Pengembangan e-module mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya kelas VII semester II di SMPN13 Malang / Reny Samiasih
Main Author: | Samiasih, Reny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/543/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Samiasih, Reny. 2015. Pengembangan E-Module mata pelajaran IPA pokok bahasan Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Kelas VII Semester2 di SMPN 13 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulton, M.Pd., (II) Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, E-module, IPA SMP. Ektronik modul adalah alat atau sarana pembelajaran yang disusun secara sistematis terdiri dari materi serta evaluasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, e-module juga disertai multimedia pembelajaran, yang terdiri dari audio, video, animasi dan gambar, dan dimanfaatkan menggunakan bantuan komputer, sehingga elektronik modul dapat lebih meningkatkan motivasi pebelajar, dalam proses pembelajaran individual. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan suatu produk e-module yang layak dan valid sebagai sumber belajar yang efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA SMP pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Dania L. Owens, langkah-langkah pengembangan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas VIIG SMPN 13 Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (tes hasil belajar) dan kualitatif (instrumen ahli media, ahli materi, dan siswa). E-module divalidasi oleh seorang ahli media, seorang ahli materi, dan diujicobakan kepada 30 siswa, 2 siswa uji coba perorangan, 8 siswa uji coba kelompok kecil, 20 siswa uji coba lapangan. Kemudian tes hasil belajar dilaksanakan oleh 30 siswa. Berdasarkan hasil angket ahli media diperoleh total persentase 92.5%, hasil angket ahli materi diperoleh total persentase 81.25%, dari uji coba perseorangan didapat skor persentase sebesar 93.12%, dari ujicoba kelompok kecil didapat skor persentase 85.78%, dan dari uji coba kelompok besar didapat skor persentase 89.25%. Pada tes hasil belajar, 25 siswa mendapat nilai di atas KKM dan 5 siswa laianya belum mencapai KKM hal ini menunjukkan bahwa e-module ini layak digunakan dalam proses pembelajaran individual dan menunjukkan bahwa e-module ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikaji bahwa e-module ini valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar yang efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Dalam pemanfaatan e-module sebaiknya user sudah terbiasa mengoperasikan komputer, kemudian menyediakan sarana pendukung seperti laptop, dan terakhir adalah membaca petunjuk pemanfaatan dengan cermat, agar nantinya dalam mengoperasikan e-module user tidak menemui kesulitan.