Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen / Nina Novitasari Aulia

Main Author: Aulia, Nina Novitasari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53773/
Daftar Isi:
  • iRingkasanAuliaNinaNovitasari.2018.PengaruhModelPembelajaranGroupInvestigationTerhadapKemampuanBerpikirKritisDitinjauDariMotivasiBelajarGeografiSiswaKelasXISMAN1Kepanjen.Skripsi.PendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.1)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si.2)PurwantoS.PdM.Si.KatakunciGroupInvestigationKemampuanBerpikirKritisMotivasiBelajarGeografi.ModelpembelajaranGImerupakansalahsatumodelpembelajaranyangcocokdilakukandikelasdenganalasan1)sesuaidenganpembelajarankontruktivistikkurikulum20132)dapatmeningkatkanhubungansosialsiswadan3)mendorongsiswabelajarsecarakontekstual.Darialasantersebutvariabellainyangadaadalahkemampuanberpikirkritisdanmotivasibelajargeografisiswayangakandiukur.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranGIterhadapkemampuanberpikirkritisdanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranGIterhadapkemampuanberpikirkritisyangditinjaudarimotivasibelajargeografisiswa.Rancanganpenelitianinimenggunakaneksperimensemu(quasieksperimentaldesign).SubjekpenelitiandilakukandiSMAN1KepanjenpadakelasXIIIS1danXIIIS3yangmemilikijumlahsamayaitu36siswa.Penelitianinimenggunakanisntrumenpenelitianberupasoalessayuntukmengukurkemampuanberpikirkritissiswadanangketuntukmengukurmotivasibelajargeografisiswa.AnalisisdatamenggunakanujiANAVAdengandatayangdiolahadalahdatahasilposttestkemampuanberpikirkritissiswadandatalainyangdiolahadalahdatamotivasibelajargeografisiswa.Hasilpenelitianinimenunjukkannilaidarihasilposttestsiswadanangketmotivasibelajargeografisiswa.Penelitianinidilakukanpadaduakelasyaitukelaskontroldankelaseksperimen.KelaskontrolmerupakankelasyangtidakmendapatkanperlakuanmodelpembelajaranGIsedangkankelaseksperimenmerupakankelasyangmendapatperlakuanmodelpembelajaranGI.Hasildapipenelitianinimerupakannilaiposttestkeduakelasdanmotivasibelajargeografisiswa.Nilaiposttestkemampuanberpikirkritissiswakelaskontroldankelaseksperimenmemilikinilaiyangberbeda.Padakelaseksperimenkemampuanberpikirkritismemilikinilai75%sedangkanpadakelaskontrolkemampuanberpikirkritismemilikinilai3888%.Sedangkanuntukmotivasibelajargeografisiswakelaseksperimenmemilikinilai6666%sedangkankelaskontrolmemilikinilai50%.JadiadapengaruhmodelpembelajaranGIterhadapkemampuanberpikirkritissiswayangditinjaudarimotivasibelajargeografisiswa.