdirasakansebagaisesuatuyanghampatanpamaknamakatidakjarangorangrelamelepaskansemuaapayangdimilikinyasaatitumisalnyakeluargahartabendamaupunpekerjaanuntukberkelanauntukmengenalhakekatdiridanIllahi.Perjalananspiritualdarimakamkemakampundijalankanseseoranguntukmengawalipengembaraanmencarisesuatuyangtidakbisadijelaskandengankata-kata.SarkubatauSarjanaKuburanadalahsalahsatucontohdariseseorangyangmenjalankanpraktek-praktekspiritualtersebutyanghadirdimasamodern.Tidakhanyamakam-makamWaliSongosajayangselamainididatangibegitujugadenganmakamorang-orangbertuahyangjarangdikenalmasyarakatluaspundikunjungidandijadikansebagaitempatsinggahuntukmelakukanaktivitasreliginyamisalnyamakamSayyidSulaimanyangadadiDesaMancilanKecamatanMojoagungKabupatenJombang.Pengembaraandarimakamkemakammenghabiskanwaktuyangcukuplamatergantungdarimasing-masingSarkub.Perjalanantersebutditempuhdenganberjalankakimenelusuriperkampunganrel-relkeretaapidanjalanrayawalaupunadasebagianjugayangtidakmurniberjalankakibahkanmerekapunrelauntukngedomyaitumakandarisisa-sisaorangyangadaditempatsampah.Permasalahanyangdiangkatdidalampenelitianinimenyangkuttentangfaktor-faktoryangmelatarbelakangikomunitasSarkubdimakamSayyidSulaimanDesaMancilanKecamatanMojoagungKabupatenJombanguntukmelakukanperjalananspiritualsebagaisebuahalternativegayahidupbagaimanakahpolagayahidupkomunitasSarkubpadamakamSayyidSulaimandanbagaimanakahorientasigayahidupkomunitasSarkubpadamakamSayyidSulaimanterhadapmasadepandanbertahanditengahkeramaianarusmodernisasi.Sehinggatujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuifaktor-faktoryangmelatarbelakangikomunitasSarkubuntukmelakukanperjalananspiritualmendeskripsikanpolagayahidupkomunitasSarkubsertamengetahuiorientasigayahidupkomunitasSarkubdimakamSayyidSulaimanterhadapmasadepandanbertahanditengahkeramaianarusmodernisasi.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmenggunakanpendekatanpenelitiankualitatifdanberjenisdeskriptif.Sedangkandatayangdiperolehadalahmenggunakansumberlisanmelaluiwawancaralangsungdenganpelaku.Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwafaktor-faktoryangmelatarbelakangikomunitasSarkubdimakamSayyidSulaimanKecamatanMojoagungKabupatenJombanguntukmelakukanperjalananspiritualdarimakamkemakamadalah.Pola-polagayahidupmenyangkutcara-carayangpunjugaberbeda-bedadaritiapperorangan.Adayangmelakukantirakatdimakambersemedidenganmelakukanwiriddandzikirsertamelakukanamalan-amalanyangdianjurkanolehguruspiritualnyamasing-masingnamuntujuandibaliksemuaituadalahsamayaitumenujusuatukonsepreligiusitasdankeselamatanhidup.OrientasigayahidupkomunitasSarkubterhadapmasadepandanbertahanditengahkeramaianarusmodernisasisecarakeseluruhanadalahsuatuorientasiyangpositifwalaupunmasyarakatsekitarmenganggapnyanegatif.Carahidupmerekayangserbaprihatintersebutmenjadisebuahfenomenasosialyangmenjadikanmerekasebagaisebuahkomunitasyangbertahanditengahkeramaianarusmodernisasimerekapunseolah-olahmatiditengahkehidupan.Dengancarahidupyangsederhananamunmerekamemilikicita-citayangtinggiuntukterusmengabdikepadaSangKhalik.