Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelasw X IPS 1 SMA Negeri 6 Malang / Renita Putri Lestari
Main Author: | Lestari, Renita Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53751/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANLestariRenitaPutri.2018.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearningBerbantuanMediaVisualUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirTingkatTinggiSiswaKelasXIPS1SMANegeri6Malang.Skripsi.JurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.BudiHandoyoM.Si(2)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.KatakunciModelPembelajaranProblemBasedLearningBerbantuanMediaVisualKemampuanBerpikirTingkatTinggi.Kemampuanberpikirtingkattinggipadaabad21sangatpentingdengantujuanmenjaminsiswamemilikiketerampilanbelajardanberinovasisalahsatuketerampilantersebutadalahpenggunaanteknologidanmediainformasisertapengembangankemampuanberpikirsiswa.Namunkemampuansiswadalamberpikirtingkattinggimasihrendahhaltersebutdibuktikandenganhasilobservasiyangdilakukanpenelitisepertihasilulanganhariansiswadengannilairata-rata4475danpembelajaranyangterjadimasihberpusatpadagurudenganpenggunaanstrategipembelajarankonvensionalmenggunakanmetodeceramah.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggisiswadenganmenerapkanmodelPBLberbantuanmediavisualdikelasXIPS1SMANegeri6Malang.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridari2sikluspenerapanmodelpembelajaran.Padasetiapsiklusterdiridari4tahapanyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SubyekpenelitianiniyaitukelasXIPS1SMANegeri6Malangyangberjumlah33siswa.Penelitianinimenggunakaninstrumenberupa3soalessayyangmewakilimasing-masingindikatoruntukpengukurankemampuanberpikirtingkattinggidandiberikanpadaakhirsiklus.Analisishasilkemampuanberpikirtingkattinggidengancaramembandingkannilairata-ratasiklusIdengansiklusII.HasilpenelitianmenunjukanbahwamodelPBLberbantuanmediavisualdapatmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggisiswakelasXIPS1SMANegeri6Malang.HasilpenerapkanmodelPBLmenunjukanbahwanilairata-ratakemampuanberpikirtingkattinggisiklusIsebesar5091padasiklusIInilairata-ratanyameningkatmenjadi7433.PeningkatankemampuanberpikirtingkattinggisiswadariprasikluskesiklusIsebesar1209%dansiklusIkesiklusIIsebesar3150%.Saranbagiguruseharusnyamemperbaikimodelpembelajaranyangdilakukansaatpembelajaranberlangsungsehinggamampumembuatsiswamengembangkankemampuanberpikirtingkattinggi.