Pemberdayaan masyarakat melalui kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) <BR>oleh Dewi Ruhillah

Main Author: Ruhillah, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2001
Online Access: http://repository.um.ac.id/5377/
Daftar Isi:
  • DalamrangkamengurangjiumlahmasyarakamtiskinpemerintahmelakukanupayapemberdayaanmasyarakatkhususnyakeluargaprasejahteradankeluargasejahteraImelaluiprogramUsahaPeningkatanPendapatanKeluargaSejahtera(IJPPKS)U.PPKSmerupakankelompokyangmelakukankegiatanekonomiproduktifuntukmeningkatkanpendapatankeluargadalamrangkamewujudkankeluargasejahtera.PenelitianiniberusahauntukmendeskripsikankegiatankelompokLIPPKSdalamupayapemberdayaamnasyarakaPt.enelitianinidilakukandikelompokUPPKSApelRWIIKelurahanSamaanKecamatanKlojenKodyaMalang.Sumberdatadalampenelitianiniyaituorang-orangyangterlibatbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsungdenganfokuskegiatandikelompokUPPKSApelRWIIKelurahanSamaan.Sebagaiinformanadalahpengurusdananggota.Pengumpulandatanyamenggunakatnigamacamtehnikyaituwawanaaraobservasidandokumentasi.Sedangkanpengecekankeabsahandatadilakukandengancaraketekunanpengamatantrianggulasikecukupanreferensialdanpengecekananggota.Tehnikanalisisyangdigunakaandalahreduksidisplaydatapengambilankesimpulandanverifikasi.ProgramkelompokLTPPKSdalamrangkamemberdayakanmasyarakatmeliputi(1)penyelenggaraapnertemuanrutin(2)kunjunganrumah(3)pengadaanta-bungandan(4)pertemuanrutintingkatkodya.JenisusahaekonomiproduktifyangdikembangkanolehanggotakelompokUPPKSadalahmenjualkuedanmakananpracanganpertanianhidroponikmenjualkosmetiksalonkecantikankonveksi/menjahitpengrajinemastransportasjiasa/penatudankatering.Manfaatkelompokyangdirasakanolehanggotaadalahmeningkatnyatarafkehidupananggotaditandaidenganpeningkatatnahapankeluargasejahtera.ProsespembelajaranpendidikanluarsekolahdalamkelompokUPPKSmeliputibeberapakomponendiantaranya(1)tujuannyauntukmemenuhkiebutuhanbelajaranggota(2)wargabelajamyasemuaanggotadenganusiajenisusahadanlatarpendidikanyangberbeda-beda(3)sumberbelajamyaberupamanusiadanbukanmanusia(4)materibelajamyayaitupemasaranusahapeningkatankualitasdankuantitasproduksicarapenyisihanuanghasilusahacarapeminjamandanpengangsuramnodal(5)metodebelajamyaadalahtanyajawabdiskusidandemonstrasi(6)tempatbelajardirumahanggotaditempatdimanaanggotamelakukankegiatanusahadipantiPKKditempatpenyelenggaraasneminarataupamerandan(7)waktubelajarnyapadasaatpertemuanrutinjam15.00-17.00BBWIwaktullkunjunganrumahwaktukegiatanpamerandanseminardanpadawaktu-wakiutertentuyangtidakterikatolehjadwalwaktubelajar.FaktorpendukungdalamupayapemberdayaanmasyarakatmelaluikelompokUPPKSiniadalah(l)Pengurusmempunyaidedikasiyangsangattinggidalammengembangkkaenlompokdanlebihmengutamakaknelayakanusahaanggotadalampemberiapninjamanmodalusaha(2)motivasiyangtinggidaripengurusdananggotauntukmeningkatkatnarafhidup(4)dukungandariberbagaiinstansyiangmeminjamkanmodadlemikeberhasilanprogrampemberdayaaini.Sedangkafnaktorpenghambatnyadalah(1)masihterdapatsalahsatutokohmasyarakaytangiridengankeberhasilankelompokUPPKS(2)PLKBkurangkontinyudalammelakukankunjungandanpendampingatenrhadapkegiatankelompokUPPKS.Sarandalampenelitianiniditujukankepada(l)pengurushendaknyameneruskanusaha-usahyaangtelahdikembangkansehinggadapatmengoptimakankeberhasilankelompokdalammeningkatkankesejahteraananggotanyadandiharapkantidakjenuhmelaksanakantugas-tugassosialnyauntukmenumbuhkembangkaknelom-Wk(2)anggotahendaknyalebihmeningkatkankualitasdankuantitashasilproduksinyademiperkembangaunsahayanglebihbaiksehinggadapatberimplikasiterhadappeningkatankesejahteraannya(3)instansiterkaitdiharapkanlebihmeningkatkanintensitaspemantauandanpembinaanterhadapperkembangankelompoksehinggapmberdayaanmasyarakamtelaluikelompokLIPPKSdapatterwujuddenganbaik(4)PLKBdiharapkanselalumemberikanmotivasiterhadapkelompoklebihmenghargaihasilkerjapengurussebagaitenagasosialdanselalumelakukankunjungandanpendampingaynanglebihkontinyuterhadapkegiatankelompok(5)PendidikanLuarSekolahhendaknyamengembangkapnrogramyangdapatbermanfaatuntukkemajuankelompokUPPKS.