Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi pokok bahasan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan Kelas XI IPS di MA Al Ma'arif Singosari / M. Rois Amin

Main Author: Amin, M. Rois
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53766/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKAminRois.2018.PengaruhModelPembelajaranGroupInvestigationTerhadapKemampuanBerpikirKritisSiswaPadaMataPelajaranGeografiPokokBahasanLingkunganHidupDanPembangunanBerkelanjutanKelasXIIPSDiMAAlMaarifSingosari.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiProgramSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.BudijantoM.Sos.(2)ArdyantoTanjungS.PdM.Pd.KatakuncigroupinvestigationberpikirkritisPendidikanmerupakanaspekpentingdalamkehidupan.Kualitaspendidikansalahsatunyaditentukanolehkesesuaianpenerapanmodelpembelajarankhususnyadalampenelitianinimengenaikualitaskemampuanberfikirkritissiswa.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakanadalahGroupInvestigation.GroupInvestigationakanmemaksimalkanperangurusebagaifasilitatorpembelajaran.Gurumembimbingsiswauntukmelakukaninvestigasiberdasarkanpanduanyangtelahditentukan.Panduantersebutberfungsisebagaiarahanbagisiswauntukmenentukanstrategiyangakandigunakandalammemecahkanmasalah.Keterampilanberfikirkritisakanterbentukapabilasiswamampumelaksanakantugasinvestigasidenganbaik.PenelitianinibertujuanuntukmengujiseberapabesarpengaruhModelPembelajaranGroupInvestigationterhadapkemampuanberpikirkritis.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitianeksperimensemuatauquasieksperiment.SubjekpenelitianinikelasXIIPS2sebagaikelaseksperimendanXIIPS3sebagaikelaskontrol.Instrumenyangdigunakanadalahsoalpretestdanpostestsebanyak5butirsoalessai.Analisisdatayangdigunakanadalahujiprasyaratdanujihipotesis.Ujiprasyaratyangterdiridariujinormalitasdanhomogenitassedangkanujihipotesismenggunakanujittidakberpasangan(independentsamplettest).Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiketahuibahwaterdapatperbedaanantarakemampuanberpikirkritissiswakelaseksperimendengankelaskontrolhalinidapatdiketahuidarinilaisignifikanujit005yaknisebesar003danrata-ratagainscorekelaseksperimenlebihtinggidarikelaskontrolyakniberbanding1361768.HasiltersebutmenunjukkanbahwaModelPembelajaranGroupInvestigationberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPSMAAlMaarifSingosari.KesimpulandiatasdapatdigunakansebagaisaranterhadapgurumatapelajarangeografiuntukmenerapkanModelPembelajaranGroupInvestigationsebagaisalahsatualternatifdalampembelajaranuntukmembantumeningkatkankemampuanberpikirkritis.DalampenerapanmodelguruperlumempersiapkansegalakebutuhanteknismaupunnonteknisdanmelakukanpembekalanyanglebihmatangagartujuandaripenerapanModelGroupInvestigationdapattercapaisecaramaksimal.