Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi pokok bahasan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan Kelas XI IPS di MA Al Ma'arif Singosari / M. Rois Amin
Main Author: | Amin, M. Rois |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53766/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKAminRois.2018.PengaruhModelPembelajaranGroupInvestigationTerhadapKemampuanBerpikirKritisSiswaPadaMataPelajaranGeografiPokokBahasanLingkunganHidupDanPembangunanBerkelanjutanKelasXIIPSDiMAAlMaarifSingosari.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiProgramSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.BudijantoM.Sos.(2)ArdyantoTanjungS.PdM.Pd.KatakuncigroupinvestigationberpikirkritisPendidikanmerupakanaspekpentingdalamkehidupan.Kualitaspendidikansalahsatunyaditentukanolehkesesuaianpenerapanmodelpembelajarankhususnyadalampenelitianinimengenaikualitaskemampuanberfikirkritissiswa.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakanadalahGroupInvestigation.GroupInvestigationakanmemaksimalkanperangurusebagaifasilitatorpembelajaran.Gurumembimbingsiswauntukmelakukaninvestigasiberdasarkanpanduanyangtelahditentukan.Panduantersebutberfungsisebagaiarahanbagisiswauntukmenentukanstrategiyangakandigunakandalammemecahkanmasalah.Keterampilanberfikirkritisakanterbentukapabilasiswamampumelaksanakantugasinvestigasidenganbaik.PenelitianinibertujuanuntukmengujiseberapabesarpengaruhModelPembelajaranGroupInvestigationterhadapkemampuanberpikirkritis.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitianeksperimensemuatauquasieksperiment.SubjekpenelitianinikelasXIIPS2sebagaikelaseksperimendanXIIPS3sebagaikelaskontrol.Instrumenyangdigunakanadalahsoalpretestdanpostestsebanyak5butirsoalessai.Analisisdatayangdigunakanadalahujiprasyaratdanujihipotesis.Ujiprasyaratyangterdiridariujinormalitasdanhomogenitassedangkanujihipotesismenggunakanujittidakberpasangan(independentsamplettest).Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiketahuibahwaterdapatperbedaanantarakemampuanberpikirkritissiswakelaseksperimendengankelaskontrolhalinidapatdiketahuidarinilaisignifikanujit005yaknisebesar003danrata-ratagainscorekelaseksperimenlebihtinggidarikelaskontrolyakniberbanding1361768.HasiltersebutmenunjukkanbahwaModelPembelajaranGroupInvestigationberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPSMAAlMaarifSingosari.KesimpulandiatasdapatdigunakansebagaisaranterhadapgurumatapelajarangeografiuntukmenerapkanModelPembelajaranGroupInvestigationsebagaisalahsatualternatifdalampembelajaranuntukmembantumeningkatkankemampuanberpikirkritis.DalampenerapanmodelguruperlumempersiapkansegalakebutuhanteknismaupunnonteknisdanmelakukanpembekalanyanglebihmatangagartujuandaripenerapanModelGroupInvestigationdapattercapaisecaramaksimal.