Pengaruh model discovery learning terhadap tingkat efikasi diri dan kemampuan berpikir spasial / Dhimas Bagus Virgiawan
Main Author: | Virgiawan, Dhimas Bagus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53756/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANVirgiawanDhimasBagus.2018.PengaruhModelDiscoveryLearningterhadapTingkatEfikasiDiridanKemampuanBerpikirSpasial.TesisProgramStudiPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IKomangAstinaM.S.Ph.D(II)Dr.DwiyonoHariUtomoM.PdM.Si.KatakuncimodeldiscoverylearningefikasidiriberpikirspasialDiscoverylearningmerupakanmodelpembelajaranyangberpusatpadapesertadidik.Pesertadidikmemilikikesempatanuntukterlibatsecaraaktifmengkonstruksikanpengetahuannyadalampembelajaransehinggamampumeningkatkanrasapercayadiri.Keyakinanataurasapercayadiriyangtinggimampumempengaruhipembelajaransehinggatujuanpembelajarantercapai.Penerapanmodeldiscoverylearningmampumeningkatkanrasapercayadiri(selfefficay)pesertadidikdalamprosespembelajaran.Peningkatanselfefficacydapatmembantupessertadidikmencapaitujuanpembelajarandenganbaik.Kemampuanberpikirspasialdiperlukanbagipesertadidikdalammengikutiprosespembelajarangeografi.Tujuanpenelitianyaitu(1)mengetahuipengaruhmodeldiscoverylearningterhadaptingkatefikasidiri(2)mengetahuipengaruhmodeldiscoverylearningterhadapkemampuanberpikirspasial(3)mengetahuipengaruhtingkatefikasidiriterhadapkemampuanberpikirspasial.Rancanganpenelitianmengunakaneksperimensemu.SubjekpenelitianadalahkelasXIIPS1sebagaikelaskontroldanXIIPS3sebagaikelaseksperimendenganjumlahmasing-masingkelas30pesertadidik.Datadiperolehdariangketefikasidirisoalpretestdanposttestuntukkemampuanberpikirspasial.AnalisisdatamenggunakantwowayANNOVA.Hasilpenelitianmenunjukan(1)pembelajaranmodeldiscoverylearningberpengaruhterhadapkemampuantingkatefikasidiri(2)pembelajaranmodeldiscoverylearningberpengaruhterhadapkemampuanberpikirspasial(3)tingkatefikasidiriberpengaruhterhadapkemampuanberpikirspasial.Berdasarkantemuanpenelitidiajukanduasaran.Pertamagurudapatmempersiapkantopikpermasalahanyangadadisekitarlingkungan(kontekstual)sehinggapembelajaranlebihefektifdanmampumeningkatkanefikasidiripenggunaanpetatematikmampumeningkatkankemampuanspasialpesertadidik.Keduabagipenelitiselanjutnyaperluadanyakesesuaianantaravariabelyangdiukurdenganmateriyangakandigunakandalampembelajaran.