Pengaruh model discovery learning terhadap tingkat efikasi diri dan kemampuan berpikir spasial / Dhimas Bagus Virgiawan

Main Author: Virgiawan, Dhimas Bagus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53756/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANVirgiawanDhimasBagus.2018.PengaruhModelDiscoveryLearningterhadapTingkatEfikasiDiridanKemampuanBerpikirSpasial.TesisProgramStudiPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IKomangAstinaM.S.Ph.D(II)Dr.DwiyonoHariUtomoM.PdM.Si.KatakuncimodeldiscoverylearningefikasidiriberpikirspasialDiscoverylearningmerupakanmodelpembelajaranyangberpusatpadapesertadidik.Pesertadidikmemilikikesempatanuntukterlibatsecaraaktifmengkonstruksikanpengetahuannyadalampembelajaransehinggamampumeningkatkanrasapercayadiri.Keyakinanataurasapercayadiriyangtinggimampumempengaruhipembelajaransehinggatujuanpembelajarantercapai.Penerapanmodeldiscoverylearningmampumeningkatkanrasapercayadiri(selfefficay)pesertadidikdalamprosespembelajaran.Peningkatanselfefficacydapatmembantupessertadidikmencapaitujuanpembelajarandenganbaik.Kemampuanberpikirspasialdiperlukanbagipesertadidikdalammengikutiprosespembelajarangeografi.Tujuanpenelitianyaitu(1)mengetahuipengaruhmodeldiscoverylearningterhadaptingkatefikasidiri(2)mengetahuipengaruhmodeldiscoverylearningterhadapkemampuanberpikirspasial(3)mengetahuipengaruhtingkatefikasidiriterhadapkemampuanberpikirspasial.Rancanganpenelitianmengunakaneksperimensemu.SubjekpenelitianadalahkelasXIIPS1sebagaikelaskontroldanXIIPS3sebagaikelaseksperimendenganjumlahmasing-masingkelas30pesertadidik.Datadiperolehdariangketefikasidirisoalpretestdanposttestuntukkemampuanberpikirspasial.AnalisisdatamenggunakantwowayANNOVA.Hasilpenelitianmenunjukan(1)pembelajaranmodeldiscoverylearningberpengaruhterhadapkemampuantingkatefikasidiri(2)pembelajaranmodeldiscoverylearningberpengaruhterhadapkemampuanberpikirspasial(3)tingkatefikasidiriberpengaruhterhadapkemampuanberpikirspasial.Berdasarkantemuanpenelitidiajukanduasaran.Pertamagurudapatmempersiapkantopikpermasalahanyangadadisekitarlingkungan(kontekstual)sehinggapembelajaranlebihefektifdanmampumeningkatkanefikasidiripenggunaanpetatematikmampumeningkatkankemampuanspasialpesertadidik.Keduabagipenelitiselanjutnyaperluadanyakesesuaianantaravariabelyangdiukurdenganmateriyangakandigunakandalampembelajaran.